Kualitas Lingkungan Perairan Situ Cisanti Berdasarkan Kelimpahan dan Keanekaragaman Zooplankton

Muhammad Faizal Fathurrohim(1*)

(1) Universitas Sali Al-Aitaam
(*) Corresponding Author

Abstract


Peningkatan aktivitas masyarakat seperti berkebun dan wisata di daerah Desa Tarumajaya telah mengakibatkan penurunan kualitas perairan di Situ Cisanti. Untuk melakukan perbaikan, diperlukan data dan informasi mengenai kelimpahan dan keanekaragaman zooplankton dalam menentukan suatu rantai makanan dan indikator pencemaran suatu perairan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi secara kuantitatif mengenai nilai kelimpahan dan keanekaragaman zooplankton di Situ Cisanti, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Belt Transek. Stasiun penelitian dibagi atas tiga stasiun yaitu hulu (inlet), tengah, dan hilir (outlet) dengan titik pengambilan sampel sebanyak tiga kali pada setiap stasiun. Pengambilan sampel penelitian dilakukan pada pagi sampai siang hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelimpahan zooplankton berkisar antara  1.000-28.000 ind/m3. Komposisi taksa zooplankton yang tercuplik  adalah kelas Crustacea yang terdiri dari lima genus, Cilliata yang terdiri dari satu genus dan Monogononta yang terdiri dua genus. Indeks keanekaragaman (H’) zooplankton berkisar antara 1,244-1,537, kisaran nilai indeks keanekaragaman (H’) zooplankton menunjukkan bahwa perairan Situ Cisanti memiliki keanekaragaman jenis sedang dan memiliki komunitas yang cukup stabil. Perlu dilakukan penelitian lanjutan mengenai kelimpahan dan keanekaragaman plankton di Situ Cisanti agar dapat ditemukan genus-genus zooplankton lainnya dan mendeskripsikan genus zooplankton yang belum terdeskripsi.


Keywords


Transek; keanekaragaman; kelimpahan; Situ Cisanti; zooplankton

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


APHA. (1989). Standard methods for the examination of water and wastewater. (17th ed & 14th ed). American Water Works Association, Water Pollution Control Federation: Washington.

Basmi, J. 1990. Makanan Plankton dan Plankton sebagai Makanan. Fakultas Perikanan Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan. IPB Press: Bogor.

Campbell, N. A., Reece, J. B., & Mitcchell, L. G. (2010). Biologi Jilid 1. 8th Ed. Erlangga: Jakarta.

Dwirastika, M. (2011). Pengamatan zooplankton di Sungai Siak Indra Pura Bagian Hilir Sungai Riau. Buletin Teknik Litkayasa Sumber Daya dan Penangkapan, 9(2), 7-9.

https://doi.org/10.15578/btl.9.1.2011.7-9.

Hasan, Z., Syawalluidin. I. N., & Lili, W. (2013). Struktur plankton di Situ Cisanti Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Jurnal pada Fakultas Perikanan Universitas Padjadjaran, 4(1), 80-88.

Heddy, S., & Kurniaty. M. (1996). Prinsip-Prinsip Dasar Ekologi Suatu Batasan Tentang Kaidah Ekologi dan Penerapannya. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Hermawati, W. S. A., Kusdarwati. R., Sigit. S., & Mubarak. S. (2009). Pengaruh konsentrasi kadmiun terhadap perubahan warna dan persentase jenis kelamin jantan anakan Daphnia magma. Jurnal Perikanan dan Kelautan, 1(1), 43-50.

https://doi.org/10.20473/jipk.v1i1.11697.

Madinawati. (2010). Kelimpahan dan keanekaragaman plankton di perairan Laguna Desa Tolongano Kecamatan Banawa Selatan. Media Litbang Sulteng, 3(2), 119-123.

Michael, P. (1984). Ecological Methods for Field and Laboratory Investigations. Tata McGraw-Hill. Publishing: New Delhi.

Nybakken, J. W. (1992). Biologi Laut Suatu Pendekatan Ekologis. Gramedia: Jakarta.

Putra. W. A., Zahidah., & Lili. W. (2012). Struktur komunitas plankton di Sungai Citarum Hulu Jawa Barat. Jurnal Perikanan dan Perlautan, 3(4), 313 - 325.

Rahayu. S., Setyawati. R. T., & Turnip. M. (2013). Struktur komunitas zooplankton di Muara Sungai Mumpawah Kabupaten Pontianak berdasarkan pasang surut air laut. Jurnal Protobiont, 2(2), 49-55.

http://dx.doi.org/10.26418/protobiont.v2i2.2740.

Suthers. D., & Rissik. M. I. (2008). A Guide to Their Ecology and Monotiring for Water Quality. CSIRO Publishing: Collingwood.

Yuliana. (2014). Keterkaitan antara kelimpahan zooplankton dengan fitoplankton dan parameter fisika-kimia di Perairan Jailolo, Halmahera Barat. Maspari Journal, 6(1), 25-41.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/edubiologia.v2i2.11910

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 EduBiologia: Biological Science and Education Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publish by

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Indraprasta PGRI

Editorial Office

Jl. Nangka No. 58 C Tanjung Barat Jagakarsa Jakarta Selatan

email: edu.biologia@unindra.ac.id atau edubiologiabsej@gmail.com

Garuda Ristekdikti

isjd drji pkp index

isjd Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


pkp index