Efektivitas Kinerja Polya dalam Meningkatkan Kemandirian Siswa Belajar Biologi Studi Kasus di SMA Islam Darul Abror Kota Bekasi

Arini Bhakti Renaldy(1*), Acep Musliman(2), Nur Rizkiyah(3)

(1) Pendidikan Biologi Unindra
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kinerja polya pada upaya meningkatkan kemandirian belajar biologi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari hasil survey terhadap siswa SMA Islam Darul Abror dengan menggunakan angket berjumlah 30 pertanyaan dan responden sebanyak 40 siswa kelas XI IPA. Analisis data yang digunakan meliputi statistik deskriptif, uji persyaratan analisis data, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini belum menunjukkan efektivitas kinerja polya dalam mempengaruhi kemandirian belajar siswa, siswa masih membutuhkan bantuan untuk dapat memecahkan masalah dalam mengerjakan soal yang memicu kemandirian mereka. Ditunjukkan dari hasil perhitungan menggunakan uji Mann Whitney diperoleh t-hitung sebesar 0.61 sedangkan perhitungan nilai t-tabel dengan taraf signifikan ?=0.05 diperoleh nilai t-tabel=1.96. Hasil perbandingan nilai t-hitung dan t-tabel memperlihatkan bila t-hitung < t-tabel maka H0 diterima, yang mengindikasikan bahwa setelah perlakuan tidak ada perbedaan signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.


Keywords


Kinerja polya; Kemandirian; Belajar biologi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Makur, A. P., Jehadus, E., Fedi, S., Jelatu, S., Murni, V., & Raga, P. (2021). Kemandirian belajar mahasiswa dalam pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(10), 1-12. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.862.

Mardiansa, D. D. (2022). Karakteristik siswa dalam menyelesaikan masalah matematika menggunakan model pembelajaran polya. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 486–490. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i5.167.

Endedijk, M. D., Brekelmans, M., Sleegers, P., & Vermunt, J. D. (2015). Measuring students’ self-regulated learning in professional education: bridging the gap between event and aptitude measurement. Qual Quant, 1-24. https://doi.org/10.1007/s11135-015-0255-4. 1-24.

Prayektia, H., Rahmawatib, S., & Sari, A. N. (2021). Analisis kemandirian belajar dengan model Problem Based Learning melalui aplikasi Edmodo pada mahasiswa. Jurnal Analisis Ilmu Pendidikan, 2(1), 20-26.

Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan diri dan kemandirian belajar pada siswa SMA Negeri “X”. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 7(1), 43-49.

Irnaningtyas. (2013). Biologi SMA/MA Kelas XI. Penerbit Erlangga: Jakarta.

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1-27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441.

Maswan. (2013) Variasi pembelajaran dalam teknologi instruksional. Jurnal Tarbawi, 10(2), 57-77.

Pasek, I. G. S. S., Sudarma, I. K., & Astawan, I. G. (2019). Pengaruh model pembelajaran trikaya parisudha berbasis masalah terhadap sikap sosial dan hasil belajar IPS. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 1(1), 19-27. https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i1.20763.

Sinambela, L. P. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Graha Ilmu Ruko Jambusari: Yogyakarta.

Rikizaputra, R., Sembiring, A. K., Dinata, M., Azhar, M., & Yohandri, Y. (2021). Kemandirian dan motivasi belajar biologi siswa menggunakan Google Classroom pada masa pandemi Covid-19. Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 158-166. https://doi.org/10.31849/bl.v8i2.7943.

Risma, A., Isnarto, & Hidayah, I. (2019). Kemampuan pemecahan masalah matematika dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan langkah polya. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unnes.

Fahreza, S., & Purnomo, T. (2018) Validitas buku ajar biologi berbasis lingkungan materi ekologi kelas X SMA. Jurnal BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(2), 100-104.

Suryati, S., Masrukan, M., & Wardono, W. (2013). Pengaruh asesmen kinerja dalam model pembelajaran Arias terhadap kemampuan pemecahan masalah. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(3), 1-13. https://doi.org/10.15294/ujme.v2i3.3360.

Yeni, Y., & Endriani, S. (2019). Upaya meningkatkan hasil belajar ekonomi dengan menggunakan media kongkrit pada peserta didik kelas XI SMK YPSEI Palangka Raya tahun pelajaran 2014/2015. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2), 27-32. https://doi.org/10.33084/neraca.v4i2.702.

Tanjung, Y. I. (2018) Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah teknik polya terhadap hasil belajar dan aktivitas mahasiswa pada mata kuliah fisika matematika II. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 4(2), 1-3.

Yuliana, L., Barlian, I., & Jaenudin, R. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Profit: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 5(1), 17-27.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/edubiologia.v3i1.16233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 EduBiologia: Biological Science and Education Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publish by

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Indraprasta PGRI

Editorial Office

Jl. Nangka No. 58 C Tanjung Barat Jagakarsa Jakarta Selatan

email: edu.biologia@unindra.ac.id atau edubiologiabsej@gmail.com

Garuda Ristekdikti

isjd drji pkp index

isjd Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


pkp index