Pengaruh Persepsi Atas Metode Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi (Survey Pada SMA Negeri Di Jakarta Selatan)

Nur Edoh(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Rahayu Permana(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui 1) Pengaruh persepsi atas metode pembelajaran dan minat belajar terhadap Prestasi Belajar mata pelajaran Ekonomi siswa di SMA Nebw3geri di Jakarta Selatan. 2) Pengaruh persepsi siswa atas metode pembelajaran terhadap Prestasi Belajar mata pelajaran Ekonomi siswa di SMA Negeri di Jakarta Selatan. 3) Pengaruh minat belajar terhadap Prestasi Belajar mata pelajaran Ekonomi siswa di SMA Negeri di Jakarta Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik korelasional regresi linier berganda dengan jumlah sampel 60 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi atas Metode Pembelajaran  dan Minat Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Ekonomi. siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Jakarta Selatan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan  Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 17,498. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi atas Metode Pembelajaran  terhadap Prestasi Belajar Ekonomi siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di  Jakarta Selatan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 3,826. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di  Jakarta Selatan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai Sig = 0,018 < 0,05 dan thitung = 2,446.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Dimyati dan Mudiono. (2006) Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Asdi Mahasatya.

Djamarah SB dan Zain, A (2006), Strategi Belajar Mengajar, Jakarta:PT Rineka Cipta

Gay, Robins. (2003). Metode Penelitian. Bandung : Rajawali

Hamzah B.Uno, Profesi Kependidikan Problema, Solusi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia, (Cet.IV, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009), h.17

Kartono, Kartini. (2005). Psikologi Umum. Yogyakarta : Kanisius

Kerlinger. (2000). Azas-azas Penelitian Behavior. Terjemahan Landung R. Simatupang. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Purwanto, N. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung : Bina Ilmu

Sardiman A.M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: CV Rajagrafindo Persada.

Singarimbun, M dan Effendi, S.(2006). Metode Penelitian Survai, Jakarta : LP3ES.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. (2005). Metoda Statistik. Bandung : Tarsito.

Usman, M.U (2013) Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakaya

Winkel, W.S.(2006). Psikologi Pengajaran, Jakarta : Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i3.10840

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nur Edoh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.