LPPM UNINDRA


UNINDRA


Open Journal Systems




Journal Help
User
Notifications
  • View
  • Subscribe
Journal Content

Browse
  • By Issue
  • By Author
  • By Title
  • Other Journals
Font Size

  • Home
  • About
  • Login
  • Register
  • Search
  • Current
  • Archives
Home > Vol 1, No 1 (2017) > Susanto

Pendidikan IPS: Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif

Ahmad Susanto(1*)

(1) Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam upaya mengembangkan dan mewujudkan potensi yang dimiliki siswa. Pengembangan potensi siswa tersebut bisa dimulai dengan menumbuhkan keterampilan dan kemampuan berpikir siswa. Kemampuan berpikir yang dibutuhkan meliputi berpikir kritis, logis, sistematis, argumentatif dan lain-lain. Kemampuan-kemampuan berpikir tersebut salah satunya dapat dikembangkan melalui pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Dalam pendidikan IPS siswa dituntut untuk memiliki sikap logis, kritis, cermat, kreatif, dan disiplin.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Bron, R.A. (1994). Psycology, Third Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Carin, A. Dan Sund, RB. (1978). Creative Questioning and Sensitive Listening Technique. Columbus: Charles E. Merril Pub.

Munandar, U. (1999). Materi Pokok Psikologi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud PPTK Dikti.

Polya, G. (1985). How to Solve it: A New Aspect of Mathematics Method. New Jersey: Princeton University Press

Russefendy, E.T. (1988). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Russefendy, E.T. (1990). Pengajaran Matematika Modern dan Masa Kini untuk Guru dan PGSD. Bandung: Tarsito.

Supriadi, D. (1994). Kreativitas, Kebudayaan dan Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta.

Torrance, PE. Dan Goff, K. (2002). Fostering Academic Creativity in Gifted Student [online], http://www.ericec


Refbacks

  • There are currently no refbacks.