Analisis Sequential Exploratory Kemampuan Berpikir Analisis dalam Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Ciawi

Nanda Khairunnisa(1*), Susi Sutjihati(2), Rita Retnowati(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Pakuan
(3) Universitas Pakuan
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian mixed method-exploratory. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor dominan (variabel temuan) yang mempengaruhi kemampuan berpikir analisis serta bagaimana hubungan antara variabel temuan (variabel independen) dengan kemampuan berpikir analisis. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret hingga Juli 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Ciawi tahun akademik 2017/2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 127 siswa. Berdasarkan hasil wawancara didapatkan variabel temuan yaitu minat belajar (X1) dan efektivitas pembelajaran (X2). Setelah dilakukan uji korelasi product moment person diperoleh hasil terdapat hubungan positif dalam kategori sedang antara X1 dengan Y ditunjukkan oleh koefisien korelasi ry1 sebesar 0,45 dan hubungan positif kategori sedang antara X2 dengan Y ditunjukkan oleh koefisien korelasi ry2 sebesar 0,43. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa faktor dominan yang mempengaruhi kemampuan berpikir analisis adalah minat belajar (X1) dan efektivitas pembelajaran (X2). Kedua variabel temuan tersebut memiliki hubungan positif kategori sedang dengan kemampuan berpikir analisis.


Keywords


Analytical thinking; Ability learning; Effectivity

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Amer, A. (2005). Analytical Thinking. Mesir, Capscu.

Dwijandono, P. I. (2013). Kemampuan Analisis sebagai Bekal Bernalar Kritis. Malang Pos: Malang.

Hamid, M. Ch. (2013). Efektivitas pembelajaran PAKEM di Sekolah Dasar negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar. Jurnal Pencerahan, 7(1), 1-6.

Jatnika, R., Setwowibowo, H., Abidin, F.A., & Rubiyanti, Y. (2008). Model corak berpikir analisis pada mahasiswa berdasarkan kesesuaian gaya belajar mahasiswa dengan gaya mengajar dosen dan metode mengajar dosen. Sosiohumaniora, 10(3), 56-75.

Kambuaya, C. (2013). Pengaruh motivasi, minat, kedisiplinan dan adaptasi diri terhadap prestasi belajar siswa program afirmasi pendidikan menengah asal Papua dan Papua Barat di Kota Bandung. Social Work Jurnal, 5(2), 157-166.

Kencanawaty, G. (2016). Pengaruh metode pembelajaran kooperatif dan minat belajar terhadap kemampuan berpikir kritis Matematika Siswa. Research and Development Journal of Education, 2(2), 80-91.

Kuswana, W. S. (2014). Taksonomi Kognitif. PT Remaja Rosdakarya Offset: Bandung.

Laksono, Endang, W., Rohaeti, E., Suyanta, I. (2017). Instrumen penilaian kemampuan berpikir analitis dan keterampilan proses Sains Kimia. Jurnal Kependidikan, 1(1), 100-110.

Montaku, S. (2011). Result of analytical thinking skill training through student in system analysis and design course. Proceeding of The IETEC’11 Conference, Kuala Lumpur, Malaysia.

Montaku, S., Kaittikomol, P., & Tiranathanakul, P. (2012). The model of analytical thinking skill training process. Research Journal of Applied Sciences, 7 (1), 17-20.

Musfiqon, H. M. & Nurdyansyah. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Nizamia Learning Center: Sidoarjo.

Naputri, R. F., Syarifuddin, & Djulla, E. (2016). Pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah dan minat belajar terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan makanan manusia di MAS Amaliyah Sunggal. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 119-130.

Nurhasanah, S. & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinasi hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1),128-135.

Pono, N. & Lutfi, M. (2011). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Metode Diskusi Kelompok Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Geometri Dimensi Tigas di MAN Kalimukti Kec. Pabedilan Kab. Cirebon. Fakultas Tarbiyah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Pramana & Yosafat, D. Y. (2011). Pengaruh Efektivitas Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Pemeliharaan dan Servis Sistem Bahan Bakar Bensin Siswa Kelas XI Program Keahlian Mekanik Otomotif di SMA PIRI 1 Yogyakarta Tahun ajaran 2009/2010. Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahayu, S. F., Sriyono, & Nurhidayati. (2015). Efektivitas pembelajaran scientific inquary berbasis pictorial riddle dalam meningkatkan hasil belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Adimulyo Kebumen. Jurnal Radiasi, 6(1), 92-95.

Rasweda, V., Soekamto, H., & Purwanto. (2013). Pembelajaran Model Group Investigation dan Kemampuan Berpikir Analisis Siswa SMA Negeri Lawang Kabupaten Malang. Fakultas Ilmu Sosial Pendidikan Geografi, Universitas Negeri Malang.

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15-32.

Saktiani, D. (2016). Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Kelas XI Melalui Penerapan PBL Berwawasan SETS. FMMIPA, Universitas Negeri Semarang.

Sartika, S. B. (2016). Keterampilan berpikir analitik dalam pembelajaran MIPA di SMP. Prosiding Seminar Nasional, Surabaya.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor–Faktor yang Mempengaruhinya. PT. Rineka Cipta: Jakarta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methode). Alfabeta: Bandung.

Tambunan, N. (2016). Pengaruh strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif aatematis siswa. Jurnal Formatif, 6(3), 207-219

Winarti. (2015). Profil kemampuan berpikir analisis dan evaluasi mahasiswa dalam mengerjakan konsep kalor. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2 (1), 19-24.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/edubiologia.v1i1.8229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 EduBiologia: Biological Science and Education Journal

Publish by

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Indraprasta PGRI

Editorial Office

Jl. Nangka No. 58 C Tanjung Barat Jagakarsa Jakarta Selatan

email: edu.biologia@unindra.ac.id atau edubiologiabsej@gmail.com

Garuda Ristekdikti

isjd drji pkp index

isjd Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


pkp index