PENINGKATAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN DENGAN METODE REWORD
(1) University of Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dlidasarkan pada pentingya belajar kewirausaaan dan bagaiman cara meningkatkan hasil belajar kewirausahaan mahasiswa program studi pendidikan akuntansi. Berdasarkan hal tersebut tujuan penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatan hasil belajar kewirausahaan mahasiswa dengan metode reward di program studi Pendidikan Akuntansi Universitas PGRI PALEMBANG. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menggunakan empat langkah yaitu: 1) perencanaan (plan), 2) tindakan (act) 3).pengamatan (observe), 4) refleksi (reflect). Empat tahap tersebut dilakukan dengan dua siklus penelitian. Berdasarkan hasil penelitian selama dua siklus menunjukan, adanya peningkatan hasil belajar kewirausahaan mahasiswa dalam mebuat produk kreatif dan menyelesaikan soal yang diberikan kepada 28 mahasiswa. Hasil analisis data selama siklus I dan II dapat disimpulkan: (1) siklus pertama jumlah mahasiswa yang mempunyai kreatifitas berdasrkan observasi 70% yaitu sebanyak 19 mahasiswa dan pada (2) siklus ke dua meningkat menjadi 90% yaitu sebanyak 25 mahasiswa. Hasil belajar dari tes kewirausahaan mahasiswa (1) siklus pertama jumlah mahasiswa yang menjawab benar 70% yaitu sebanyak 22 mahasiswa dan pada siklus ke dua (2) meningkat menjadi 92% yaitu sebanyak 26 mahasiswa.
Full Text:
PDF (Indonesian)Refbacks
- There are currently no refbacks.