Pengaruh Kecerdasan Interpersonal dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 42 Jakarta Timur
(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Proses pembelajaran pada mata pelajaran biologi terdapat kegiatan penelitian, observasi, dan eksperimen. Pada proses pembelajaran biologi membutuhkan aktivitas siswa secara individu maupun berkelompok. Kemampuan ini dikategorikan sebagai kecerdasan interpersonal, yaitu siswa dapat membantu dirinya sendiri dalam berinteraksi dengan temannya. Proses pembelajaran biologi juga membutuhkan aktivitas individu, siswa diharapkan memiliki rasa kepercayaan dirinya dalam kemampuan berpikir untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang ada pada pembelajaran biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: apakah kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar biologi memiliki nilai keeratan?, apakah kepercayaan diri dengan hasil belajar biologi memiliki nilai keeratan?, dan apakah kecerdasan interpersonal, kepercayaan diri, dan hasil belajar biologi memiliki nilai keeratan? Penelitian dilaksanakan di SMAN 42 Jakarta timur dengan jumlah sampel penelitian berjumlah 110 siswa. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Data primer menggunakan kuesioner untuk variabel bebas (kecerdasan interpersonal dan kepercayaan diri), data sekunder berasal dari nilai rapot siswa. Analisis data untuk hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasional Product Moment Pearson. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat nilai keeratan yang sangat dekat dan nyata serta arah yang positif antara kecerdasan interpersonal, kepercayaan diri, dan kombinas keduanya, yaitu kecerdasan interpersonal dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar biologi.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Ali, M., & Asrori, M. (2019). Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Fitri, K., Sukarjo., & Widagdo, A. (2017). Hubungan kecerdasan interpersonal dan percaya diri dengan hasil belajar IPS ranah afektif siswa kelas V. Joyful Learning Journal, 6(4), 243-248.
https://doi.org/10.15294/jlj.v6i4.15320
Gufron, M. N., & Risnawita, R. (2017). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Pasal 7 ayat 2 RUU sisdiknas versi Agustus 2022.
https://postingnews.id/read/8058/ruu-sisdiknas-wajib-belajar-13-tahun#:~:text=Pasal%207%20ayat%202%20RUU%20Sisdiknas%20versi%20Agustus,yang%20berusia%20enam%20tahun%20sampai%20dengan%2015%20tahun. Diakses tanggal 10 Juni 2023.
Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: Deepublish.
Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar.
Priyono. (2021). Analisis Regresi dan Korelasi Untuk Penelitian Survei (Panduan Praktis Olah Data dan Interpretasi: Dilengkapi Cara Perhitungan Secara Manual). Bogor: Guepedia
Safaria, T. (2015). Interpersonal Intelegence. Yogyakarta: Amara Books.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor–Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda.
Uno, H.B., & Nurdin, M. (2013). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM (Pembelajaran, Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif dan Menarik). Jakarta: Bumi Aksara.
UU nomor 20 tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/UU_tahun2003_nomor020.pdf. Diakses tanggal 10 Juni 2023.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/edubiologia.v3i2.18572
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 EduBiologia: Biological Science and Education Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publish by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI
Editorial Office
Jl. Nangka No. 58 C Tanjung Barat Jagakarsa Jakarta Selatan
email: edu.biologia@unindra.ac.id atau edubiologiabsej@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.