Analisis Efikasi Diri dalam Pembelajaran Biologi di SMK Bunda Auni
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraptasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Bandura, A. (1994). Self-efficacy. In V. S. Ramachaudra (Ed.), Encyclopedia of Human Behavior (Vol. 4, pp. 71-81). Academic Press: New York.
Bandura, A. (2012). On the functional properties of perceived self-efficacy revisited. Journal of Management, 38(1), 9-44. https://doi.org/10.1177/0149206311410606.
Berlian, Z., Aini, K., & Hikmah, S. N. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi di SMP Negeri 10 Palembang. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 3(1), 13-17. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v3i1.1335.
Gani, A. R. F., Zaimah, U., & Wulandari, S. R. (2020). Studi literatur upaya meningkatkan literasi informasi siswa pada mata pelajaran biologi selama belajar daring efek Covid-19. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 6(2), 129-136.
Ghufron, M. N., & Suminta, R. R. (2013). Efikasi diri dan hasil belajar matematika: meta-analisis. Buletin Psikologi, 21(1), 20-30.
Mahmudi, M. H., & Suroso, S. (2014). Efikasi diri, dukungan sosial dan penyesuaian diri dalam belajar. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(02), 183-194. https://doi.org/10.30996/persona.v3i02.382.
Marneli, D., Dirma, H., & Delfita, R. (2020). Korelasi self efficacy dengan hasil pembelajaran biologi di SMA 1 Rambatan Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat. SIMBIOSA, 9(2), 158-165. https://doi.org/10.33373/sim-bio.v9i2.2677.
Maryam, I. S. (2013). Hubungan antara efikasi diri dengan kecemasan menghadapi mata pelajaran matematika pada siswa SD Negeri Bratan III Surakarta. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran efikasi diri dan motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 219-226. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8111.
Purnamasari, I. (2020). Hubungan antara efikasi diri dengan kecemasan. Psikoborneo, 8(2), 238-248.
Rosidha, A. (2020). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi melalui model pembelajaran make and match berbasis media karu pintar. Jurnal Paedagogy, 7(4), 393-401. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2946.
Sihaloho, L., Rahayu, A., & Wibowo, L. A. (2018). Pengaruh efikasi diri (self efficacy) terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri se-Kota Bandung. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(1), 62-70.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantittif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Sutarni, S., Karim, H., & Muhiddin P, M. P. (2019). Profil efikasi diri peserta didik berdasarkan hasil belajar biologi kelas X MIA MAN 1 Makassar. Biology Teaching and Learning, 2(1), 49-54. https://doi.org/10.35580/btl.v2i1.10817.
Wohon, A. M., & Ediati, A. (2019). Hubungan antara efikasi diri dengan kecemasan bertanding pada atlet futsal Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati, 8(2), 64-70.
Yuliyani, R., Handayani, S. D., & Somawati. (2017). Peran efikasi diri (self efficacy) dan kemampuan berpikir positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Formatif, 7(2), 130-143.
Zagoto, S. F. L. (2019). Efikasi diri dalam proses pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 386-391. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.667.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/edubiologia.v2i2.12924
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 EduBiologia: Biological Science and Education Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publish by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI
Editorial Office
Jl. Nangka No. 58 C Tanjung Barat Jagakarsa Jakarta Selatan
email: edu.biologia@unindra.ac.id atau edubiologiabsej@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.