Analisis Minat Belajar Biologi Siswa SMA Kasih Depok di Tengah Pandemi Covid-19

Yohana Yohana(1), Efri Gresinta(2*), Zakiah Zakiah Fithah A’ini(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pemantauan minat siswa dalam pembelajaran biologi di masa Covid-19. Metode yang digunakan berupa deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa triangulasi. Sedangkan subyek penelitian adalah siswa kelas X SMA Kasih Depok, dengan penentuan teknik random sampling. Berdasarkan hasil perhitungan untuk penetapan kategori minat belajar siswa terhadap biologi indikator keterlibatan, sebesar 92%, indikator perasaan senang sebesar 90%, indikator ketertarikan sebesar 80,8%, dan indikator  perhatian dalam belajar sebesar 80%. Simpulan yang didapatkan adalah minat belajar biologi di kalangan siswa SMA Kasih Depok di tengah pandemi Covid-19 tinggi. Sehingga, selama pandemi Covid-19 tidak mempengaruhi minat siswa untuk belajar biologi.

Keywords


Minat belajar, Biologi, COVID-19

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta.

Budiyarti, Y. (2011). Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. UIN Syarif Hidayatullah: Jakarta.

Chaniago Ramadhani. (2014). Biologi. Innosain: Luwuk.

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Rineka Cipta: Jakarta.

Hidayat, S. & Asroi. (2013). Manajemen Pendidikan Substansi dan Implementasi dalam Praktik Pendidikan di Indonesia. Pustaka Mandiri: Tangerang.

Isbaniah, F., Kusumowardhani, D., Sitompul, P. A., Susilo, A., Wihastuti, R., & dkk. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19). 4th eds. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI Direktorat Jendral Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P).

Khodijah, N. (2019). Psikologi Pendidikan. Rajawali Pers: Jakarta.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Sembiring, R., & Mukhtar. (2013). Strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1): 212-229.

Sudjono, A. (2011). Evaluasi Pendidikan. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Sugiono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta: Bandung.

Wahidah, S. (2013). Hubungan antara perlakuan orangtua dengan motivasi belajar siswa di sekolah. Jurnal Ilmiah Konseling,1(2): 289-294.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/edubiologia.v2i2.13527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 EduBiologia: Biological Science and Education Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publish by

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Indraprasta PGRI

Editorial Office

Jl. Nangka No. 58 C Tanjung Barat Jagakarsa Jakarta Selatan

email: edu.biologia@unindra.ac.id atau edubiologiabsej@gmail.com

Garuda Ristekdikti

isjd drji pkp index

isjd Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


pkp index