Upaya Pemerataan Pendidikan Bagi Anak Yatim dan Dhuafa di SMA Terbuka

Sri Hapsari(1*), Nur Amega Setiawati(2), Nurul Syifa(3), Abdul Munir(4)

(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan SMA Terbuka Yayasan Insan Guna dalam pemerataan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) Yayasan Insan Guna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni kualitatif dengan strategi studi kasus dengan subjek penelitian dari pengelola dan siswa yang diambil secara purposive. Pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara dengan tahapan analisis yakni reduksi data, display data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan, ada beberapa upaya yang dilakukan sekolah untuk memberikan akses pada masyarakat untuk mendapatkan pendidikan.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aristo, T. J. (2019). Permasalahan Pemerataan Pendidikan di Kabupaten Sintang. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, vol. 7, no. 1.

Belcastro, A. (2015). Rebalancing quality education in a democratic society. Creative Education.

Feni. (2014). Pendidikan Sekolah Dasar. Bandung: Refika Aditama.

Hakim, L. (2016). Pemerataan Akses Pendidikan bagi Rakyat sesuai dengan Amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal EduTech, vol. 2, no.1.

Hasanah, Y., & Jabar, C. (2017). Evaluasi Program Wajib Belajar 12 tahun pemerintah daerah kota Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, vol. 5, no, 2.

Kosilah, & Septian. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe ASSURE dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Penelitian.

Purwaningsih, I., Oktariani, Hernawati, L., Wardarita, R., & Utami, P. I. (2022). Pendidikan Sebagai Suatu Sistem. Jurnal Visionary.

Rusmono. (2017). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syafii, A. (2018). Perluasan dan Pemerataan Akses Kependidikan Daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal). Manajemen dan Pendidikan Islam, vo;. 4, no. 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v14i3.15048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sri Hapsari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Editorial Office:

Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.