Pemanfaatan Canva Sebagai Media Pembelajaran IPA di Madrasah Aliyah

Rifqi Pratama(1*), Mashudi Alamsyah(2), Martua Ferry Siburian(3), Giry Marhento(4), Jupriadi Jupriadi(5)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(5) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari, menjelaskan, serta menginvestigasi fenomena alam dengan segala aspeknya yang bersifat empiris. Mata pelajaran IPA di sekolah masih dianggap materi yang sukar dan kurang diminati, maka guru membutuhkan media dalam membantu menjelaskan mata pelajaran IPA tersebut. Media pembelajaran adalah alat yang dapat membantu proses belajar mengajar serta berfungsi untuk memperjelas makna pesan atau informasi yang disampaikan sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan. Salah satu media yang digunakan adalah media yang mampu menarik minta dari peserta didik dalam memahami mata pelajaran IPA. Canva merupakan alat bantu desain dan publikasi online dengan misi memberdayakan semua orang di seluruh dunia agar dapat membuat desain apa pun dan mempublikasikannya di mana pun. Canva merupakan salah satu apliakasi yang bisa mendesain media pelajaran, karena di Canva banyak tersedia fitur-fitur atau template menarik. Dengan adanya desain media dari Canva diharapkan pembelajaran IPA dapat dijelaskan dengan mudah oleh guru ke peserta didik.

 

Keywords


Canva; Media pembelajaran; IPA

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ibda, H (2019). Media Pembelajaran Berbasis Wayang: Konsep dan Aplikasi. CV. Pilar Nusantara: Tangerang.

Dewi, E. R. (2018). Metode pembelajaran modern dan konvensional pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran. 2(1), 44-52. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i1.5442.

Maolida, E. H., & Salsabila, V. A. (2021). Canva and screencast-o-matic workshop for classroom purpose: comunity service for Madrasah Idtidaiyah teachers. AJAD: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 54-60. https://doi.org/10.35870/ajad.v1i2.13.

Maryunani. (2021). Meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran daring di masa pandemi melalui aplikasi Canva untuk kelas VI SDN Krembangan Selatan III Surabaya. Elementary:Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(4), 190-196.

Mawardi, N. (2022). Pemanfaatan aplikasi Canva pada pembelajaran menyusun teks iklan kelas XII DKV 2 SMKN 13 Surabaya. Jurnal Bapala, 9(8), 198-207.

Mintarto, E (2007). Meningkatkan hasil belajar kimia siswa berpikir konkret melalui latihan mengorganisasikan konsep. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 122-126.

Pelangi, G. (2020) Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia jenjang MA. Jurnal Sasindo, 8(2), 79-96.

Rizanta, G. A., & Arsanti, M. (2022). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran masa kini. Senada (Seminar Nasional Daring) PBSI. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI.

Sari, L. S., & Fatonah, S. (2022). Pengaruh media pembelajaran berbasis aplikasi Canva terhadap motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1699-1703.

Tafonao, T. (2018). Peran media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 95-105. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.

Tanjung, R. E., & Faiza. D (2019). Canva sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika, 7(2), 79-85. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261.

Widiastuti, A (2012). Kompetensi mengajar guru IPS SMP Kabupaten Sleman. Nuansa: Jurnal Pendidikan, 1(1), 95-106.

Yundayani, A., Susilawati., & Chairunnisa. (2019). Investigating the effect of Canva on students writing Skills. English Review: Journal of English Education, 7(2), 169–76. https://doi.org/10.25134/erjee.v7i2.1800.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/edubiologia.v3i1.16070

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 EduBiologia: Biological Science and Education Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publish by

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Indraprasta PGRI

Editorial Office

Jl. Nangka No. 58 C Tanjung Barat Jagakarsa Jakarta Selatan

email: edu.biologia@unindra.ac.id atau edubiologiabsej@gmail.com

Garuda Ristekdikti

isjd drji pkp index

isjd Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


pkp index