Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Pembelian Impulsif Produk Fashion di Lingkungan Mahasiswa Kost (Retraction)

Wenny Wulandari(1*)

(1) UNINDRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Artikel ini telah ditarik karna telah diterbitkan di International Journal for Social Studies Vol 04 Issue 08 August 2018 berikut artikelnya https://journals.eduindex.org/index.php/ijss/article/view/6359


Keywords


Kontrol diri, Pembelian impulsif, Produk fashion, Mahasiswa kost

References


Angelina, D. Y & Matulessy, A. (2013). Pola asuh otoriter, Kontrol diri dan perilaku seks bebas remaja SMK. Jurnal psikologi Indonesia, 2, 173-182.

Assauri, S. (2004). Manajemen produksi dan operasi. Jakarta: Lembaga Fakultas Ekonomi UI.

Azwar, S. (2012). Metode penelitian (edisi I). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. 2014). Reliabilitas dan validitas (edisi iv). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baudrillard,P.J.(2011). Masyarakat konsumsi. Yogyakarta: Kreasi Wacana

Baumeister, R.F. (2002). Yielding to temptation: Self-control failure, impulse purchasing, and consumer behavior. Journal of Consumer Research, 28, 670-676.

Budiani, A. (2004). Tempat untuk mengembangkan kemandirian mahasiswa. Suara merdeka, 16 September 2004.

Bukhori, Baidi. (2006). Kesehatan mental mahasiswa ditinjau dari religiusitas dan kebermaknaan hidup. Jurnal psikologika, 12, 93-105.

Calhoun, J. F. Acocella, J. R. (1990). Psychology of adjustment and human relationship. New York: McGraw-Hill, Inc.

Chaplin, J. P. (2002). Kamus psikologi. Jakarta: Rajawali Pers.

Diba, D.S. (2014). Peranan Kontrol diri terhadap pembelian impulsif pada remaja berdasarkan perbedaan jenis kelamin di Samarinda. Ejournal Psikologi, 1, 313-323.

Djudiyah. (2002). Hubungan antara pemantauan diri, harga diri, materialisme, dan uang saku dengan perilaku impulsif pada remaja Tesis (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.

Drestya, D. A. (2014). Motif menggunakan social media path pada mahasiswa di Surabaya. Commonline departemen komunikasi, 3, 528-537.

Engel, J. E. & Blackwell, R. D. (1995). Consumer behavior. Orlando: The Dryden Press.

Esch, E.H. & Riley, P. (2003). The bilingual family: a handbook for parents. New York: Cambridge University Press.

Farida, I. (2000). Perilaku konsumtif mahasiswa yang tinggal di indekost Skripsi (tidak diterbitkan). Depok: Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.

Fitri F. A. (2006). Terlena dalam nikmatnya belanja (Edisi pertama). Jakarta: Erlangga.

Gasiorowska, A. (2011). Gender as a Moderator of Temperamental Causes of Impulse Buying Tendency. Journal of customer behaviour, 10, 119-142.

Ghufron, M. N & Risnawati, R. S. (2010). Teori-teori psikologi. Yogyakarta: Ar- Ruz Media.

Gottfredson & Hirschi. (1990). Kontrol diri and crime. New York: Guilford Press.

Gronlund, N. E., & Linn, R. L. (1990). Measurement and evaluation in teaching. New York: Macmillan Pub Company.

Herabadi, A. G. (2003). Perbedaan individual dalam kecenderungan belanja impulsif: Sarat Emosi dan Pendek Pikir (Individual Impulse Buying Tendency: Emotion-laden and Thoughtless). Jurnal psikologi 12, 58-70.

Kacen, J. J. & Lee, J. A. (2002). The influence of culture on consumer pembelian impulsif behavior. Journal of consumer psychology, 12, 163-176.

Kivetz, R & Simonson, I. (2002). Self-control for the righteous: Toward a theory of precommitment to indulgence. Journal of consumer research, 29, 199-217.

Kotler, P. (2000). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.

Kusumandari, R. (2008). Pengaruh Kontrol diri, persepsi ketersediaan uang, jenis kelamin, tingkat sosial ekonomi, dan tingkat usia terhadap perilaku pembelian impulsif pada remaja. Tesis (tidak diterbitkan). Universitas Indonesia.

Larasati, M.A & Budiani, M.S. (2014). Hubungan antar Kontrol diri dengan pembelian impulsif produk pakaian pada mahasiswi psikologi Universitas Negeri Surabaya yang melakukan pembelian secara online. Character, 2, 1-6.

