Inflasi dan Suku Bunga Indonesia (SBI) Mempengaruhi Pertumbuhan Industri Kosmetik di Indonesia

Ratih Ikha Permata Sari(1*), Cicih Ratnasih(2), Sugiyanto Sugiyanto(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Borobudur Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor pertumbuhan industri kosmetik di Indonesia. Variabel ekonomi yang dianalisis adalah Inflasi dan Suku Bunga Indonesia (SBI) sebagai variabel bebas. Sedangkan pertumbuhan pertumbuhan industri kosmetik sebagai variabel terikat. Data yang digunakan adalah data sekunder dari lima perusahaan, yaitu PT. Paragon Technology and Innovation, Marthatilaaar Group, Viva Cosmetics, PT. Mustika Ratu dan LOREAL, selama kurun waktu 2010-2021.  Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yaitu untuk menjelaskan secara statistik hubungan dan pengaruh variabel ekonomi terhadap pertumbuhan industri kosmetik di Indonesia, baik secara keseluruhan maupun parsial.  Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inflasi berpengaruh signifikan sementara inflasi tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan industri kosmetik. Hal ini ditunjukkan dengan nilai F-statistik 424.2280 > F-tabel dan prob (F-statistik) sebesar 0,000000 < 0,05. Secara parsial Inflasi berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan industri kosmetik dimana nilai t-statistik 28.82672 < nilai t-tabel 1,70 dan nilai prob (t-statistik) 0.0000 > 0,05. Sementara Suku Bunga Indonesia (SBI) tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan industri kosmetik terhadap pertumbuhan ekonomi, dimana nilai t-statistik 0.950083 < nilai t-tabel 1,70 dan nilai prob (t-statistik) 0.3431 > 0,05.

 

Kata kunci : Inflasi, Suku Bunga Indonesia (SBI), pertumbuhan industri kosmetik dan regresi linear berganda.


Keywords


Inflasi; Suku Bunga Indonesia (SBI); Industri Kosmetik,

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2019). Ekonomi Indonesia Maju Karena UKM Kuat. Indonesia : Badan Pusat Statistik. Diakses pada 2 Oktober 2021 pk.14.17

Badan Pusat Statistik. (2020). Tren Produk Kecantikan di Indonesia Tahun 2020. Jakarta : Badan Pusat Statistik. Diakses pada 07 Oktober 2021 pk.19.23

Gujarati, D. N. (2015). Basic Econometrics (Edisi Keli). Jakarta Selatan : Salemba Empat. https://doi.org/10.1126/science.1186874%0D

Handriani, E., & Robiyanto, R. (2018). Investment Opportunity and. 19(2), 295–312.

Hermanto, & Sutrisno. (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN SEKTOR INDUSTRI FARMASI DAN IMPLIKASI TERHADAP KETERSERAPAN TENAGA KERJA Oleh. Ekonomi, 23(3), 217–228. https://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/1/article/viewFile/873/807

Kementrian Perindustrian. (2018). Industri Kosmetik Nasional Tumbuh 20%. Jakarta : Kementrian Perindustrian. Diakses pada 03 November 2017 pk.14.47

Kementrian Perindustrian. (2020). Industri Kosmetik Tumbuh Signifikan Pada 2020 (J. : K. Perindustrian (Ed.)). Diakses pada 30 Oktober 2021 pk.19.23

Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan pengendalian (Edisi kedelapan, terjemahan Arcella Ariwati Hermawan). Jakarta : Salemba Empat.

Krugman. (2000). Konsentrasi geografis industri kecil dan rumah tangga (IKRT) di Kabupaten Pemalang Provinsi Jawa Tengah, 2000-2004.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Swasta, B. dan H. (2000). Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen (Edisi 7). Prestice Hall.

Todaro, M.P. dan Smith, S. . (2020). Pembangunan Ekonomi (Jilid I Ed). Jakarta : Erlangga.

Zhang, Y. (2019). Impact of Foreign Trade, FDI, Exchange Rate And Inflation on Economic Growth. Global Journal of Economics and Business Administration, 3(17), 1–11.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v15i1.14644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ratih Ikha Permata Sari, Cicih Ratnasih, Sugiyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Editorial Office:

Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.