Keanekaragaman Filum Mollusca di Lahan Persawahan Desa Pari Pandeglang Banten

Syifa Pazriyati(1), Rina Hidayati Pratiwi(2*), Netty Demak Sitanggang(3)

(1) Pendidikan Biologi, Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Mollusca merupakan hewan yang memiliki sifat tripoblastik slomata. Mollusca termasuk ke dalam jenis invertebrata yang memiliki tubuh lunak multiseluler namun biasanya memiliki cangkang yang kuat sebagai pelindung yang terbuat dari kalsium karbonat. Filum Mollusca juga memiliki sifat yang merugikan karena dapat merusak tanaman dan terlibat dalam daur hidup cacing parasit yang akan menyebabkan penyakit pada tanaman dan hewan ternak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis keanekaragaman filum Mollusca di lahan persawahan Desa Pari Pandeglang, Banten. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2023 di wilayah lahan persawahan Desa Pari Pandeglang, Banten. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan cara pengoleksian sampel pada titik yang sudah ditentukan pada garis transek. Hasil penelitian didapatkan dua kelas dari fillum Mollusca yaitu Gastropoda dan Bivalvia. Pada kelas Gastropoda ditemukan tiga famili dengan masing-masing famili terdiri satu spesies yaitu Ampullariidae (Pomacea canaliculata), Viviparidae (Filopaludina javanica), dan Polygyridae (Mesodon thyroidus). Sementara Bivalvia ditemukan sebanyak satu famili dan satu spesies yakni Unionidae (Pilsbryoconcha exilis). Indeks keanekaragaman jenis di lahan persawahan Desa Pari Pandeglang, Banten yaitu 1,09 dengan kategori sedang, indeks kemerataan 0,78 dengan kategori stabil, indeks kekayaan jenis 0,55 dengan kategori rendah, indeks dominasi 0,42 dengan kategori sedang. Keanekaragaman filum Mollusca di lahan persawahan Desa Pari Pandeglang, Banten dapat dikategorikan stabil.


Keywords


Keanekaragaman; Mollusca; Invertebrata

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adelina, M., Harianto, S, P., & Nurcahyani, N. (2016). Keanekaragaman jenis burung di Hutan Rakyat Pekon Kelungu Kecamatan Kota Agung Kabupaten Tanggamus. Jurnal Sylva Lestari, 4(2), 51-60.

http://dx.doi.org/10.23960/jsl2451-60

Fachrul, M. F. (2007). Metode Sampling Bioekologi. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayat, F. (2018). Identifikasi Keanekaragaman Filum Mollusca di Pesisir Pantai Gayam Pulau Sapudi Kabupaten Sumenep sebagai Sumber Belajar Biologi. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang.

Nurlaela, A. L. (2018). Keanekaragaman Mollusca di Kawasan Mangrove Karangsong Kabupaten Indramayu. Skripsi. Universitas Pasundan.

Pratiwi, I. A. (2021). Keanekaragaman Hertpetofauna di Kawasan Bantaran Sungai Ciliwung Desa Kedung Waringin Kecamatan Bojong Gede Kabupaten Bogor. Skripsi. Universitas Indraprasta PGRI.

Sari, P. W., Bahtiar., & Emiyarti. (2016). Studi preferensi habitat siput tutut (Bellamya javanica) di Desa Amonggedo Kabupaten Konawe. Jurnal Manajemen Sumber Daya Perairan, 1(2), 213-224.

Simpson, E. H. (1949). Measurement of diversity. Nature. 163(688).

http://doi.org./10.1038/163688a0.

Suartini, N. M., Sudarti, N. W., & Watiniasih, N. L. (2020). Komposisi jenis mollusca pada beberapa persawahan di Denpasar. Prosiding Seminar Nasional Prodi Biologi FMIPA UNHI.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/edubiologia.v3i2.18072

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 EduBiologia: Biological Science and Education Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publish by

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Indraprasta PGRI

Editorial Office

Jl. Nangka No. 58 C Tanjung Barat Jagakarsa Jakarta Selatan

email: edu.biologia@unindra.ac.id atau edubiologiabsej@gmail.com

Garuda Ristekdikti

isjd drji pkp index

isjd Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


pkp index