Analisis Efikasi Diri dalam Pembelajaran Biologi di SMK Bunda Auni

Aprilliany Eka Putri(1), Sri Murni Soenarno(2*), Andri Suryana(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraptasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Efikasi diri siswa dapat memengaruhi pencapaian prestasi akademiknya. Efikasi diri siswa di SMK Bunda Auni, berdasarkan hasil observasi awal, digolongkan kurang baik. AdapunĀ  penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efikasi diri peserta didik dalam proses belajar mengajar biologi di sekolah menengah kejuruan. Penelitian ini dilakukan di SMK Bunda Auni pada bulan Februari hingga Juni 2021. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian yang diambil adalah siswa kelas XI yang menggunakan teknik pengambilan sampel secara purposif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri siswa dalam pembelajaran biologi berbeda-beda. Adapun efikasi diri siswa yang baik terdapat pada indikator ketiga yaitu mengatasi tugas yang sulit, dan indikator kelima yaitu cepat bangkit setelah mengalami kegagalan. Sedangkan efikasi diri yang lemah terdapat pada indikator kedua dan keempat yaitu menerima tugas yang sulit dan keyakinan dalam menyelesaikan tugas dengan kemampuannya. Ada beberapa faktor yang memengaruhi lemahnya indikator kedua dan keempat diantaranya karena siswa tidak yakin terhadap kemampuannya sendiri, ruang lingkup pertemanan yang membuat rendahnya efikasi diri siswa, kurang faham terhadap pelajaran yang dihadapi, hal ini kerap kali membuat siswa merasa tidak percaya diri.

Keywords


Kepercayaan diri SMK Mata pelajaran Biologi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Bandura, A. (1994). Self-efficacy. In V. S. Ramachaudra (Ed.), Encyclopedia of Human Behavior (Vol. 4, pp. 71-81). Academic Press: New York.

Bandura, A. (2012). On the functional properties of perceived self-efficacy revisited. Journal of Management, 38(1), 9-44. https://doi.org/10.1177/0149206311410606.

Berlian, Z., Aini, K., & Hikmah, S. N. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi di SMP Negeri 10 Palembang. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 3(1), 13-17. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v3i1.1335.

Gani, A. R. F., Zaimah, U., & Wulandari, S. R. (2020). Studi literatur upaya meningkatkan literasi informasi siswa pada mata pelajaran biologi selama belajar daring efek Covid-19. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 6(2), 129-136.

Ghufron, M. N., & Suminta, R. R. (2013). Efikasi diri dan hasil belajar matematika: meta-analisis. Buletin Psikologi, 21(1), 20-30.

Mahmudi, M. H., & Suroso, S. (2014). Efikasi diri, dukungan sosial dan penyesuaian diri dalam belajar. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(02), 183-194. https://doi.org/10.30996/persona.v3i02.382.

Marneli, D., Dirma, H., & Delfita, R. (2020). Korelasi self efficacy dengan hasil pembelajaran biologi di SMA 1 Rambatan Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat. SIMBIOSA, 9(2), 158-165. https://doi.org/10.33373/sim-bio.v9i2.2677.

Maryam, I. S. (2013). Hubungan antara efikasi diri dengan kecemasan menghadapi mata pelajaran matematika pada siswa SD Negeri Bratan III Surakarta. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran efikasi diri dan motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 219-226. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8111.

Purnamasari, I. (2020). Hubungan antara efikasi diri dengan kecemasan. Psikoborneo, 8(2), 238-248.

Rosidha, A. (2020). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi melalui model pembelajaran make and match berbasis media karu pintar. Jurnal Paedagogy, 7(4), 393-401. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2946.

Sihaloho, L., Rahayu, A., & Wibowo, L. A. (2018). Pengaruh efikasi diri (self efficacy) terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri se-Kota Bandung. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(1), 62-70.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantittif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Sutarni, S., Karim, H., & Muhiddin P, M. P. (2019). Profil efikasi diri peserta didik berdasarkan hasil belajar biologi kelas X MIA MAN 1 Makassar. Biology Teaching and Learning, 2(1), 49-54. https://doi.org/10.35580/btl.v2i1.10817.

Wohon, A. M., & Ediati, A. (2019). Hubungan antara efikasi diri dengan kecemasan bertanding pada atlet futsal Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati, 8(2), 64-70.

Yuliyani, R., Handayani, S. D., & Somawati. (2017). Peran efikasi diri (self efficacy) dan kemampuan berpikir positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Formatif, 7(2), 130-143.

Zagoto, S. F. L. (2019). Efikasi diri dalam proses pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 386-391. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.667.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/edubiologia.v2i2.12924

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 EduBiologia: Biological Science and Education Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publish by

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Indraprasta PGRI

Editorial Office

Jl. Nangka No. 58 C Tanjung Barat Jagakarsa Jakarta Selatan

email: edu.biologia@unindra.ac.id atau edubiologiabsej@gmail.com

Garuda Ristekdikti

isjd drji pkp index

isjd Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


pkp index