ANALISIS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA TADIKA PERTIWI KOTA DEPOK

Arief Hidayat(1*), Fahmi Hidayat(2), Darmawan Rahmadi(3)

(1) Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Indraprasta PGRI
(2) Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Indraprasta PGRI
(3) Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


ANALISIS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA TADIKA PERTIWI KOTA DEPOK

 

Arief Hidayat, Fahmi Hidayat, dan Darmawan Rahmadi

Program Studi Pendidikan Sejarah

Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial

Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

email : darmaonerahmadi@gmail.com

 

 

ABSTRAK

 

Berdasarkan hasil penelitian yang tim lakukan mengenai analisis penerapan metode mind mapping di Sekolah Menengah Atas (SMA) Tadika Pertiwi dengan fokus penelitian pada proses pembelajaran Sejarah di sekolah tersebut, tim penulis mengumpulkan data berupa sumber yang telah disajikan. Kemudian penulis mengolah dan menganalisis data tersebut sehingga dapat penulis simpulkan sebagai berikut. Pada metode pengumpulan data penelitian menggunakan angket, data angket yang telah dikumpulkan dan diolah menunjukkan hasil persentase sebesar 63,13%, dimana hasil persentase tersebut termasuk dalam kategori cukup baik. Hal tersebut menjelaskan bahwa penerapan metode mind mapping pada pembelajaran Sejarah menunjukkan hasil positif. Hasil wawancara tersebut menjelaskan bahwa penerapan metode mind mapping pada pembelajaran Sejarah mampu menunjukkan hasil positif yang dirasakan oleh peserta didik. Selanjutnya penulis melakukan metode pengumpulan data penelitian menggunakan observasi. Pada masa observasi, dapat terlihat pendidik sudah menerapkan langkah-langkah pembelajaran menggunakan metode mind mapping. Hal ini terlihat dengan alur yang pendidik ciptakan ketika proses pembelajaran sesuai dengan teori pembelajaran menggunakan metode mind mapping. Hal tersebut mengambarkan penerapan metode mind mapping pada pembelajaran Sejarah sudah terlaksana dengan cukup baik.

 

Kata kunci : Metode Pembelajaran, Pembelajaran Sejarah, Mind Mapping


References


DAFTAR PUSTAKA

Undang-Undang

UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas)

Buku

Affandi, M. C. (2013). Model dan Metode Pembelajaran Sekolah. Semarang: Unissula Press.

Agung, L. (2013). Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arif, M. (2011). Pengantar Kajian Sejarah. Bandung: Yrama Widya.

Arsa, I. (2013). Belajar dan Pembelajaran (Strategi Belajar yang Menyenangkan). Yogyakarta: Media Akademi.

Asmani, J. M. (2009). Jurus-Jurus Jitu Belajar Efektif Untuk SMP dan SMA. Yogyakarta: Diva Press.

Asril, Z. (2010). Micro Teaching (Disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan). Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fajar, A. (2009). Portofolio Dalam Pelajaran IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Firmansyah, H., & Kurniawan , S. (2016). Desain Pembelajaran Sejarah Berbasis Character Building Berdasarkan Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ombak.

Hamid, A. R., & Madjid, M. S. (2013). Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Komalasari, K., & Saripudin, D. (2017). Pendidikan Karakter (Konsep dan Aplikasi Living Values Education). Bandung: PT Refika Aditama.

Lefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran . Yogyakarta: Deepublish.

Lestari, I., & Hartanti, D. (2013). Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Jakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan UNJ.

Pranoto, S. W. (2010). Teori dan Metodologi Sejarah . Yogyakarta: Graha Ilmu.

Prawira, P. A. (2016). Psikooologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Priyadi, S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Ramayulis. (2013). Dasar-Dasar Kependidikan (Suatu Pengantar Ilmu Pendidikan). Jakarta: Kalam Mulia.

Ratna, N. K. (2016). Metodologi Penelitian (kajian Budaya dan Ilmu-Ilmu Sosial Humaniora pada Umumnya). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rochmat, S. (2009). Ilmu Sejarah dalam Perspektif Ilmu Sosial. Yogyakarta: Graha Ilmu .

Sanjaya, W. (2016). Startegi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Siregar, E., & Nara, H. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia .

Sobirin. (2018). Kepala Sekolah, Guru dan Pembelajaran. Bandung: Nuansa Cendekia.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dan R.D . Bandung: Alfabeta.

Suharsaputra, U. (2018). Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan). Bandung: PT Refika Aditama.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Syah, M. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Jurnal

Ashari, L. H. (2016). Instrumen Penilaian Unjuk Kerja Siswa SMP Kelas VIII Dengan Model PEER ASSSESSMENT Berbasis Android Pada Pembelajaran PENJASORKES Dalam Permainan Bola Voli. Journal of Educational Research and Evaluation Vol 5, 11.

Basyari, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Visualisasi Museum Sasana Wiratama . Istora, 34.

Darusman, R. (2014). Penerapan Metode Mind Mapping (Peta Pikiran) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung Vol 3, 169-170.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 5 No. 2, 172.

Kusnoto, Y., & Minandar, F. (2017). Pembelajaran Sejarah Lokal: Pemahaman Kontens Bagi Mahasiswa. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 126.

Masrizal. (2011). Mix Method Research. Jurnal Kesehatan Masyarakat Vol. 6, 53-54.

Monariska, E. (2017). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meninngkatkan Kemamp Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Mahasiswa Pada Matakuliah Kalkulus I. Jurnal PRISMA Universitas Suryakancana, 18.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa . Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan , 9.




Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760, Indonesia Contact Email : jurnal.estoria@unindra.ac.id Contact Phone : +62 878-8493-3275 Company : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Indraprasta PGRI