Hubungan Konsep Diri dan Pengetahuan Lingkungan dengan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik di SMA
(1) 
(2) Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dan pengetahuan lingkungan dengan sikap peduli lingkungan peserta didik SMA. Metode yang digunakan yaitu dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi peserta didik berjumlah 570 peserta didik dengan sampel sebanyak 129 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Simple Random Sampling (teknik sampel acak sederhana) dengan tiga instrumen: satu berupa tes dan dua kuesioner. Tes digunakan untuk mengukur pengetahuan lingkungan dan kuesioner digunakan untuk mengukur konsep diri dan sikap peduli lingkungan peserta didik. Analisis data menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment dan uji korelasi ganda. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara konsep diri dengan sikap peduli lingkungan peserta didik SMA, (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara pengetahuan lingkungan dengan sikap peduli lingkungan peserta didik SMA, (3) dan terdapat hubungan positif dan signifikan antara konsep diri dan pengetahuan lingkungan dengan sikap peduli lingkungan peserta didik SMA.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Adisusilo, S. (2012). Pembelajaran Nilai-Karakter. Rajawali Press: Jakarta.
Ahmadi, R., Subakti, A., & Jalmo, T. (2018). Hubungan pengetahuan lingkungan hidup dengan sikap peduli lingkungan hidup. Jurnal Bioterdidik, 6(2), 1-10.
Apriliyanti, A., Mudjiran., & Mursyid. (2016). Hubungan konsep diri siswa dengan tingkah laku sosial siswa. Jurnal Educatio, 2(2), 25–29.
Fauzi, M. I. (2012). Hubungan Pengetahuan Lingkungan terhadap Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan pada Siswa SMA Kelas XI di Kabupaten Karanganyar. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Ibda, F. (2015). Perkembangan kognitif teori Jean Piaget. Jurnal Intelektualitas, 3(3), 27–28.
Mardiyah, S. (2018). Laporan Indeks Perilaku Ketidakpedulian Lingkungan Hidup Indonesia 2018. BSR-RI/BPS-Statistik Indonesia: Jakarta.
N Kurnia, A., Mustami, M. K., & Wiharto, M. (2018). Hubungan antara Pengetahuan dan Penerimaan Informasi dengan Sikap dan Perilaku Peserta Didik terhadap Lingkungan Hidup. In Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya (pp. 172–182). Makassar, Indonesia: Universitas Negeri Makassar.
Nirmalawati, N. (2011). Pembentukan konsep diri pada siswa pendidikan dasar dalam memahami mitigasi bencana. Jurnal SMARTek, 9(1), 61–69.
Priadi, A. (2017). Hubungan antara pola asuh dan konsep diri dengan perilaku lingkungan mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan, 18(1), 1–13.
Sali, G., Koruckcu, O., & Akyol, A. K. (2015). Research on the environmental knowledge and environmental awareness of Preschool Teachers European. European Journal of Research on Education, 3(1), 69–79.
Saputro, D., Rintayati, P., & Supeni, S. (2016). Hubungan pengetahuan lingkungan hidup, tingkat sosial ekonomi dan tingkat pendidikan terhadap sikap peduli lingkungan. Jurnal GeoEco, 2(2), 128–136.
Sinarmata, B., Daulae, A. H., & Raihana, R. (2012). Hubungan tingkat pengetahuan lingkungan hidup dengan sikap peduli lingkungan siswa. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(4), 204–210.
Soemarwoto, O. (1991). Indonesia dalam Kancah Isu Lingkungan Global. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.
Surya, H. (2014). Cara Luarbiasa Membuat “PEDE” (Percaya Diri) Anak. Elex Media Komputindo: Jakarta.
Wahyunianto, S. (2019). Implementasi Pembiasaan Diri dan Pendidikan Karakter (Sebagai Pengantar). Deepublish: Yogyakarta.
Yulianthi, Y. (2019). Ilmu Sosial Budaya Dasar. Deepublish: Yogyakarta.
Zuchdi, D. (1995). Pembentukan sikap. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3, 51–63.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/edubiologia.v1i2.9956
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 EduBiologia: Biological Science and Education Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publish by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI
Editorial Office
Jl. Nangka No. 58 C Tanjung Barat Jagakarsa Jakarta Selatan
email: edu.biologia@unindra.ac.id atau edubiologiabsej@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.