Kemandirian Belajar dan Self-Regulation Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Pembelajaran Berbasis Proyek
(1) 
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian belajar mahasiswa dalam penerapan project based learning pada mata kuliah Karya Ilmiah Pendidikan Matematika yang ditinjau dari rubrik self-regulation 21CLD. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa semester enam yang mengontrak mata kuliah Karya Ilmiah Pendidikan Matematika sebanyak 25 orang, yang akan dikategorikan menjadi mahasiswa dengan kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian setelah proses wawancara menunjukkan bahwa subjek penelitian yang kemandirian belajarnya di atas nilai rata-rata dan memiliki skor tertinggi untuk pernyataan dalam angket yang memenuhi rubrik self-regulation 21CLD memiliki kemandirian belajar yang baik dalam penerapan project based learning, serta mahasiswa dapat mengatur diri sendiri (self-regulation) dengan baik dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Anjarsari, W., Suchie, S., & Komaludin, D. (2021). Implementasi Pembelajaran Online Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. PRISMA, 10(2), 255–263. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1639
Aswan, N., & Fadhillah, Y. (2022). PENERAPAN MODELPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DASAR MAHASISWA. Jurnal ESTUPRO, 7(2), 31–37. https://jurnal.ugn.ac.id/index.php/ESTUPRO/article/view/933
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran. CV Kaaffah Learning Center.
Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid -19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147–154. https://doi.org/10.21009/pip.342.9
Huda, M. N., Mulyono, Rosyida, I., & Wardono. (2019). Kemandirian Belajar Berbantuan Mobile Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 798–806.
Indah, R. P., & Farida, A. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 41–47. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i1.1641
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2016). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Maudiarti, S. (2018). Penerapan e-learning di perguruan tinggi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 51–66. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/PIP.321.7
Microsoft. (2022). Design Learning Experiences with the Self-Regulation Rubric.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd ed.). SAGE.
Mulyatna, F., & Nofiansyah, W. (2019). Error patterns in determining combined probability functions from continuous random variables. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012111
Munahefi, D. N., Waluya, S. B., & Rochmad. (2018). Analysis of Creative Mathematic Thinking Ability in Problem Based Learning Model Based on Self-Regulation Learning. Journal of Physics: Conference Series, 983(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012161
Puspasari, R. (2017). Implementasi Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemandirian dan Prestasi Belajar Mahasiswa dalam Pembuatan Alat Peraga Matematika Inovatif. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 10–22. https://doi.org/10.33654/math.v3i1.51
Putra, H. D., & Purwasih, R. (2015). Meningkatkan Prestasi Belajar dan Keaktifan Mahasiswa Melalui Project Based Learning. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 2(2), 128–136. https://doi.org/10.22460/p2m.v2i2p128-136.156
Rahmatia, R., & Armin, R. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Mistar Hitung pada Operasi Bilangan Bulat. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 35–42. https://www.ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/article/view/193
Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 60–71. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9059
Sari, D. P. (2014). Mengembangkan Kemampuan Self Regulation: Ranah Kognitif, Motivasi, dan Metakognisi. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 16–39. https://doi.org/10.33387/dpi.v3i2.135
Sidabutar, R. (2021). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Classroom Dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(2), 344–352. https://pdfs.semanticscholar.org/4902/33d3aa6bd4bf62a9e8f842dd22ac2069592d.pdf
Silfiana, T. (2020). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemandirian Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP PGRI 6 Gandrungmangu 2. In Skripsi.
Susilo, G., & Pancarani, N. (2020). Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended Learning Mata Kuliah Kalkulus Lanjut Era Pandemi Covid-19. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 37–48. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.7622
Werdiningsih, C. E., & Khoerunisa, L. (2021). Pengaruh Habits of Mind dan Kemandirian Belajar Siswa terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(1), 85–94. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i1.9942
Wiratomo, Y., & Mulyatna, F. (2020). Use of Learning Management Systems in Mathematics Learning during a Pandemic. Journal of Mathematical Pedagogy (JoMP), 1(2), 62–71. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jomp.v1n2.p%25p
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.13074
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Adisha Dwiputri, Heni Pujiastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530