Kepemimpinan Perempuan dan Implementasinya di Lingkungan Masyarakat Milenial

Zainuddin Zainuddin(1*)

(1) STKIP Nuuwar Fakfak
(*) Corresponding Author

Abstract


Setiap zaman punya ceritanya sendiri, setiap generasi punya gaya hidupnya sendiri, masing-masing menjadi ciri khas yang alamiah. Teknologi memiliki peranan penting dalam mewarnai bahkan mengubah sudut pandang sebuah generasi, perubahan sudut pandang tersebut tidak bisa dihindari karena itu merupakan sebuah keniscayaan. Contoh yang paling mudah kita lihat sekarang adalah bisnis online. Menjamurnya bisnis-bisnis yang berbau online, dari mulai jual beli barang sampai naik ojek pun sekarang bisa online. Teknologi sedikit banyak akan mempengaruhi sudut pandang masyarakat terhadap sesuatu yang pada akhirnya menjadi bagian dari sebuah peradaban. Teknologi menjadi unsur yang tidak terpisahkan bagi generasi milenial, rasa-rasanya tanpa teknologi seperti misalnya handphone, hidup serasa belum ideal. Fenomena seperti diatas menarik dalam kehidupan masyarakat dewasa ini, maraknya budaya global dan gaya hidup. Budaya global sedikit banyak dipengaruhi oleh media yang begitu mudahnya didapat oleh generasi millennial di era digital. Dari pola pikir yang begitu maju ditunjang dengan media sosial pastinya akan berpengaruh juga suatu generasi dalam menentukan sosok pemimpinnya. Revolusi Industri 4.0 yang tengah berlangsung saat ini akan membawa banyak perubahan diberbagai sektor, termasuk internal pemerintah, perusahaan dan lain sebagainya. Pasalnya, semua akan serba berbasis Informasi Teknologi (IT) sehingga akan berdampak juga pada perubahan gaya kepemimpinan yang cocok untuk sebuah timkerja, pemerintahan dan perusahaan.Untuk itu, dibutuhkan pemimpin yang mampu membuat kebijakan-kebijakan penting untuk bersaing dengan perkembangan zaman.

Keywords


Kepemimpinan; Perempuan; Masyarakat Milenial;

Full Text:

PDF

References


Nur, Prayitno. 2017. Kepemimpinan. Yogyakarta: Relasi Inti Media.

Fajar Ashar. 2013. Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli di http://pengertianahli.id/2013/09/pengertian-kepemimpinan-menurut-para-ahli.html (diakses pada 14 maret 2022).

Gunawan Abdul Wahid. 2012. “Membaca Kepemimpinan Perempuan dalam RUU Kesetaraan dan Keadilan Gender dengan Perspektif Muhammadiyah. Artikel. Dikutip dari https://www.researchgate.net/publication/322540907_MEMBACA_KEPEMIMPINAN_PEREMPUAN_DALAM_RUU_KESETARAAN_DAN_KEADILAN_GENDER_DENGAN_PERSPEKTIF_MUHAMMADIYAH (diakses pada 14 maret 2022).

Irendy. 2018. 6 Karakter Kepemimpinan Di Era Milenial di https://www.hipwee.com/list/6-karakter-kepemimpinan-di-era-milenial/ (diakses pada 14 maret 2022).

DBS. 2018. Ubah Cara Kerja untuk Membuat Generasi Millenial Mau Bertahan di Perusahaan di https://www.dbs.com/spark/index/id_id/site/pillars/2018-ubah-cara-kerja-untuk-membuat-generasi-millennial-mau-bertahan-di-perusahaan.html (diakses pada 14 maret 2022).

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/12/14/ketimpangan-gender-indonesia-tertinggi-di-asean-singapura-terendah. (di akses pada 06 April 2022)

Dokumen:

Rancangan Undang-Undang tentang Kesetaraan dan Keadilan Gender (RUU KKG).

Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v15i1.17209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Zainuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Editorial Office:

Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.