Implementasi Prinsip Hidup dan Karakter MAsyarakat Tionghoa dalam Proses Pembelajaran di Indonesia
(1) Program Studi Pendidikan Matematika - Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Pendidikan memegang peranan vital dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia, sehingga muncul ungkapan bahwa indikator kemajuan sebuah bangsa di tentukan dari tingkat pendidikan masyarakatnya. Masyarakat Tionghoa, sebagai etnis yang memainkan banyak peranan dalam kehidupan di dunia ini, memiliki banyak keunggulan dari sisi karakter dan prinsip hidup. Hal inilah yang ingin digali dan kemudian diimplementasikan dalam proses pembelajaran di Indonesia, sehingga hal-hal positif dari masyarakat Tionghoa dapat terdiseminasi kepada peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan pendekatan kualitatif, yang tujuan akhirnya merancang suatu iklim pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas peserta didik, berdasarkan karakter masyarakat Tionghoa. Dari proses pengumpulan data di Surabaya dan Pontianak, ditemukan bahwa masyarakat Tionghoa memiliki keunggulan sebagai berikut: 1) mandiri, dan berusaha melatih keturunannya untuk mandiri, 2) memiliki semangat berwirausaha dan menganggap bekerja sebagai karyawan hanya sebagai batu loncatan sementara, 3) tidak mudah menyerah dan selalu berusaha bangkit dari kegagalan, 4) memiliki rasa kekeluargaan tinggi antar sesama etnis Tionghoa, 5) tidak malu mengerjakan sesuatu, dan 6) memiliki semangat belajar yang sangat tinggi. Dalam kegiatan penelitian tahun berikutnya, keunggulan ini akan diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, sebagai pilot project.
Full Text:
PDF (Indonesian)Refbacks
- There are currently no refbacks.