LPPM UNINDRA


UNINDRA


Open Journal Systems




Journal Help
User
Notifications
  • View
  • Subscribe
Journal Content

Browse
  • By Issue
  • By Author
  • By Title
  • Other Journals
Font Size

  • Home
  • About
  • Login
  • Register
  • Search
  • Current
  • Archives
Home > Vol 1, No 1 (2017) > Achdiyat

Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Ditinjau dari Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua

Maman Achdiyat(1*)

(1) Program Studi Pendidikan Matematika & IPA - Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orangtua terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial SiswaPenelitian dilakukan dengan metode survey. Populasi adalah siswa kelas VIII SMP Swasta di Kecamatan Sukmajaya Kota Depok dengan besar sampel sebanyak 60 siswa, dengan teknik sampling yang digunakan yaitu random sampling.Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes pilihan ganda prestasi belajar IPS dan kuesioner kemandirian belajar dan perhatian orangtua.Analisis data menggunakan model linear berganda.Adapun hasil pengujian adalah 1).Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar dan perhatian orangtua secara bersama sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP swasta di Kecamatan Sukmajaya Kota Depok, dibuktikan dengan nilai Sig. 0,008< 0,05 dan Fh = 5,268. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP swasta di Kecamatan Sukmajaya Kota Depok dibuktikan dengan nilai Sig. 0,002< 0,05 dan th = 3,171. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orangtua terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP swasta di Kecamatan Sukmajaya Kota Depok dibuktikan dengan nilai Sig. 0,006< 0,05 dan th = 1,893. Hasil penelitian ini berguna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi belajar IPS di tingkat SMP.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ahmadi, Abu dan Supriyanto, Widodo. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta Penerbit Bumi Aksara.

Bahri Djamarah, Saiful. (1994). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Bahri, Syaiful dan Aswan, Zain. (2005). Strategi Belajar Mengajar Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Basri, Hasan. (2000). Remaja Berkualitas (Problematika Remaja dan Solusinya). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fajar, Arnie. (2009). Portofolio dalam Pembelajaran IPS. Bandung: Rosdakarya.

Gea, Antonius. (2002). Relasi dengan Diri Sendiri. Jakarta: PT. Gramedia.

Haryono, Anung. (2005). Belajar Mandiri: Konsep dan Penerapannya dalam Sistem Pendidikan dan Pelatihan Terbuka/ Jarak Jauh. Jakarta: Seamolec.

Martono, Nanang. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nurjannah. (2002). Murid Belajar Mandiri. Jakarta: Gaung Persada Pers.

Purwanto, Ngalim. (2002). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Qonita Alya. (2011). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Bulan Bintang.

Rahardja, Umar Tirta dan La Sulo. (2000). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Safari. (2005). Teknik Analisis Butir Soal Instrumen Tes dan Non Tes. Jakarta: Puspendik.

S Siregar, Eveline dan Hartini, Nara. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Slameto. (2005). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, Anas. (2001). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. (2005). Dasar- Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algasindo.

Sudjana, Nana. (2006). Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana. (2004). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Supardi. (2013). Aplikasi Statistika dalam Penelitian Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Bandung: Alfabeta.

Supriyadi. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Cakrawala Ilmu.

Surapranata. (2004). Analisis Validitas, Reliabilitas, dan Interpretasi Hasil Tes Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryasubrata, Sumardi. (2000). Psikologi Pendidikan (Suatu Penyajian Secara Operasional). Yogyakarta: Rake Press.

Syah, Muhibbin. (2013). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Thoha, Chabib. (1996). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Uno, Hamzah B dan Nurdin, Muhammad. (2011). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Uno, Hamzah B. (2006). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wahyudin, Dinn dkk. (2010). Pengantar Pendidikan Modul 1. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.

Yusuf, Syamsu dan Nurihsan, Juntika. (2011). Teori Kepribadian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Siahaan, Jokie. (2009). Perilaku Menyimpang. Jakarta: PT Indeks.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.