Analisis Kompetensi Mahasiswa Calon Guru Biologi dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Ita Ita(1*)

(1) UIN Antasari Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Abstract


Perencanaan pembelajaran merupakan bagian yang mendukung suksesnya kegiatan belajar mengajar di kelas. Guru sebagai pengelola pembelajaran harus memiliki kompetensi yang baik dalam melakukan perencanaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi mahasiswa calon guru biologi dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran. Penelitian dilaksanakan pada 33 orang mahasiswa pengikut mata kuliah Perencanaan Pembelajaran Biologi pada Program Studi Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin pada bulan September-Desember 2020. Kompetensi mahasiswa calon guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dideskripsikan secara kategorikal dengan mengacu pada nilai rata-rata selama beberapa kali penugasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi mahasiswa calon guru terbagi menjadi beberapa kategori. Sebanyak 3.03% termasuk dalam kategori kurang baik, 27.27% tergolong kategori baik dan 69.70% terkategori sangat baik.


Keywords


Kompetensi; mahasiswa; rencana pelaksanaan pembelajaran

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anugrahana, A. (2019). Hambatan guru SD dalam penyusunan SPP (Subject Specific Pedagogy) SSP kurikulum baru di sekolah. Satya Widya, 35(2), 86-97.

Dewi, R. P., & Septina K. (2018). Kemampuan menyusun perangkat rencana pelaksanaan pembelajaran mahasiswa program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia angkatan 2014 tahun akademik 2016/2017. Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia (PIBSI), 40, 633-648.

Ernawati., & Rini, S. (2017). Analisis kesulitan guru dalam merancang rencana pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran fisika berdasarkan Kurikulum 2013 di Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 49-56.

Febriana, F., Hajidin., & Mahmud. (2016). Kompetensi guru dalam perencanaan pembelajaran di SDN 2 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Prodi PGSD FKIP Unsyiah, 1(1), 40-50.

Gallego, R. M. (2007). Lesson Planning in Primary and Secondary Education (pp. 1-36). https://www.scribd.com/document/423870291/Lesson-Planning.

Hakim, A. (2015). Contribution of competence teacher (pedagogical, personality, professional competence and social) on the performance of learning. The International Journal of Engineering and Science (IJES), 4(2), 1-12.

Iskandar. (2018). Upaya peningkatan kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) melalui supervisi klinis di Sekolah Dasar Negeri 001 Panipahan Kabupaten Rokan Hilir. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran), 2(3), 324-330.

Japemar., Rusdinal., & Fauzan, A. (2020). Improving teacher's pedagogic competence in preparing lesson plan through academic supervision. Proceedings of the 2nd International Conference Innovation in Education (ICoIE), 504, 269-272.

Jayanti, U. N. A. D., Miza, N. A., & Khairuna. (2020). Profil keterampilan menyusun skenario pembelajaran mahasiswa calon guru biologi perguruan tinggi keagamaan. Jurnal Biolokus, 3(1), 265-279.

Kaimuddin, M. (2011). Penyusunan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan penerapan Media Teknologi bagi Peserta Dididik di SD Inpres Paccerakkang Daya Makassar. Skripsi. Universitas Islam Alauddin Makassar.

Kartika, Y., Usodo, B., & Pramudya, I. (2019). Design analysis of mathematics teacher lesson plans based on higher order thinking. Proceeding 1st International Conference on Progressive Civil Society (IConProCS 2019), 317, 130-133.

Kartowagiran, B. (2011). Kinerja guru profesional (guru pasca sertifikasi). Cakrawala Pendidikan, 3, 463-473.

Kinasih, A. M. (2017). Problematika Guru dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran di SD Muhammadiyah 14 Surakarta. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kunter, M., Klusmann, U., Baumert, J., Richter, D., Voss, T., & Hachfeld, A. (2013). Professional competence of teachers: effects on instructional quality and student development. Journal of Educational Psychology, 105(3), 805-820.

Kurniawati, S. (2018). Analisis Kesulitan Guru IPA Biologi dalam Mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran IPA Biologi MTs Negeri Kelara Kabupaten Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan. Skripsi. Universitas Islam Alauddin Makassar.

Yuswono, L. C., Martubi., & Sukaswanto. (2014). Profil kompetensi guru sekolah menengah kejuruan teknik otomotif di Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(2), 173-183.

Maolana, A. D. (2018). Peningkatan kompetensi guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran melalui in house training. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(5), 953-969.

Mehram. (2018). Peningkatan kemampuan guru kimia dalam menyusun RPP integrasi kecakapan abad-21 dengan pembimbingan berkelanjutan pada SMA Binaan Kota Banda Aceh. Serambi Akademica, 6(2), 71-76.

Natalina, M., Darmawati., & Yarini, D. G. (2016). Analisis kemampuan menyusun perangkat pembelajaran mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau pada Mata Kuliah PPL II T.A 2013/2014. Biogenesis, 12(2), 57-64.

Nurhaliza, S. (2020). Identifikasi Kesulitan Guru dalam Menyusun RPP Kimia Kurikulum 2013 oleh Guru pada Madrasah Aliyah Pidie Jaya. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Nurtanto, M., Kholifah, N., Masek, A., Sudira, P., & Samsudin, A. (2021). Crucial problems in arranged the lesson plan of vocational teacher. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 345-354.

Palobo, M., Murni, S., & Inggrid, M. (2018). Analysis of teachers’ difficulties on developing curriculum 2013 lesson plans. Proceeding 1st International Conference on Social Sciences (ICSS 2018), 226, 1319-1324.

Rahayuni, G., & Muniriyanto. (2017). Analisis kemampuan mahasiswa PGSD Unugha dalam menyusun Pencana Pelaksanaan Pembelajaran IPA kelas atas sesuai standar Kurikulum 2013. Jurnal Pancar, 1(2), 38-45.

Sa’bani, F. (2017). Peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP melalui kegiatan pelatihan pada MTs Muhammadiyah Wonosari. Jurnal Pendidikan Madrasah, 2(1), 13-22.

Shen, J. (2007). Lesson planning: a practice of professional responsibility and development. Educational Horizons, 85, 248-260.

Straessle, J. M. W. (2014). Teachers' Perspectives of Effective Lesson Planning: A Comparative Analysis. Dissertations. The College of William and Mary.

Susena., Triwahyuningsih., Supriyadi., & Arief, D. B. (2016). Kesulitan-kesulitan guru dalam mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kurikulum 2013 di SMP se Kota Yogyakarta. In Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive and Fun Education Seminar) Ke-1 (pp. 220-233). Surakarta, Indonesia: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Susetya, B. (2017). Meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun silabus dan RPP melalui supervisi akademik di SDN Gambiran Yogyakarta tahun 2016. Jurnal Taman Cendekia, 1(2), 134-141.

Wulandari, E. (2019). Profil kemampuan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran saintifik oleh calon guru matematika. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(2), 30-37.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/edubiologia.v1i2.9693

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 EduBiologia: Biological Science and Education Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publish by

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Indraprasta PGRI

Editorial Office

Jl. Nangka No. 58 C Tanjung Barat Jagakarsa Jakarta Selatan

email: edu.biologia@unindra.ac.id atau edubiologiabsej@gmail.com

Garuda Ristekdikti

isjd drji pkp index

isjd Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


pkp index