SPACE PROGRAM FOR LEARNING LAB DESIGN BASED ON PARENTS’ TENDENCY TO ENCOURAGE CHILDREN’S MULTIPLE INTELLIGENCES

Daniel Fernando(1), Anisza Ratnasari(2*)

(1) Universitas Pradita
(2) Universitas Pradita
(*) Corresponding Author

Abstract


Saat ini pembelajaran di sekolah dasar cenderung menitikberakkan pada pengembangan beberapa kecerdasan anak, seperti; kecerdasan logika, verbal dan spasial. Padahal kecerdasan anak ini bersifat multi dimensi. Kecerdasan majemuk anak mencakup aspek logika, verbal, visual, musikal, kinestetik, naturalis, interpersonal, dan intrapersonal. Faktanya banyak akademi belajar menyediakan berbagai program menarik dengan mengintegrasikan kebutuhan pengembangan potensi anak. Studi ini bertujuan untuk menggembangkan program ruang perancangan akademi belajar dengan lingkungan belajar yang inklusif dan inovatif yang dapat menjadi wadah pengembangan potensi anak. Studi ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimental dengan metode deduktif. Melalui kuesioner yang disebarkan pada 97 orang tua yang anak-anaknya bersekolah di sekolah dasar swasta di Gading Serpong, ditemukan bahwa anak-anak menunjukkan minat dan potensi dalam beberapa kecerdasan tertentu. Pengenalan orang tua terhadap potensi anak-anak mereka ditunjukkan melalui preferensi mereka dalam memilih aktivitas tambahan di luar sekolah untuk mengembangkan potensi mereka. Usulan program ruang learning lab mencakup akademi bahasa, seni, dan komputer, sekolah musik, vokal dan tari serta akademi olah raga dan enticement park dengan program-program pendukung interaktif, integratif dan holistik dapat mendukung pengembangan kecerdasan majemuk anak. Dengan mengetahui preferensi orang tua terhadap aktivitas pendukung yang dibutuhkan anak-anaknya, diharapkan dapat muncul usulan-usulan program ruang untuk fungsi sebuah learning lab. Perancangan learning lab di Gading Serpong tersebut dapat diarahkan untuk menciptakan lingkungan belajar inovatif yang memberikan kesempatan bagi setiap anak untuk mengoptimalkan potensi mereka.

Keywords


Multiple intelligences; learning lab; learning laboratory; support activities; child development

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ardiana, R. (2022). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Pendidikan Anak Usia Dini. MURHUM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.65

Kadarwati, S. (2017). Mengembangkan Kecerdasan Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Berbasis Pendidikan Kreatif. Jurnal Studi Islam, 2(1), 43–66.

Lalujan, K. V., Krismayani, O., & Manajang, T. Y. (2019). Kecerdasan Anak Usia Dini ditinjau dari Perspektif Teori Kecerdasan Howard Gardner. OSFPREPRINTs, 1(1), 12–23.

Nulhakim, L., & Berlian, L. (2020). Investigation of Multiple Intelligence of Primary School Students. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(1), 101–113. https://doi.org/10.21831/jipi.v6i1.29478

Permana, A. S., Suryani, N., & Hidayat, R. (2022). Perancangan Sekolah Ramah Anak pada SDN Pondok Cina 1 dengan Pendekatan Fleksibilitas Ruang di Kota Depok. LAKAR Jurnal Arsitektur, 05(02), 141–153.

Pratama, F. M., & Suryani, N. (2020). Perancangan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak di Lingkungan Padat Penduduk. LAKAR Jurnal Arsitektur, 03(02), 112–117.

Prima, E. (2017). Penerapan Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences). YINYANG: Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 12(2), 213–233. https://doi.org/10.24090/yinyang.v12i2.2017.pp213-233

Rakhmawati, I. (2015). Mengembangkan Kecerdasan Anak melalui Pendidikan Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(1), 40–57. https://doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4729

Ratnasari, A. (2023). Peningkatan Kreativitas Anak Umur 7-8 Tahun melalui Pendampingan Sesi Aktivitas Ibadah Anak Daring. Servirisma: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 11–22. https://doi.org/https://doi.org/10.21460/servirisma.2023.31.26

Ratnasari, A., Diandra, N., Diandra, P. K., Mawarni, I. A. S. D., Michal, M., & Angelina, A. (2023). Membangun Kecerdasan Interpersonal Anak melalui Pendampingan Sesi Aktivitas Kelompok pada Ibadah Anak. Prosiding Sendimas, 8, 45–51.

Rofiah, N. H. (2016). Menerapkan Multiple Intelligences dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1), 69–79.

Sadiku, M. N. O., Musa, S. M., Ajayi-Majebi, A., & Adebo, P. O. (2020). Interpersonal Intelligence: An Introduction. International Journal of Trend in Research and Development, 7(4), 7–10.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/lja.v7i1.22347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Department of Architecture
Faculty of Engineering and Computer Science
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Lakar: Jurnal Arsitektur is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License