Hubungan Sikap Siswa SMA terhadap Matematika dan Prestasi Belajarnya

Ramlan Rida B.(1*), Syamsuri Syamsuri(2)

(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah terdapat hubungan antara sikap siswa SMA terhadap matematika dengan prestasi belajarnya (2) faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi hubungan antara sikap siswa SMA terhadap matematika dengan prestasi belajarnya. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan menggunakan sequential explanatory design. Sempel penelitian sebanyak 12 dari 59 sekolah negeri yang ditentukan dengan proportional stratified random sampling. Data kuantitatif diperoleh dari kuesioner dan nilai raport matematika sedangkan data kualitatif dari wawancara semi terstruktur. Analisis data mengunakan analisis regresi linear sederhana dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukan bahwa sikap terhadap matematika memiliki korelasi positif dan signifikan dengan prestasi belajarnya. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhinya seperti metode guru dalam mengajar, tingkat kesulitan isi pembelajaran, dukungan dari guru dan lingkungan kelas, dan motivasi diri atau keinginan dirinya untuk berkarir dan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi di masa yang akan datang.

Keywords


Mathematics; Learning; Achievement;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Alpacion, N. J. D., Camañan, C. T., Gregorio, A. J. L., Panlaan, J. M. R., & Tudy, R. A. (2014). Attitude, Self-Efficacy and Students’ Academic Performance in Mathematics. IAMURE International Journal of Social Sciences, 12(1).

Ayob, A., & Yasin, R. M. (2017). Factors Affecting Attitudes Towards Mathematics. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(11), 1100–1109.

Barroso, C., Ganley, C. M., Mc Graw, A. L., Geer, E. A., Hart, S. A., & Daucourt, M. C. (2020). Meta-Analysis of the Relation Between Math Anxiety and Math Achievement. Psychological Bulletin, 2(147), 134–168.

Bilican, S., Demirta?li, R. N., & Kilmen, S. (2011). The Attitudes and Opinions of the Students Towards Mathematics Course: The Comparison of TIMSS 1999 and TIMSS 2007. Kuram ve Uygulamada Egitim Bilimleri, 11(3), 1277–1283.

Blazer, D., & Kraft, M. A. (2017). Teacher and Teaching Effects on Students’ Attitudes and Behaviors. Educational and Evaluation and Policy Analisis, 39(1), 146–170.

Cerbito, A. F. (2020). Comparative Analysis of Mathematics Proficiency and Attitudes Toward Mathematics of Senior High School Student. International Journal of Scientific and Research Publications (IJSRP), 10(05), 211–222.

Elo, S., & Kyngäs, H. (2008). The qualitative content analysis process. Journal of Advanced Nursing, 62(1), 107–115. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/j.1365-2648.2007.04569.x

Fenanlampir, A., Batlolona, J. R., & Imelda, I. (2019a). The Struggle of Indonesian Students in the Context of TIMSS and PISA has Not Ended. International Journal of Civil Engineering and Technology, 10(2), 393–406.

Fenanlampir, A., Batlolona, J. R., & Imelda, I. (2019b). The Struggle of Indonesian Students In the Context of TIMSS and PISA has Not Ended. International Journal of Civil Engineering and Technology, 10(2), 393–406.

Hamed, S., Bahari, P., & Abdullah, A. G. K. (2008). Korelasi antara Persekitaran Pembelajaran Matematik, Sikap Pelajar Terhadap Matematik, dan Pencapaian Pelajar dalam Matematik: Satu Kajian Kes. Esteem, 4(2), 91–103.

Isharyadi, R., & Deswita, H. (2017). Pengaruh Mathematical Beliefs terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 1–10.

Ismah, & Wibiastuti, E. (2015). Pengaruh Letak Geografis Sekolah Terhadap Konsentrasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. FIBONACCI Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 1(2), 80–94.

Ismiyah, S., Nindiasari, H., & Syamsuri, S. (2020). Pengaruh Pendekatan Metakognitif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sma Berdasarkan Tahap Perkembangan Kognitif. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 2(1), 1.

Lidia Lomu, S. A. W. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 745–751.

Lin, Y.-T., Wen, M.-L., & Wu, D.-W. (2014). A cloud-Based Learning Environment for Developing Student Reflection Abilities. Computers in Human Behavior, 32, 244–252.

Majeed, A. A., Gusti, I., Darmawan, N., & Lynch, P. (2013). A Confirmatory Factor Analysis of Attitudes Toward Mathematics Inventory (ATMI). The Mathematics Educator, 15(1), 121–135.

Mazana, M. Y., Montero, C. S., & Casmir, R. O. (2018). Investigating Students’ Attitude towards Learning Mathematics. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 207–231.

Menon, V. (2016). Working Memory in Children’s Math Learning and its Disruption in Dyscalculia. Current Opinion in Behavioral Sciences, 10, 125–132.

Mensah, J. K., M., O., & Kuranchie, A. (2013). Student Attitude Towards Mathematics and Performance : Does the Teacher Attitude Matter ? Journal of Education and Practice, 4(3), 132–139.

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., Kelly, D. L., & Fishbein, B. (2019). Highlights TIMSS 2019: International Results in Maths and Science. 32.

OECD. (2019). PISA 2018 Results : What Students Know and Can do: Vol. I (PISA). Paris: OECD Publishing.

Pradika, L., & Syamsuri, S. (2019). Pengaruh Diskusi Kelompok Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Sikap Dan Hasil Belajar Siswa Smp Di Kota Serang. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 1(1), 47.

Purnomo, Y. (2017). Pengaruh Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika dan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 93.

Rahmahyanti, S., Hairunnisa, & Sabiruddin. (2019). Komunikasi Komunitas 1000 Guru Samarinda Dalam Proses Belajar Mengajar. EJournal Ilmu Komunikasi, 7(3), 86–97.

Rohmat, A. N., & Lestari, W. (2019). Pengaruh Konsep Diri dan Percaya Diri terhadap Kemampuan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 73.

Schleicher, A. (2019). PISA 2018: Insights and Interpretations. OECD.

Setiawan, A. W. (2019). Pendidikan Guru Berbasis Nilai Dengan Mengkaji Penyelenggaraan Guru di Negara Lain dalam Mewujudkan Visi Kurikulum Indonesia yang Mencerdaskan 2030. Geoarea, 2(1).

Sumaryanta, S., Priatna, N., & Sugiman, S. (2019). Pemetaan Hasil Ujian Nasional Matematika. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 6(1), 543–557.

Tanujaya, B., Prahmana, R. C. I., & Mumu, J. (2017). Mathematics instruction, problems, challenges and opportunities: a case study in Manokwari Regency, Indonesia. World Transactions on Engineering and Technology Education, 15(3), 287–291.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.13068

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ramlan Rida B, Syamsuri Syamsuri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter