Pengaruh Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Di SMK Analis Kesehatan Tunas Medika Jakarta
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar biologi. Penelitian ini dilakukan di SMK Analis Kesehatan Tunas Medika Jakarta. Survei dilakukan terhadap 35 siswa kelas X SMK Analis Kesehatan Tunas Medika Jakarta pada tanggal 26 Juni 2020. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan instrumen angket sebanyak 20 item pernyataan yang terdiri dari bobot positif dan bobot negatif. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 35 responden yang diambil dengan teknik simple random sampling. Uji persyaratan analisis data yang dilakukan adalah uji normalitas menggunakan analisis Kolmogorov Smirnov dan uji linieritas menggunakan uji F (Fisher), dan hasilnya data berdistribusi normal dan memenuhi uji linieritas yaitu data linier / signifikan. . Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji validitas menggunakan product moment dan uji reliabilitas data menggunakan Cronbach Alpha sehingga diperoleh hasil yang valid dan reliabel, data yang valid sebanyak 16 soal dan data yang tidak valid sebanyak 4. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket dan nilai rapor siswa. Hasil penelitian dinyatakan dengan persamaan regresi Y = 79,823 + (-0,25) X. Nilai signifikansi 0,736, nilai tersebut lebih besar dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa data tidak berkorelasi. Hal tersebut ditunjukkan dengan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,003. Uji signifikan regresi yang menyatakan bahwa hipotesis H1 ditolak dan dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan prestasi belajar biologi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa konsep diri tidak berpengaruh positif terhadap pencapaian biologi.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Adiningtyas, S.W., Ompusunggu, M.F. (2018). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal KOPASTA., 5(1), 23-51.
Ahmad. D. N. (2015). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritik dan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar IPA. Jurnal Formatif, 5(1), 55-67.
Alamsyah. N. (2016). Pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar matematika siswa SMAN 102 Jakarta. Jurnal SAP, 1(2), 154-162.
Alwi. I. (2015). Kriteria empirik dalam menentukan ukuran sampel pada pengujian hipotesis statistika dan analisis butir. Jurnal Formatif, 2 (2), 140-148.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta: Jakarta.
Ernawati, R. (2015). Pengaruh konsep diri terhadap pemecahan masalah bagi siswa kelas X di SMA Negeri Jakarta Timur. JDP, 8(3), 191-198.
Handayani, S. D. (2016). Pengaruh konsep diri dan kecemasan siswa terhadap pemahaman konsep matematika. Jurnal Formatif, 6(1), 23-34.
Hanifah, Abadi, A.A. (2019). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Pada Mata Kuliah Teori Grup. Kreano, 10(2), 141-145.
Hendriani, Y. (2015). Pengaruh perhatian orang tua dan konsep diri terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran produktif akuntansi pada SMK diKota Payakumbuh. Jurnal Formatif, 2(3), 218-226.
Hikmah, N. (2015). Pengaruh penggunaan model pembelajaran dan konsep diri terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Jurnal Formatif, 3(3), 236-249.
Subaryana. (2015). Konsep Diri Dan Prestasi Belajar. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 7(2), 21-30
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitati dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Supardi. (2013). Aplikasi Statistik dalam Penelitian. Ufuk Publishing House: Jakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/edubiologia.v1i1.8103
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 EduBiologia: Biological Science and Education Journal
Publish by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI
Editorial Office
Jl. Nangka No. 58 C Tanjung Barat Jagakarsa Jakarta Selatan
email: edu.biologia@unindra.ac.id atau edubiologiabsej@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.