LPPM UNINDRA


UNINDRA


Open Journal Systems




Journal Help
User
Notifications
  • View
  • Subscribe
Journal Content

Browse
  • By Issue
  • By Author
  • By Title
  • Other Journals
Font Size

  • Home
  • About
  • Login
  • Register
  • Search
  • Current
  • Archives
Home > Vol 1, No 1 (2017) > Butar-butar

Sikap Profesional dan Motivatif Menjadikan Guru Pembelajar

Charles Butar-butar(1*), Julinda Siregar(2)

(1) Asessor SMK Provinsi Jawa Barat
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Sikap professional dan motivasi berprestasi menjadikan guru pembelajar, guru dikatakan professional ketika guru tersebut mampu melaksanakan tupoksinya dengan baik. Guru professional merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, terutama oleh pendidik. Guru memiliki ketrampilan, pengetahuan dan kemampuan membina hubungan interpersonal, memberikan penampilan yang memiliki motivasi berprestasi dalam mewujudkan unjuk kerja yang maksimal sesuai dengan tupoksinya. Sikap professional dan motivasi berprestasi yang dimiliki guru dalam menjalankan tupoksinya didasari dengan ada sikap kemauan yang tinggi untuk selalu belajar sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abin Syamsudin Makmun. (2009). Psikologi Kependidikan. Bandung: Rosdakarya.

Hamzah Uno dan Nina Lamatenggo. (2016). Tugas Guru Dalam Pembelajaran Dan Aspek yang Mempengaruhi. Jakarta: Bumi Aksara.

Jacques Delors. (1998). Learning The Treaasure Within. Australia: UNESCO Publishing.

Josep A.Devito. ---. Komunikasi Antarmanusia. Jakarta: Karisma Publishing Group.

Made Pidarta. (2013). Landasan Kependidikan, Stimulus Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa. (2013). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Rosdakarya.

Muhibbin Syah. (2009). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nurlaila Isnawati. (2010). Guru Positif Motivatif. Jakarta: Laksana.

Wina Sanjaya. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Stephanie Stoll Dalton. (2017). Pengajaran yang Efektif Bagi Semua Pebelajar. Jakarta: Indeks.

Surya, Mohammad. (2013). Psikologi Guru, Konsep dan Aplikasi Dari Guru Untuk Guru. Bandung: Alfabeta.

Sudarwan Danim dan Khairil. (2013). Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Sumadi Suryabrata. (2008). Psikologi Kepribadian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Supardi. (2013). Kinerja Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.