Belajar dari Kearifan Lokal untuk Bersikap Tanggap Bencana Alam

Handajani Asriningpuri Ashari(1*)

(1) Institut Teknologi Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak : - Indonesia berada disusunan kepulauan dengan berbagai sukubangsa dengan berbagai kearifan lokal,dan berbagai bencana alam yang pernah atau akan terjadi, termasuk gempa bumi, salah satu dari bencana alam yang sering terjadi. Tanggap terhadap bencana alam dapat dilakukan antisipasi melalui pertimbangan terhadap perhitungan dan tatacara mendirikan bangunan yang disyaratkan oleh standart bangunan (building code). Permasalahan yang ada, alam sebagai tempat kita berada, kadang tidak dijadikan teman untuk dipahami dan diikuti berbagai hal yang diperlukan atau dituntut, tetapi kadang alam diatur dan dibuat mengikuti kebutuhan atau kepentingan manusia. Satu cara untuk kenal tentang alam adalah kenali penerapan kearifan lokal yang ada secara berkelanjutan. Karya ilmiah ini bertujuan untuk menyadarkan kita bahwa kearifan lokal harus dilestarikan secara berkelanjutan sebagai sikap tanggap terhadap terjadinya bencana alam.Metoda yang digunakan adalah diskriptif kualitatif komparative,dengan membandingkan keadaan bangunan rumah tradisional di dua lokasi. Luaran digunakan untuk pengembangan dan perluasan kasanah pengetahuan tentang material,teknologi penggunaan dan pemanfaatan material secara berkelanjutan (terbarukan),teori ruang&kenyamanan , struktur-konstruksi,sistim penghawaan-suhu-kelembaban,pencahayaan, peningkatan kesehatan bangunan dan perpanjang usia pakai bangunandikaitkan pendekatan ekologi arsitektur,arsitektur hijau,arsitektur berkelanjutan. Diharapkan karya ilmiah dilanjutkan dengan penelitian lanjutan dan dimanfaatkan sebagai sumber inspirasi rancangan.

Kata Kunci : bencana alam, kearifan lokal, rumah tradisional,

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Buku

Indartoro,IKAMPUNG NAGA 1987.”A study of the relationship between beliefs,tradition and the pattern of a traditional village” Yogyakarta-Laboratory of the History-Development of Architecture.

Yudohusodo, Siswono. dkk 1991. Rumah Untuk Seluruh Rakyat. Jakarta: UP Bharakerta.

Maria, Siti, dkk 1995. Sistem Keyakinan Pada Masyarakat Kampung Naga dalam mengelola Lingkungan Hidup (Studi Tentang Pantangan dan Larangan). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Lippsmeier,George.1997.Tropical Building (terjemahan) Jakarta: Erlangga.

SaluraPurnama.2007.Menelusuri Arsitektur Masyarakat Sunda. Bandung:Ciptasastra-saluraPublisher

Frick,Heinz and Tri Hesti M.2006.Ecological Architecture Yogyakarta: Kanisius.

Sangkertadi.2012.Kenyamanan Termis di Ruang Luar Beriklim Tropis embap Bandung:Alfabeta.

Anwar, Hendi.2013. Ethnic House of Sundanese. Depok: Griya Creations.

Idham,NoorCholis.2016. Arsitektur Kenyamanan Termal.Yogyakarta: AndiPublisher.

Karyono, Tri Harso. 2016. Arsitektur Tropis: Jakarta. Erlangga

Dawson Barry and John Gillow (1994) -TheTraditional Architecture of Indonesia- Thames & Hudson Ltd London.

Jurnal

Susan Clare Roaf,-Natural Ventilation of Buildings in India-2001- Journal of Climate Responsive Architecture. ISBN 0-07-463218-3 Tata McGraw-Hill Publishing Company Limited. pp. 156.

Amin Sumadyo. H -Peranan Bahan dan jarak bangunan terhadap Kondisi Termal pada Rumah Tradisional Duku Pancot Tawangmangu – 2004 - KOMPOSISI Journal of Archhitecture,October.ISSN 1411-6618.Architecture Programme-Faculty of Engineering-Atmajaya University Yogyakarta Indonesia pp 131

Agung Wahyudi.dan C Widi Pratiwi – Efforts Sunda Traditional Building Design Approach for Local Wisdom, Green And Save (Upaya Perancangan Bangunan Tradisional Sunda Sebagai Pendekatan Kearifan Lokal, Ramah Lingkungan Dan Hemat Energi)– 2012- Journal of National Simposium RAPI XI 4 Mart ISSN 1412-9612 Engineering Faculty - Muhhamadyah University Surakarta Indonesia. pp A30

Gerarda Orbita Ida Cahyandari.-Tata Ruang dan Elemen Arsitektur pada Rumah Jawa di Yogyakarta sebagai Wujud Kategori pola Aktivitas dalam Rumah Tinggal-2012 - KOMPOSISI Journal of Archhitecture.October ISSN 1411-6618.Architecture Programme-Faculty of Engineering-Atmajaya University Jakarta Indonesia pp 103.

Tecky, Andrian, Yani dan Dita,TelaahPenghawaan Udara Alami pada Ruang Dalam Rumah Kuncen di Kampung Pulo, Online Jourrnal Institut Teknologi Nasional – Juni 2014, pp. 3.

HandajaniA, Aliviana Demami, Fajar Kurniawati,

The Influence of Micro Climate Aspect to Minimalist Landed Houses and Vernacular Stilt House -2017- Livase on line journal of Livable Space April 26th ISSN 2548-7515 Trisakti University Jakarta. at E-Journal@trisakti.ac.id pp 45. Kontributor: Dwita Hadi Rahmi http://arsitekturdanlingkungan.wg.ugm.ac.id/2015/11/20/pengaturan-penghawaan-dan-pencaha yaan-pada-bangunan/




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/lja.v1i1.2999

Refbacks



Department of Architecture
Faculty of Engineering and Computer Science
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Lakar: Jurnal Arsitektur is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License