Penerapan Project Based Learning pada Perkuliahan Wirausaha Kreatif di Program Studi Desain Komunikasi Visual

Jayanto Ginon(1), Kurnia Setiawan(2*)

(1) Universitas Tarumanagara
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tantangan untuk penyelenggaraan perkuliahan di era pandemi covid 19 adalah pembelajaran dilakukan secara daring sehingga perlu metode yang sesuai untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran. Untuk menyikapi hal tersebut, tim dosen mata kuliah Wirausaha Kreatif di Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Tarumanagara memilih metode Project Based Learning untuk perkuliahan semester genap 2020/ 2021. Penelitian mengkaji bagaimana penerapan project based learning pada mata kuliah wirausaha kreatif FSRD Untar.  Penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus melalui wawancara, observasi, artefak dan inteprestasi. Studi kasus dilakukan pada kelas Wirausaha Kreatif semester ganjil 2021/ 2022 di Fakultas Seni Rupa dan Desain. Penelitian merupakan participatory research karena peneliti terlibat dalam kegiatan perkuliahan yang akan diselenggarakan. Hasil penelitian menjelaskan penerapan project based learning yang dilaksanakan dalam 4 tahapan: briefing, monitoring, presentasi, dan evaluasi. Untuk memotivasi mahasiswa dilakukan berbagai cara (tokoh inspiratif, mengenal potensi diri, kuliah umum, dll.). Proses monitoring dilakukan melalui asistensi/ konsultasi. Mahasiswa diajak untuk berbagi dan saling belajar melalui presentasi (seminar wirausaha kreatif). Evaluasi dilakukan melalui dua kegiatan, yaitu pada saat seminar dan pameran karya berupa poster bisnis model canvas yang dibuat oleh mahasiswa. Metode project based learning cocok untuk diterapkan dalam perkuliahan Wirausaha Kreatif dan membuat mahasiswa antusias dalam mengikuti proses belajar dan mengajar.

 

 


Keywords


project based learning; wirausaha; kreativitas

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aldabbus, S. (2018). Project-Based learning: Implementation & challenges. International Journal of Education, Learning and Development 6 (3), 71-79.

Astiti, N. N. W., Agustini, K., dan Santyadiputra, G.S. (2019). Pengaruh E-Learning Moodle Berorientasi Project Based Learning terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus; Kelas X Desain Komunikasi Visual pada Mata Pelajaran Sketsa di SMK Negeri 1 Sukasanda). Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI) 8 (2), 172.

Bell, S. (2010). Project-Based Learning for the 21st century: Skills for the future. The Clearing House, 83, 39–43.

Drucker, P. F. (1985). Innovation and Entrepreneurship; Practice and Principles. New York : Harper & Row Publisher, 1985, 19.

Fathurrohman, M. (2015). Model-model pembelajaran inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Febriana, R. (2017). The Effectiveness of Project Based Learning on Students’ Social Attitude and Learning Outcomes, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 23, no. 4 (Oktober), 374.

Hasibuan, L. S. (2021). Bisnis Model Canvas: Apa, Bagaimana Contohnya, www.cnbcindonesia.com/lifestyle

Khairat, Y. (2020). Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Jurnal Teknologi Pendidikan 9 (2),185.

Khamadi, A.S., dan Prabowo, D.P. (2020). Tata Kelola Pameran Berbasis Project Based Learning Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Dian Nuswantoro. Journal of Art, Design, Education And Culture Studies (JADECS) 5 (1), 30.

Moekijat. (1991). Evaluasi Pelatihan Dalam Rangka Peningkatan Produktivitas. Mandar Maju. Bandung.

Prianta, K., Putrama, I.M., dan Divayana, D. G. H. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Videografi untuk Siswa Kelas X Desain Komunikasi Visual di SMK Negeri 1 Sukasanda. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika 6 (1), 70.

Sukino, C. D. V., Kartika, T.R., dkk. (2021). Panduan Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia 2021. Jakarta : Belmawa – Kemdikbud, 2.

Tyas, E. H. (2019). Menggapai Mimpi Melalui Entrepreneurship. Jakarta : UKI Press, 5.

Wati, L. F. (2018). Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Potensi Lokal pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (SMA/SMK di Malang). Jurnal Teori dan Praksis Pemebelajaran IPS 3 (1), 39.

Wulandari, R. R. (2017). Penerapan Metode Enam Topi Berpikir De Bono dalam Pembelajaran Berdiskusi (Kuasi Exkperimen pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 13 Bandung Tahun Ajaran 2009/2010). LITERASI. Jurnal Ilmiah Pend. Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah 7 (1), 61.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v13i3.11275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jayanto Ginon, Kurnia Setiawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Editorial Office:

Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.