LPPM UNINDRA


UNINDRA


Open Journal Systems




Journal Help
User
Notifications
  • View
  • Subscribe
Journal Content

Browse
  • By Issue
  • By Author
  • By Title
  • Other Journals
Font Size

  • Home
  • About
  • Login
  • Register
  • Search
  • Current
  • Archives
Home > Vol 1, No 1 (2017) > Kasyadi

Minat Belajar Mahasiswa Pascasarjana Unindra Ditinjau dari Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Personal, dan Disiplin Dosen

Soeparlan Kasyadi(1*)

(1) Program Studi Pendidikan IPS - Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari hubungan antara komptensi pedagogik, kompetensi personal dan disiplin mengajar dosen dengan minat belajar mahasiswa program pascasarjana. Penelitian ini dengan menggunakan metode survey, sampel yang digunakan adalah dari 100 mahasiswa program pascasarjana jurusan IPS, yang dipilih secara random. Hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat hubungan yang signifikan antara, 1) kompetensi pedagogik dan minat belajar, 2) kompetensi personal dan minat belajar, 3) disiplin dan minat belajar, dan 4) kompetensi pedagogik, kompetensi personal serta disiplin dosen dan minat belajar mahasiswa secara bersama-sama. Oleh karena itu, kompetensi pedagogik, kompetensi personal dan disiplin dosen dapat dipandang sebagai pengembangan sumber daya manajemen dalam rangka meningkatkan minat belajar mahasiswa pada program pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI Jakarta. Akan tetapi variabel lain yang meningkatkan minat belajar dapat diteliti oleh peneliti lainnya.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Daradjat, Zakiah. (2005). Kepribadian Guru. Jakarta: Bulan Bintang.

Darajat, Zakiah dkk. (2007). Metode Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

De Cento, David A & P. Robins, Stephen. (1998). Human Resources Management. New York: Jhon Wiley and Sons, Inc.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

GergelyCsibra, GyrgyGergely. Published 28 February 2011.DOI: 10.1098/rstb.2010.0319, The Royal society Publishing.

Houle. (1982). The Inquiring Mind. University of Madison Press Madison.

Kompas, Senin 28 September 2014.

Laura A. King, Editor, JPSP: PPID, Journal of Personality and Social Psychology, (2010), Vol. 98, No. 1, American Psychological Association 0022-3514/10/$12.00 DOI: 10.1037/a0018175

Muhibbin, Syah. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosdakarya

Oxford Advanced Learner's Dictionary

Peraturan Pemerintah nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin pegawai negeri sipil

R. Wayne Mondy, Arthur Siharplin & Edwin B. Flipo. (1990). Management: concept and Practices. Boston: Allyn and Bacon, Inc.

Senge, Peter M. (1994). The Fifth Discipline. Printed in The United State of America.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana, D. (2004). Pendidikan Nonformal: Wawasan, Sejarah Perkembangan,

Falasafah dan Teori Pendukung, serta Azas. Bandung: Fallah Production

Tuu, Tulus. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta, Grasindo.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.