INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH (STUDI KASUS DI PRODI PENDIDIKAN SEJARAH UNINDRA)

Saring Ariyanto(1*)

(1) Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Rusaknya nilai-nilai moral dalam masyarakat yang ditandai dengan merebaknya kekerasan, persekusi, bullying, pelecehan dan tindak asusila, vandalisme, serta korupsi mengakibatkan lahirnya pendidikan karakter yang perlu dikembangkan di lingkungan pendidikan. Lingkungan pendidikan harusnya bisa menjadi unsur terpenting bagi pertumbuhan pendidikan karakter. Prodi Pendidikan Sejarah Unindra adalah unit dalam pendidikan tinggi yang sangat mementingkan nilai nilai kebangsaan dalam kehidupan kultur akademik, baik intra maupun ekstra. Bentuk penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan strategi studi kasus. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi langsung, wawancara mendalam, dan pencatatan dokumen. Validasi data dilakukan dengan triangulasi. Analisis yang digunakan adalah model analisis interaktif, yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemahaman dan pengetahuan dosen dan mahasiswa tentang pendidikan karakter yang muncul dan berkembang di Prodi Pendidikan Sejarah Unindra lebih menekankan pada konsep karakter kebangsaan. Integrasi penerapan pendidikan karakter bangsa di Prodi Pendidikan Sejarah Unindra melalui pembelajaran sejarah dianggap strategis untuk menanamkan nilai-nilai karakter bangsa kepada mahasiswa. Keberhasilan pendidikan karakter dapat dilihat dari dalam sikap religius, disiplin, kejujuran, kreatif, kerja sama, komunikatif, peduli, toleransi, tanggung jawab, cinta Tanah Air, mandiri, kritis, dan rasa ingin tahu. Dalam penerapannya nilai-nilai kritis dan rasa ingin tahu menjadi yang dominan di antara yang lain.

 

Kata Kunci: Pendidikan Karakter Bangsa, Pembelajaran Sejarah


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


DAFTAR PUSTAKA

Majid, A. dan Dian, A. (2011). Pendidikan Karakter: Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nata, A. (2001). Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Grasindo.

Koesoma, D. (2007). Pendidikan Karakter (Strategi Mendidik Anak di Zaman Global). Jakarta: Grasindo.

Sugiantoro, H. (2010). Pendidikan Profetik: Revolusi Manusia Abad 21, Yogyakarta: Education Center BEM REMA UNY.

Ki Fudyartanta. (2010). Membangun Kepribadian dan Watak Bangsa Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kuntowijoyo. (2008). Paradigma Islam (Interpretasi untuk Aksi). Bandung: Mizan.

Kuswono, K. (2013). Character Education Muhammadiyah Pattern (Case Study SMA Muhammadiyah 1 and MA Muallimin Yogyakarta). GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 3(1), 42-49.

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools can Teach Respect and Responsibility. New York: Batam Book.

___________. (2004). Character Matters: How To Help Our Children Develop Good Judgment, Integrity And Other Essential Virtues. New York: Rockefeller Centre.

Mastuhu. (2003). Menata Ulang Sistem Pendidikan Nasional dalam Abad 21. Yogyakarta: Safiria Insania.

Firdaus, M. (1998). Sistem Pendidikan Pesantren: Telaah Evaluatif Sistem Pendidikan Pesantren. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Moleong. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.

Samsuri. (2011). Pendidikan Karakter Warga Negara (Kritik Pembangunan Karakter Bangsa). Yogyakarta: Diandra Pustaka Indonesia.

Sukarno. (2005). Di Bawah Bendera Revolusi (Jilid I). Jakarta: Yayasan Bung Karno.




Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760, Indonesia Contact Email : jurnal.estoria@unindra.ac.id Contact Phone : +62 878-8493-3275 Company : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Indraprasta PGRI