Studi Literatur: Pemanfaatan Powerpoint Interaktif sebagai Media Pembelajaran Biologi di SMA

Titin Titin(1), Iin Kurnia(2*)

(1) Universitas Tanjungpura
(2) Universitas Tanjungpura
(*) Corresponding Author

Abstract



Powerpoint interaktif adalah slide interaktif yang berisi materi pembelajaran sehingga dapat dimanfaatakan penggunanya untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan dari media tersebut. Guru dalam proses pembelajaran biologi di sekolah menengah atas dituntut dapat memanfaatakan media. Saat ini, pemanfaatan powerpoint interaktif untuk pembelajaran juga banyak ditemukan. Maka dari itu peneliti akan mengulas powerpoint interaktif yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran biologi khususnya pada tingkat sekolah menengah atas serta kelebihan dan kekurangan terhadap pembelajaran. Adapun metode studi literature ini yaitu tinjauan sistematis (systematic literature review). Berdasarkan hasil penelitian studi literatur, bahwasanya pemanfaatan powerpoint interaktif sebagai media pembelajaran biologi di SMA memudahkan peserta didik dalam memahami materi pelajaran, penggunaannya praktis, menyampaikan informasi dengan jelas karena penyajian yang lebih menarik sehingga menumbuhkan motivasi dan meningkatkan hasil belajar peserta didik.


Keywords


Pendidikan; Powerpoint; Interaktif; Sekolah Menengah Atas

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Alwi, S. (2017). Problematika guru dalam pengembangan media pembelajaran. ITQAN: Jurnal Ilmu-ilmu Kependidikan, 8(2), 145-167.

Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan jenis media pembelajaran dalam pembelajaran akutansi. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia, 16(1), 98-107. https://doi.org.10.2183/jpao.v16i1.20173.

Alfan, A., & Sulistiyo. (2015). Perbandingan media pembelajaran (Auto Play Media Studio) sebagai alat bantu pembelajaran memperbaiki CD player siswa kelas XI di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1), 39-47.

Damayanti, P. A., & Qohar, A. (2019). Pengembangan media pembelajaran matematika interaktif berbasis powerpoint pada materi kerucut. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 119-124. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.16814.

Jayawardana, H. B. A. (2017). Paradigma pembelajaran biologi di era digital. Jurnal Bioedukatika, 5(1), 12-17.

http://dx.doi.org/10.26555/bioedukatika.v5i1.5628.

Krissantono. W (2013). Pemanfaatan media pembelajaran meningkatkan motivasi belajar siswa Ilmu Pengetahuan Alam kelas VI SDN 03 Kelampai. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistwa, 2(8), 1-18.

Maskur, R., Nofrizal., & Syazali, M. (2017). Pengembangan media pembelajaran matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177-186. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014.

Nurhidayati., Asrori, I., Ahsanuddin, M., & Dariyadi, M. W. (2019). Pembuatan media pembelajaran berbasis powerpoint dan pemanfaatan aplikasi android untuk guru Bahasa Arab. Jurnal Karinov, 2(3), 181-184. http://dx.doi.org/10.17977/um045v2i3p181-184.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran. Hadist, Syariah, dan Tarbiyah, 3(1), 171-210. https://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171.

Pramuaji, A. (2017). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada materi pengenalan Corel Draw sebagai sarana pembelajaran desain grafis di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Electronics, Informatics, and Vocational Education, 2(2), 183-189. https://doi.org/ 10.21831/elinvo.v2i2.17312.

Purworaharjo, S., & Firmansyah, G. (2018). Tinjauan literatur secara sistematis pada self-service business intelligence. Konferensi Nasional Sistem Informasi (pp. 986-990). Pangkal Pinang, Indonesia: STMIK Atma Luhur Pangkal Pinang.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.

Umam, K. (2013). Penerapan media digital dalam pembelajaran apresiasi batik kelas X SMA Negeri 1 Blega. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 1(1), 100-105.

Utami, W. T. (2021). Pengembangan Powerpoint Interaktif pada Submateri Peran Tumbuhan di Bidang Ekonomi Kelas X SMA dengan Produk Olahan Wafer Cookies Ubi Jalar Ungu (Ipomoea batatas L.). Skripsi. Universitas Tanjungpura Pontianak.

Wahyuningtyas, D. T. (2017). Pelatihan media pembelajaran matematika berdasarkan Kurikulum 2013 bagi guru Sekolah Dasar di Gugus 9 Kesamatan Sukun Malang. Jurnal Dedikasi, 14, 8-11. https://doi.org/10.22219/dedikasi.v14i0.4293.

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya media dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 23-27.

Wulandari, A. (2019). Pengembangan Media Powerpoint Interaktif Pembuatan Biscotti Nanas (Ananas Comosus L. Merr.) pada Submateri Peran Tumbuhan di Bidang Ekonomi Kelas X SMA. Skripsi. Universitas Tanjungpura Pontianak.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/edubiologia.v2i1.10451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 EduBiologia: Biological Science and Education Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publish by

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Indraprasta PGRI

Editorial Office

Jl. Nangka No. 58 C Tanjung Barat Jagakarsa Jakarta Selatan

email: edu.biologia@unindra.ac.id atau edubiologiabsej@gmail.com

Garuda Ristekdikti

isjd drji pkp index

isjd Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


pkp index