PENERAPAN STRATEGI BRANDING DENGAN PEMAHAMAN BACAAN GEOFFREY BROADBENT DAN J.M. BOCHENSKI PADA HUNIAN GREEN DI JAKARTA

Sarah Aisha(1*), Rafi Mentari(2), Marselly Dwiputri(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Seiring berkembangnya pembangunan hunian di Jakarta, para pengembang mulai melakukan strategi branding terhadap produk property yang dijual. Brand merupakan identitas atau nama yang mewakili produk secara keseluruhan baik produk itu sendiri, jasa yang diberikan produk tersebut, perusahaan yang memproduksi, maupun hal-hal terkait lainnya. Sedangkan Branding adalah bentuk strategi, metode, cara atau upaya menyampaikan Brand sebuah produk kepada konsumen, agar produk tersebut dikenali oleh masyarakat. Berkaca kegagalan pada suatu proses strategi branding di Pruitt-Igoe dimana disana mengandaikan bahwa desain fisik dan strategi branding yang baik dapat menjadi penentu keberhasilan atau kegagalan hunian publik, Penting untuk ditelusuri sejauh strategi Branding serta desain dalam praktik pengembangan hunian di Jakarta.. Tulisan ini membahas hasil penelitian tentang strategi Branding terhadap proyek hunian di Jakarta dengan menunjukkan sikap rasional dan empiris sesuai pemahaman bacaan Geoffrey Boradbent dan J.M. Bochenski yaitu: Mengetahui penerapan strategi Branding dengan sikap rasional terhadap hunian di jakarta. Penelitian ini menggunakan metode campuran, dimana metode kuantitatif dengan memanfaatkan data residensial dari buku direktori REI 2011 dan 2015, dan metode kualitatif melalui pengamatan langsung terhadap beberapa objek hunian yang dipilih secara acak. 

Keywords


Strategi branding, rasional, hunian, properti

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aaker, David A.; Joachimsthaler, Erich. (2012). Brand Leadership. New York: Free Press.

Aisha, S., & Susanto, D. (2018). Green Estate in Jakarta: Branding or Reality. International Tropical Renewable Energy Conference. Depok: Universitas Indonesia.

Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta. (n.d.). Retrieved March 9, 2018, from https://jakarta.bps.go.id/statictable/2017/01/30/138/distribusi-dan-kepadatan-penduduk-menurut-kabupaten-kota-di-provinsi-dki-jakarta-2015.html

Badan Pusat Stratistik Provinsi DKI Jakarta. (2018). (Badan Pusat Statistik) Retrieved May 8, 2018, from https://jakarta.bps.go.id/statictable/2017/01/30/136/jumlah-penduduk-dan-laju-pertumbuhan-penduduk-menurut-kabupaten-kota-di-provinsi-dki-jakarta-2010-2014-dan-2015.html

Boche?ski, J. (1968). The Methods of Contemporary Thought. New York, United States of America: Harper & Row.

Boradbent, Geoffrey;. (1988). Design in Architecture: Architecture and The Human Science (Vol. Chapter 4). London: David Fulton.

Creswell, John W. (n.d.). Third Edition Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: SAGE Publication.

Green Building Council ndonesia. (2014, August). Retrieved March 21, 2018, from http://www.gbcindonesia.org/

Worm, Stefan. (2012). Branded Component Strategies : Ingredient Branding in B2B Markets.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/lja.v3i2.7719

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Department of Architecture
Faculty of Engineering and Computer Science
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Lakar: Jurnal Arsitektur is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License