Aspek-Aspek Employe Engagement Guru Dilihat Dari Model Kepemimpinan Kepala Sekolah

Anita Diyah Sitawati(1*)

(1) Universitas Muhammadiyah Magelang
(*) Corresponding Author

Abstract


Employe Engagement merupakan salah satu aspek yang penting ada bagi setiap pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan mereka yang diyakini mampu meningkatkan kinerja. Namun demikian Employe Engagement salah satunya sangat dipengaruhi oleh bagaimana model kepemimpinan yang ditampilkan oleh seorang leader pada lembaga tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian explanatory. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitain sebanyak 200 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah : (1) Analisis Deskriptif; (2) Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Guru memiliki Employe Engagement dengan variative, 51% responden (102 guru) memiliki Employe Engagement sangat baik, 49% responden (98 guru) memiliki Employe Engagement guru baik, 5% responden (10 guru) memiliki Employe Engagement kurang baik dan tidak ada responden guru yang memiliki Employe Engagement yang tidak baik; (2) Guru memiliki persepsi yang berbeda-beda tentang kepemimpinan kepala sekolah, 55% responden (110 guru) menyatakan kepemimpinan kepala memiliki model kepemimpinan Transformatif, 44% responden (87 guru) menyatakan kepemimpinan kepala sekolah memeiliki model kepemimpinan Kharismatik, 1% responden (2 guru) menyatakan kepemimpinan kepala sekolah memiliki model kepemimpinan Transaksional; (3) Pengaruh model kepemimpinan kepala sekolah terhadap Employe  Angegement guru dapat dilihat bahwa  Proporsi pengaruh kepemimpinan kharismatik kepala sekolah terhadap Employe  Angegement  (X1–Y) menunjukkan angka sebesar 20,5 persen dan Proporsi pengaruh kepemimpinan transformatif kepala sekolah terhadap Employe  Angegement guru (X2–Y) sebesar 34,1 %, serta Proporsi pengaruh kepemimpinan transaksional kepala sekolah terhadap Employe  Angegement (X3–Y) 4,1 %.


Keywords


Employe Engagement, Guru, Model Kepemimpinan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agustinus Hermino. (2014). Kepemimpinan Pendidikan di Era Globalisasi. Pustaka Pelajar.

Ardiansyah, T. (2020). Employee Engagement Terhadap Employee Performance (Sebuah Studi Literatur). Sosio E-Kons, 12(02), 156. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v12i02.6444

Bakker, A.B., Leiter, M. . (n.d.). Work Engagement: A Handbook Of Essential Theory And Research (pp.181-196). Psychology press: New York. Diunduh pada. www.psypress.com/common/samplechapters/9781841697369.pdf

Bakker dan Schaufeli. (2003). Job demands and job resources as predictors of absence duration and frequency. Journal of Vocational Behavior, 19(2).

Didin Kurniadi. (2012). Manajemen Pendidikan, Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Ar-Ruz Media.

Dwi Ari Wibawa. (2012). Kepemimpinan Transaksional dan Kepemimpinan Transformasional, 2012, h. 9.

Eka Dian Aprilia, O. K. (2020). Workplace Spirituality And Employe Engagement Among High School Teachers In Banda Aceh. Jurnal Psikologi, 19(1), 61–71.

Gaddi, R. (2004). Leadership And Employee Engagement: When Employees Give Their all. http://66.179.232.89/pdf/ddi_ph_leadershipandemployeeengagement_ar.pdf.

Hani Handoko. (1999). Manajemen (Edisi Kedu). BPFE.

Husaini Usman. (2014). Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Bumi Aksara.

Ike Agustina. (2020). Kebahagiaan Autentik dan Keterikatan Kerja Guru di Sekolah Inklusi. PSIKOLOGIKA Volume 25 Nomor 2 Juli 2020. 167-184. PSIKOLOGIKA, 25(2), 167–184.

Imam Mahalli, A. H. (2012). Pengelolaan Pendidikan: Konsep, Prinsip, dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah. Kaukaba.

Ivancevich. (2007). Perilaku dan Manajemen Organisasi. Erlangga.

Lianto Vilency Virani, D. (2015). Pengaruh Transformasional Leadership Terhadap Competitive Advantage Melalui Learining Organiz ation Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Ritel Berskala International dan Nasional di Surabaya. Bussines Accounting Review, 3(1), 294–308.

Nani Hanifah. (2021). Hubungan Kepemimpinan Kepala sekolah Dengan Kepuasan Guru di SDN Jatisampurna VIII Bekasi. Sosio E-Cons, 13(1), 26–37.

Ni Luh Putu Astuti, Ni Putu Sri Harta Mimba, N. M. D. R. (2016). PENGARUH EMPLOYE ENGAGEMENT PADA KINERJA BENDAHARA PENGELUARAN DENGAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL SEBAGAI PEMODERASI. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 5(12), 4057–4082.

Northhouse, P. G. (2013). Kepemimpinan dari Teori ke Praktik. PT INDEKS Kelompok GRAMEDIA.

Pandu Djati Sentano, Sugih Arijanto, Y. Y. (2016). Peningkatan Kepuasan Kerja Dan Employee Engagement Pengajar Dan Karyawan Di Yayasan Pendidikan “X” Bandung. Reka Integra. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional. Jurusan Teknik Industri Itenas, 4(1).

Permana, N. I. K. (2010). Mempertahankan talent untuk meraih keunggulan kompetitif. PPM.

Raihan. (n.d.). Kepemimpian Sekolah Transformasional. PT. LKS Printing Cemerlang.

Rizqiani, A., Syamsun, M., & Dirdjosuparto, S. (2011). dan Motivasi Kerja Guru terhadap Komitmen Kerja Guru ( Studi Kasus : SDIT Ummul Quro ’ Kota Bogor ). 66, 61–69.

Santosa, T. E. C. (2012). Memahami dan Mendorong Terciptanya Employee Engagement dalam Organisasi. Jurnal Manajemen, 11(2), 209–222.

Sashkin, Marshall, M. G. S. (2011). Prinsip-Prinsip Kepemimpinan, Erlangga. Erlangga.

Sinta Yulianti, Eeng Ahman, S. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Komunikasi Internal Terhadap Employee Engagement. Jurnal Ilmu Manajemen & Bisnis, 9(1).

Sisly Duri Afryana. (2018). Sisly Duri Afryana, “Pengaruh Sense Of Belonging Terhadap Employee Engagement (Studi di Bandung Echnopark)”,. Jurnal Indonesia Membangun, 17(2).

Sondang P.Siagian. (2009). Tipe-Tipe Kepemimpinan. Gramedia Utama.

Stephen P. Robbins & Timothy A.Judge. (2008). Perilaku Organisasi. Salemba Empat.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfa Beta.

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP–UPI. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Imperial Bakti Utama.

Tims, M., Bakker, A.B., Xanthopoulou, D. (2011). Do Transformational Leaders Enhance Their Follower’s Daily Work Engagement?. The Leadership Quarterly. 22(1), 121–131.

Veithzal Rizai dan Arvian Arifi. (2015). Islamic Leadership (Membangun Super Leadership Melalui Kecerdasan Spiritual).

Viqi Anggreana. (2015). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kepemimpinan Terhadap Employee Engagement Pada Pegawai Negeri Sipil Di Kantor Bupati Bagian Umum Setda Kabupaten Siak. Jom FEKON, 2(2).

Yukl, G. (2006). Leadership in Organizations Sixth Edition. Pearson Education, Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v13i3.10269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Anita Diyah Sitawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Editorial Office:

Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.