Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Bangun Datar Kelas VII SMP
(1) 
(2) Universitas Maritim Raja Ali Haji
(3) Universitas Maritim Raja Ali Haji
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan E-LKPD berbasis PBL yang valid, praktis dan efektif untuk melatih kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi bangun datar kelas VII SMP. Metode penelitian dalam penelitian adalah Research and Development (R&D) model pengembangan 4D. Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas VII.2 SMP Negeri 6 Tanjungpinang. Instrumen pengumpulan datanya adalah angket validasi, angket uji coba produk, dan tes kemampuan pemecahan masalah. Analisis data menggunakan statistik deskriptif yang dijelaskan menggunakan angka dan uraian kalimat. Diperoleh simpulan sebuah produk bahan ajar berupa E-LKPD yang valid, praktis dan efektif dengan berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk melatih kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun datar kelas VII SMP.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Aini, N. A., Syachruroji, A., & Hendracipta, N. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, Volume 2, 28–34.
Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Prosiding Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500.
Budi, T., Ramadhona, R., & Tambunan, L. R. (2021). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Gaya Belajar Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Students Online Journal, 2(2), 1568–1575.
Cahayana, R., Izzati, N., & Rosmery, L. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematis Kelas X di SMK Negeri 2 Tanjungpinang. 2013, 686–691.
Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 151–160.
Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846
Fitriyah, I. M. N., & Ghofur, M. A. (2022). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Android Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 18(2), 218–229. https://doi.org/10.21831/jep.v18i2.41224
Indriani, S. M., Artika, W. I., & Ningtias, W. R. D. (2021). Penggunaan Aplikasi Articulate Storyline Dalam Pembelajaran Mandiri Teks Negosiasi. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(1), 25–36.
Lisgianto, A., & Mulyatna, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Dimensi Tiga Berbasis Etnomatematika untuk SMK Teknik. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 15–28.
Lutvaidah, U., & Hidayat, R. (2019). Pengaruh Ketelitian Membaca Soal Cerita terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 179. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i2.4189
Mashuri, S. (2019). Media pembelajaran matematika. Yogyakarta: Deepublish.
Munika, R. D., Marsitin, R., & Sesanti, N. R. (2021). E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Disertai Kuis Interaktif Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Tadris Matematika, 4(2), 201–214. https://doi.org/10.21274/jtm.2021.4.2.201-214
Prastowo, A. Y., & Waluya, S. B. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Percaya Diri pada Model Project Based Learningdengan Asesmen Kinerja. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual, 3(3), 209–2017.
Rahmat, A. (2013). Pengantar Pendidikan Teori, Konsep, dan aplikasi. Journal of Chemical Information and Modeling, 9, 1689–1699.
Rianto, R. (2020). Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3. Indonesian Language Education and Literature, 6(1), 84. https://doi.org/10.24235/ileal.v6i1.7225
Suci, A. A. W., & Rosyidi, A. H. (2012). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pembelajaran Problem Posing Berkelompok. MATHEdunesa, 1(2), 1–8.
Susanti, Sri, & Nurfitriyanti, M. (2018). Pengaruh model realistic mathematics education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VII SMPN 154 Jakarta. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(2), 115–122. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v3i2.2260
Susanti, Susanti, Siregar, N. A. R., & Elvi, M. (2022). Efektivitas LKPD Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Kelas XI SMA. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 2(2), 44–53. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v2i2.197
Thiagarajan, S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children. A Sourcebook, Mc, 195.
Umaroh, U., Novaliyosi, & Setiani, Y. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik elektronik (e-lkpd) berbasis problem based learning untuk memfasilitasi kemampuan penalaran peserta didik pada materi lingkaran. WILANGAN: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 61–70.
Umbaryati. (2016). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. 2016: Prosiding Seminar Nasional Matematika IX 2015, 1(9), 217–225.
Zainal, N. F. (2022). Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(3), 3584–3593. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2650.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i2.18145
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Cherryn Oktavera, Linda Rosmery Tambunan, Susanti Susanti
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530