Pengaruh Persepsi Atas Metode Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi (Survey Pada SMA Negeri Di Jakarta Selatan)
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui 1) Pengaruh persepsi atas metode pembelajaran dan minat belajar terhadap Prestasi Belajar mata pelajaran Ekonomi siswa di SMA Nebw3geri di Jakarta Selatan. 2) Pengaruh persepsi siswa atas metode pembelajaran terhadap Prestasi Belajar mata pelajaran Ekonomi siswa di SMA Negeri di Jakarta Selatan. 3) Pengaruh minat belajar terhadap Prestasi Belajar mata pelajaran Ekonomi siswa di SMA Negeri di Jakarta Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik korelasional regresi linier berganda dengan jumlah sampel 60 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi atas Metode Pembelajaran dan Minat Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Ekonomi. siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Jakarta Selatan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 17,498. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi atas Metode Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Ekonomi siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Jakarta Selatan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 3,826. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Jakarta Selatan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai Sig = 0,018 < 0,05 dan thitung = 2,446.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Dimyati dan Mudiono. (2006) Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Asdi Mahasatya.
Djamarah SB dan Zain, A (2006), Strategi Belajar Mengajar, Jakarta:PT Rineka Cipta
Gay, Robins. (2003). Metode Penelitian. Bandung : Rajawali
Hamzah B.Uno, Profesi Kependidikan Problema, Solusi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia, (Cet.IV, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009), h.17
Kartono, Kartini. (2005). Psikologi Umum. Yogyakarta : Kanisius
Kerlinger. (2000). Azas-azas Penelitian Behavior. Terjemahan Landung R. Simatupang. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.
Purwanto, N. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung : Bina Ilmu
Sardiman A.M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: CV Rajagrafindo Persada.
Singarimbun, M dan Effendi, S.(2006). Metode Penelitian Survai, Jakarta : LP3ES.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. (2005). Metoda Statistik. Bandung : Tarsito.
Usman, M.U (2013) Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakaya
Winkel, W.S.(2006). Psikologi Pengajaran, Jakarta : Grasindo.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i3.10840
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nur Edoh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |