Pengaruh Persepti Atas Metode Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Sejarah

Ahmad Tirtayasa(1*)

(1) SMK Kesehatan Amaliah Cibinong
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh persepsi atas metode pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Sejarah siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. (2) Pengaruh persepsi atas metode pembelajaran terhadap prestasi belajar Sejarah siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. (3) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar Sejarah siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Swasta Insan Kreatif Cibinong, SMK Kesehatan Amaliah Cibinong Kabupaten Bogor yang berjumlah 740 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 74 orang siswa yang  dipilih secara random. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan teknik korelasional. Analisi data dioleh menggunakan SPSS 19. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi atas metode pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Sejarah siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas metode pembelajaran terhadap prestasi belajar Sejarah siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Sejarah siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor.


Keywords


Persepsi, metode pembelajaran, motivasi belajar, prestasi belajar sejarah

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi PembelajaranPrinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Arisana, A. L., & Ismani, I. (2012). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Dan Persepsi Siswa Tentang Kualitas Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi Ips Man Yogyakarta Ii Tahun Ajaran 2011/2012.

Amaliah, D. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Unindra Press.

Bahri Djamarah, Syaiful. 2006. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Cahyo, KN,. Martini,. & Riana, E. (2019). Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Kuesoner Pelatihan Pada PT Brainmatics Cipta Informatika. Journal of Information System Research (JOSH). Volume 1. Nomor 1, 45-54.

Dimyati dan Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Degeng, I.N.S. 1989. Ilmu Pengajaran Taksonomi Variaabel. Depsikbud, Diden Pendidikan Tinggi. Proyek Pengembangan LPTK, Jakarta.

Deswita, A. P., & Dahen, L. D. (2013). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Gaya Mengajar Guru Dan Program Keahlian Akuntansi Siswa Kelas X Di Smkn 1 Sawahlunto. ECONOMICA Journal of Economic and Economic Education, 2(1), 1–10.

Emily R. Lai, "Motivation: A Literature Review, Research Report", Pearson, April 2011, pp. 2, 14

Gumantan, A., Mahfud, A., & Yuliandra, R. (2020). Pengembangan Aplikasi Pengukuran Tes Kebugaran Jasmani Berbasis Android. Jurnal Ilmu Keolahragaan. Volume 19. Nomor 2, 196-205.

Hapsari, Sri,. & Heryani, RD. (2019). Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Unindra Press.

Haditono, S.R. 1988. Psikologi Perkembangan. Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Hasanah, H. (2016). Teknik-Teknik Observasi. Jurnal at-Taqaddum. Volume 8. Nomor 1, 21-46.

Hilaliyah, H. (2015). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Atas Bahasa Indonesia dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 116.

Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2), 22–42. https://doi.org/10.21831/jpai.v10i2.911

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2018 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Mendikbud

M. Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006).

M Dalyono. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

M. Ngalim Purwanto. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhibbin Syah. (2008). Psikologi Pendidikan dengan Pendidikan Baru Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Musthofa, NA,. Mutrofin, S,. & Murtadho MA. (2016). Implementasi Quick Response QE) Pada Aplikasi Validasi Dokumen Menggunakan Perancangan Unified Modelling Languange (UML). Jurnal Antivirus. Volume 10. Nomor 1, 42-50.

Nana Sudjana.1988, Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar, Sinar Baru, Bandung

Nana Sudjana. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algasindo.

Nurmala, DA., Tripalupi, LE., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Volume 4. Nomor 1, 1-10.

Sardiman A.M, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2007)

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta.

Suparman, Alwi. 1996. Desain Instruksional. Universitas Terbuka. Jakarta.

Sumadi Suryabrata. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Syaodih, R. N. (1996). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Renika Cipta.

Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional.(2009). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 Tentang SistemPendidikan Nasional. Bandung: Rhusty Publisher.

Ramlah, Firmansyah, & Zubair, H. (2014). Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika ( Survey Pada SMP Negeri di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang). Jurnal Ilmiah Solusi, 1(3), 68–75.

Rasyid, H., & Mansur. (2007). Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Wacana Prima.

Syamsul Hadi, F. S. F. (2012). Pengaruh Minat, Kemandirian, Dan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Vii Smp Negeri 5 Ungaran. Dinamika Pendidikan, 7(1), 8–13. https://doi.org/10.15294/dp.v7i1.4913

Waspodo, A., Handayani, NC., & Paramita, W. (2013). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Stres Kerja Terhadap Turnover Intention Ppada Karyawan PT. Unitex di Bogor. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia. Volume 4. Nomor 1, 97-115.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i3.20248

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ahmad Tirtayasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.