Loudon, D & Bitta, D. (1993). Consumer behavior: Concepts and application (fourth edition). New York: McGraw Hill.

Ma’ruf, H. (2006). Pemasaran ritel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mappiare, A. (2011). Pengantar konseling dan psikioterapi (edisi kedua). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Margono. (2004). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Melati, Rostiana & Widjaja. (2010). Pengaruh Kontrol diri terhadap pembelian impulsif pada remaja awal. Phronesis, 2, vol 9.

Mowen, J.C & Minor, M. (2002). Perilaku konsumen (Jilid 1: edisi kelima). Jakarta : Erlangga.

Nugroho, S. (2003). Hubungan antara citra diri terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswi fakultas ekonomi universitas islam Indonesia. Skripsi (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Program Studi Psikologi FPSB UII.

Papalia, D. E., Olds, S. W., Feldman, R. D. (2009). Human development: Perkembangan manusia (Edisi 10, buku 2). Jakarta : Salemba Humanika.

Puspita, H.C. (2006). Perilaku konsumtif pada remaja putri ditinjau dari konsep diri dan persepsi terhadap iklan media cetak produk handphone. Skripsi (tidak diterbitkan). Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata.

Roberts, J. A & Manolis, C. (2012). Cooking up a recipe for Kontrol diri: the three ingredients of Kontrol diri and its impact on impulse buying. Jurnal of theory and practice, 20, 173-188.

Rook, D. W & Fisher, R. J. (1995). Normative influences on pembelian impulsif behavior. Journal of consumer research, 22, 305–313.

Safaria, T. (2004). Terapi kognitif: perilaku untuk anak. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Samuel, H. (2006). Dampak respon emosi terhadap kecenderungan perilaku pembelian impulsif konsumen online dengan sumberdaya yang dikeluakan dan orientasi belanja sebagai variabel mediasi. Jurnal manajemen dan kewirausahaan, 8, 101-115.

Sarafino, E. P. (1994). Health psychology: Biopsychosocial interaction (second edition). New Work: John Willey & Sons, Inc.

Senaputri, T. (2012). Gaya hidup konsumtif mahasiswa kos di kelurahan sumbersari Malang Skripsi (tidak diterbitkan). Malang: Fakultas Ilmu Sosial UM.

Setiadi, B.N., Matindas, R.W., & Chairy, L.S. (1998). Pedoman penulisan skripsi

psikologi. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI

Siagian, K. (2013). Pengaruh layanan bimbingan kelompok dalam mengurangi gaya hidup hedonis siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Medan Skripsi (tidak diterbitkan). Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan.

Solomon, M.R. & Rabolt, N. (2009). Consumer behavior (8th edition). USA: Prentice Hall.

Sugiyono. (2001). Metode penelitian bisnis. Bandung. CV. Alfabeta.

Sunarto. (1994). Manajemen strategi. Malang: STIE Malangkucecwara.

Tambunan, R. (2001). Remaja dan perilaku konsumtif. Jakarta: Gramedia.

Tangney, J. P., Baumeister, R. F., Boone, A. L. (2004). High Kontrol diri predict good adjusment, less pathology, better grades, and interpersonal success. Journal of personality, 72, 271-324.

Thio, A. (2008). Sociology (7th edition). US: Longman

Utami, A. F & Sumaryono. (2008). Pembelian impulsif ditinjau dari Kontrol diri dan jenis kelamin pada remaja. Jurnal psikologi proyeksi (Online), 3, (1). Diakses dari http://eprints.undip.ac.id/view/year/2009.type.htmldiakses, 13 Mei 2015.

Verawati, A. (2001). Agresivitas remaja ditinjau dari jenis strategi menghadapi masalah di daerah pembangunan pemukiman dan bukan daerah pembangunan pemukiman. Skripsi (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Verplanken, B. & Herabadi, A. (2001). Individual differences in impulse buying tendency feeling and no thinking. European journal of personality. 10, S71-S83.

Wood, R. (1998). Quality in the food analysis laboratory. The Royal Society of Chemistry: Chambridge.

Zimmerman, B. J. (1998). Academic studying and the development of personal skill: A self regulatory perspective. Journal educational psychologist, 33, 73-86.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v14i2.12584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 WENNY WULANDARI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Editorial Office:

Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.