KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SEJARAH PENGARUHNYA TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tulisan ini berupaya untuk melihat bagaimana kompetensi pedagogik guru pengaruhnya terhadap minat belajar sejarah peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif melalui metode survei kepada peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dengan menganalisis 2 variabel yaitu variabel X (kompetensi pedagogik guru) dan variabel Y (minat belajar Sejarah peserta didik) dengan metode kuantitatif menghasilkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap minat belajar Sejarah peserta didik. Dilihat dari hasil thitung sebesar 8,476 dan dapat dilihat bahwa thitung > ttabel sebesar 8,476 > 1,991. Kompetensi pedagogik guru memiliki kontribusi terhadap minat belajar Sejarah peserta didik sebesar sebesar 47,89% sedangkan sisanya sebesar 52,11% dipengaruhi oleh variabel lain di luar judul penelitian ini.
Kata Kunci : kompetensi pedagogik, minat belajar
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Ahmadi, Abu. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.
Crow, L dan Crow (2005). Psikologi Pendidikan. Terjemahan Kasijan. Surabaya: PT. Bina Ilmu.
Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Rosda Karya
Sholeh Hidayat. (2013). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT Rosda Karya
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Taufani. (2008). Menginstal Minat Baca Siswa. Jakarta: Globalindo Universal Multikreasi.
Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760, Indonesia Contact Email : jurnal.estoria@unindra.ac.id Contact Phone : +62 878-8493-3275 Company : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Indraprasta PGRI