KAJIAN PERENCANAAN PENATAAN KOTA PUSAKA BOGOR

Wiyoga Triharto(1*), Ryan Hidayat(2), Rully Firman(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun perencanaan penataan Kota Pusaka, Kota Bogor. Perencanaan Penataan Kota Pusaka, Kota Bogor ini dimaksudkan sebagai salah satu upaya mendorong terwujudnya kota pusaka melalui peningkatan kualitas dan kuantitas kawasan pusaka yang sesuai dengan karakteristik kota dalam rangka implementasi RTRW kabupaten/kota sebagai amanat Undang - Undang (UU) Nomor 26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang. Dalam kajian Penyusunan Rencana Aksi Kawasan Pusaka Kota Bogor 2013 Kawasan pusaka ditetapkan berdasarkan analisis signifikansi sejarah Kota Bogor dan analisis morfologi perkembangan kota yang sudah dilakukan, kemudian kawasan di dalam delineasi kawasan dibagi berdasarkan adanya kesamaan peristiwa sejarah, sosial budaya dan aspek fisik. Metodologi dalam penelitian ini, yaitu metodologi pelaksanaan pekerjaan perencanaan penataan Kota Pusaka, Kota Bogor dilakukan 4 tahap, yakni tahap persiapan, tahap fakta dan analisa, perencanaan dan perancangan, dan penyusunan DED. Konteks Perencanaan Penataan Kota Pusaka Kota Bogor Tahun 2015, lokasi perencanaan kawasan prioritas merupakan lokasi perencanaan yang disepakati sebagai kawasan yang memiliki nilai signifikansi dan strategis dalam pelestarian kawasan pusaka kota dan merupakan prioritas dalam pelestariannya. Analisis sebagai upaya pendekatan atas kemungkinan-kemungkinan yang dapat ditempuh dalam penataan kawasan.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Batarfie, Farida. Sebuah Pengamatan Mengenai Rumah Peribadatan Masyarakat Tionghoa di Kecamatan Bogor Tengah, Kotamadya Bogor: Vihara Dhanagun. Skripsi. Fakultas Sastra, Universitas Indonesia, 1986.

Bogaers and Ruijter, “Ir. Thomas Karsten and Indonesian Town Planning”, hal.74-88 dalam Peter J.M. Nas ed. Indonesian City, Studies in Urban Development and Planning. Leiden: KITLV, Foris Publications, 1986.

Cribb, Robert. Historical Atlas of Indonesia. London: Curazon, 2000.

Crosette, Barbara. The Great Hill Stations of Asia. Boulder, Colo: Westview Press, 1998.

Danasasmita, Saleh. Sejarah Bogor. Bogor: Pemerintah Daerah Kotamadya DT II Bogor, 1983.

Franke, Wolfgang (dan Claudine Salmon). Chinese Epigraphic Materials in Indonesia. Vol. 2, Singapore: South Seas Society, 1988.

History of Railroads in Indonesia – PERUMKA, [http://www.cybernet.or.id/kereta/main.htm]

Kambali, Urip Herdiman. Status dan Kondisi Tanah Partikelir Buitenzorg: Lahir dan Perkembangannya sampai Tahun 1829. Skripsi. Jurusan Sejarah, Fakultas Sastra, Universitas Indonesia, Jakarta, 1990.

Muhsin, Mumuh. “Bogor”, in Nina H. Lubis, et.al. Sejarah Kota-Kota Lama di Jawa Barat. Bandung: Alqaprint, 2000.

Pranayama, Anton. Peranan Hok Tek Bio di Kawasan Gerbang Suryakencana pada Periode 1901-2005. Skripsi. Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Katolik Parahyangan, Bandung, 1999.

Wiryomartono, A. Bagoes P. Seni Bangunan dan Seni Binakota di Indonesia, Kajian Mengenai Konsep, Struktur, dan Elemen Fisik Kota Sejak Peradaban Hindu-Buddha, Islam hingga Sekarang. Jakarta: Gramedia, 1995.

Tinjauan Arsitektur Sejarah Kota Bogor. Seminar Morfologi Kota, Seminar Arsitektur, 1985/86, Universitas Katolik Parahyangan, Bandung.

Tjahjono, Gunawan (ed.). Indonesian Heritage: Architecture. Singapore: Archipelago Press, 1999.

Van der Heiden, C.N. “Town Planning in the Dutch Indies”, hal.63-84, in Planning Perspectives, Vol. 5, 1990.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/lja.v1i1.3237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Department of Architecture
Faculty of Engineering and Computer Science
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Lakar: Jurnal Arsitektur is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License