MUSEUM BAHARI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH

Yeni Handayani(1*), Subhan Harie(2)

(1) Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Indraprasta PGRI
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi lain keberadaan museum, yakni Museum Bahari, bukan hanya sebagai objek wisata saja, melainkan juga sebagai alternatif media pembelajaran Sejarah bagi peserta didik. Dengan metode penelitian deskriptif kualitatif, pembahasan dalam penelitian ini yaitu Museum Bahari selain memiliki nilai historis yang sangat berharga, juga sebagai salah satu situs peninggalan sejarah yang sangat penting di Jakarta khususnya, dan umumnya di Indonesia. Kemudian bisa dimanfaatkan untuk hal lain selain sebagai objek wisata, salah satunya bagi dunia pendidikan, khususnya pendidikan Sejarah. Museum Bahari memiliki potensi prospektif untuk dikembangkan sebagai sumber, media, labolatorium natural dalam model pembelajaran Sejarah. Selain itu, keberadaan museum ini dapat dijadikan sebagai media pembelajaran guna mengantarkan tercapainya pembelajaran Sejarah yang bermakna dan munculnya kesadaran sejarah. Dengan adanya Museum Bahari sebagai laboratorium dan alternatif media pembelajaran ini akan dapat memberikan inovasi baru bagi peserta didik dan mahasiswa, sehingga pengalaman konkret tentang pembelajaran Sejarah dapat terpenuhi. Dengan menjadikan museum, khususnya Museum Bahari sebagai laboratorium sejarah dan media pembelajaran, maka proses pembelajaran Sejarah akan lebih menarik, kontekstual, dan inovatif.

 

Kata kunci: Museum Bahari, Media Pembelajaran Sejarah

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


DAFTAR PUSTAKA

Amrullah, A. (2018). Museum Bahari Saksi Sejarah Kejayaan Batavia. (online). https://republika.co.id/berita/p2n9b3284/museum-bahari-saksi-sejarah-kejayaan-batavia

Anderson, R. H. (1987). Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran Depdikbud, DIKTI. (1983/1984). Modul PSB, Media, Perpustakaan dan Fasilitas Lain. Jakarta: Dikti.

Gunning, D. (1977). The Teaching of History. London: Croom Helm.

I. Gde Widja. (1989). Pengantar Ilmu Sejarah : Sejarah Dalam Perspektif Pendidikan. Semarang : Satya Wacana.

International Council of Museum (ICOM)

Kartodirjo, S. (1992). Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kuntowijoyo. (1999). Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Bentang.

Ras. J.J. (1992). The Shadow Of The Ivory Tree. Jakarta: KITLV.

Renier, G.J. (1997). Metode dan Manfaat Ilmu Sejarah. (penerjemah: Muin Umar). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rumampunk, D. B. (1988). Media Instruksional IPS, Jakarta: Depdikbud.

Sjamsuddin, H. (2007. Metodologi Sejarah, Yogyakarta: Ombak.

Tim Redaksi. 2020. Sejarah Bangunan Museum Bahari (online). https:// mitramuseumjakarta.org/bahari.




Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760, Indonesia Contact Email : jurnal.estoria@unindra.ac.id Contact Phone : +62 878-8493-3275 Company : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Indraprasta PGRI