Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Akselerasi Tingkat SD Berbasis Bakat dan Minat
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Program Studi Pendidikan Matematika - Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan desain pembelajaran yang efektif dan memfasilitasi siswa program akselerasi tingkat Sekolah Dasar sesuai dengan bakat dan minat mereka.Desain pembelajaran ini dibuat sesuai dengan analisa kebutuhan siswa-siswi program akselerasi tingkat Sekolah Dasar. Prosedur desain pembelajaran ini diadaptasi oleh model pengembangan intruksional M.Atwi Suparman yang terdiri dari beberapa langkah, yaitu: (1) mengidentifikasi kebutuhan dan menulis tujuan intruksional umum, (2) melakukan analisis intruksional, (3) mengidentifikasi perilaku dan karakteristik awal peserta didik, (4) menulis tujuan intruksional khusus, (5) menyusun alat penilaian hasil belajar, (6) menyusun strategi intruksional,(7) mengembangkan bahan intruksional, (8) melaksanakan evaluasi formatif. Temuan penelitian ini dihasilkan suatu desain pembelajaran yang komperhensif sesuai dengan tujuan pembelajaran matematika peserta didik SD program akselerasi berbasis bakat dan minat.
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Suparman, M. Atwi, 2012. Desain Intruksional Modern.Jakarta: Erlangga.
Gagne. M.Robert,et.Al,2005. Principles of Intructional Design. New York: Wadsworth Publishing.
Hasan, Alwi dkk. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia,Jakarta: Balai Pustaka.
Primagama, dkk.2005. Homeshcooling: Percepatan Belajar. Primagama Homeshcooling.
H, Rahman, 2001. Pengembangan Sistem Desain Intruksional. Journal of Technology Education.
Warnandi, Nandi. Layanan Pendidikan Anak Berbakat pada Sekolah Dasar. http;//file.upi.edu/firektori/FIP/JUR.PENDIDIKAN.LUARBIASA/195905251984031-NANDI_WARNANDI/Anak_berbakat.
Bregita Rindy Antika, 2013. Studi Pengembangan Diri Bakat dan Minat. Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Refbacks
- There are currently no refbacks.