Pengaruh Persepsi Atas Media Sosial Dan Kemampuan Bersosialisasi Terhadap Perilaku Sosial Pada SMA Negeri Di Kabupaten Karawang

Ray Al Sayyid Al Hakim(1*), Soeparlan Kasyadi(2), Heru Suparman(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1). Pengaruh persepsi atas media sosial terhadap perilaku sosial di SMA Negeri di Kabupaten Karawang. 2). Pengaruh kemampuan bersosialisasi terhadap perilaku sosial di SMA Negeri Kabupaten Karawang. 3). Pengaruh persepsi atas media sosial terhadap kemampuan bersosialisasi di SMA Negeri Kabupaten Karawang. 4). Pengaruh persepsi atas media sosial dan kemampuan bersosialisasi secara bersama-sama terhadap perilaku sosial. Berdasarkan hasil hipotesis dan analisa data disimpulkan sebagai berikut : 1).  Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media sosial terhadap perilaku sosial. Hal ini dibuktikan thitung­ = 89,521. 2). Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan bersosialisasi terhadap perilaku sosial. Hal ini dibuktikan thitung = 97,603. 3). Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media sosial terhadap kemampuan bersosialisasi. Hal ini dibuktikan t­hitung 12,184. 4). Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media sosial dan kemampuan bersosialisasi secara bersama-sama terhadap perilaku sosial. Hal ini dibuktikan thitung 7,45 > ttabel 1,684.


Full Text:

PDF

References


Abdillah, L. A. (2022). Peranan Media Sosial Modern. Palembang: Bening Media Publishing 2022.

Alizamar & Dkk. (2016). Psikologi Persepsi dan Desain Infomasi (Sebuah Kajian Psikologi Persepsi dan Prinsip Kognitif untuk Kependidikan dan Desain Komunikasi Visual). Yogyakarta: Media Akademi.

Azhari Harahap, I., Yusdi Arwana, N., & Wahyu Tami Br Rambe, S. (2020). Teori dalam Penelitian Media. Edukasi Nonformal, 3(2), 136–140.

https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/download/4470/1791/

Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas dan Reliabilitas Penelitian Dilengkapi Analisis dengan NVIVO, SPSS dan AMOS. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Cahyono, A. S. (2020). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT DI INDONESIA. 5(2), 202–225. https://doi.org/10.32923/asy.v5i2.1586

Dayakisni, T., & Hudainah. (2012). Psikologi Sosial. Malang: UMM Press.

Edrisy, I. F., & dkk. (2022). Pengantar Sosiologi. Bandarlampung Pusaka Media.

Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Irwan, & Dkk. (2021). Pengantar Sosiologi Umum. Yogyakarta: Deepublish.

Jafar, W. A. (2019). Pengaruh Masyarakat Terhadap Urgensi Fiqh Moderat. Bengkulu: Penerbit Vanda.

Liedfray, T., Waani, F. J., & Lasut, J. J. (2022). Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Tombatu Timur Kabupaten Minasa Tenggara. Jurnal Ilmiah Society, 2(1), 2.

Masdudi. (2015). Aplikasi Psikologi Perkembangan Dalam Perilaku Sosial Individu. Cirebon: Eduvision.

Meiningsih, S. (2018). Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial dalam Lembaga Pemerintah. Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatik.

Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang: Pascal Books.

Qomaroh, R. E., & Jacky. (2020). REPRESENTASI PERILAKU SOSIAL KOMUNITAS MOTOR CB SURABAYA. July, 1–23.

https://media.neliti.com/media/publication/248972-representasi-perilaku-sosial-komunitas-m-170af5d9.pdf

Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: KBM Indonesia.

Salah, A. A. (2018). Pengantar Psikologi. Makassar: Aksara Timur.

Setiadi, A. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektivitas Komunikasi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA), 2(3), 650–656. https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i3.4525

Syam, N. W. (2012). Sosiologi Sebagai Akar Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Widodo, S., Ladyani, F., & Dkk. (2023). Buku Ajar Metode Penelitian. Pangkal Pinang: CV Science Techno Direct.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i3.25695

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ray Al Sayyid Al Hakim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.