PENERAPAN KURIKULUM SEJARAH AL-KHAIRIYAH SEBAGAI MUATAN LOKAL DI SMA AL-KHAIRIYAH 3 CITANGKIL CILEGON

Rahayu Permana(1*), Nurbaity Nurbaity(2)

(1) Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Indraprasta PGRI
(2) Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini berangkat dari rasa keingintahuan peneliti untuk mengetahui lebih dalam tentang kurikulum lokal di SMA Al-Khairiyah yang menerapkan sejarah Al-Khairiyah sebagai muatan lokal di sekolah. Penanaman sejarah lokal terkait materi sejarah Al-Khairiah yang dijadikan mata pelajaran yang harus diikuti oleh siswa di SMA Al-Khairiyah 3 Cilegon. Sejarah lokal yang dimasukkan pada pelajaran mulok di sekolah diharapkan mampu memberikan pemahaman tentang perjalanan sejarah Al-Khairiyah dari masa ke masa. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis penerapan kurikulum sejarah Al-Khairiyah sebagai muatan Lokal di SMA Al-Khairiyah 3 Cilegon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode historis. Dari hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa penetapan kurikulum sejarah Al-Khairiyah sebagai muatan lokal di SMA Al-Khairiyah 3 Cilegon sesuai dengan keputusan Yayasan Al-Khairiyah dan diperkuat dengan surat ketetapan dari kepala sekolah menyangkut pelaksanaan pembelajaran mulok di SMA Al-Khairiyah 3 Cilegon. Dalam implementasi kurikulum mulok dengan materi sejarah Al-Khairiyah, guru berusaha menjadikan pembelajaran sejarah Al-Khairiyah ini menjadi bermakna bagi siswa untuk mengetahui lebih dalam lagi terhadap materi yang disampaikan. Kendala yang dihadapi dalam penerapan kurikulum sejarah Al-Khairiyah di SMA Al-Khairiyah 3 Cilegon yakni kurangnya dukungan yayasan terhadap acuan kurikulum Al-Khairiyah secara baku untuk setiap jenjang pendidikan, alokasi waktu yang belum maksimal untuk pelaksanaan pembelajaran mulok, dan ketersedian bahan/sumber belajar yang masih terbatas berupa buku bacaan.

 

Kata Kunci: Kurikulum, Sejarah Al-Khairiyah, Muatan Lokal


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


DAFTAR PUSTAKA

Dakir, (2004), Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Gulo. (2002). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Grasindo

Ismawati, E, (2012). Telaah Kurikulum dan Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: Yayasan Ombak.

Kartodirdjo, S. (1992). Pendekatan Ilmu Sosial Dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum

Kochhar, S. K. (2008). Teaching Of History. (terj: Purwanta dan Yovita Hardiwati). Jakarta: Grasindo.

Kosasih, E. (2018), Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: Yrama Widya.

Agung, L. dan Sri, W. (2013). Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Ali, M. dan Rahayu, P. (2018). Selayang Pandang Jejak Perjuangan Brigjen KH. Syam’un Pahlawan Nasional dari Banten. Serang: Bakti Banten.

_______. (2018). Perguruan Al-Khairiyah Jejak Akademis Brigjen K. H. Syam’un Pahlawan Nasional dari Banten, Serang: Bakti Banten Press.

Murlyasa, E. (2009). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Permana, R. (2017). KH Syam’un (1893-1949) Gagasan dan Perjuangan. Yogyakarta: Eja Publiser Press.

______________. (2018). Sejarah Al-Khairiyah. Cilegon: PB Al-Khairiyah.

_______________. (2020) Pembelajaran Sejarah Lokal di Sekolah. Tangerang: Media Edukasi Indonesia.

Sardiman. (2012). “Pembelajaran Sejarah dan Pembangunan Karakter Bangsa”. Dalam Pendidikan Sejarah Untuk Manusia dan Kemanusiaan: Refleksi Perjalanan Karir Akademik Prof. Dr. H. Said Hamid Hasan, MA. Jakarta: Bee Media Indonesia

Sjamsuddin, H. (2012). Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Sulasman. (2014). Metode Penelitian Sejarah, Teori, Metode dan Contohnya. Bandung: CV Pustaka Setia.

Supardan, D. (2008). Pengantar Ilmu Sosial, Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara.

Woolever, R. & Scoot, K. (1988). Active Learning in Social Studies, London: Scoot Foresman and Company.

Yamin, M. (2013). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Referensi.

Makalah, Hasil Penelitian Dan Jurnal Online

Sukrianto (2019), Pengembangan Kurikulum Lokal Dengan Membentuk Karakter Lulusan Siswa SMA 2 Darul Ulum Rejoso Jombang. Jurnal Penelitian Dan Penelitian Keislaman Vol. 6 No 1 Februari 2019, (Online) Tersedia di alamat Situs : http://journal.uim.ac.id/index.php/alulum/article/view/584 (Diakses, 20 Desember 2020).

Muhamad Nasir (2013) Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Dalam Kontek Pendidikan Islam Di Madrasah. Hunafa: Jurnal Studia Islamika, Vol. 10 No 1 Juni 2013, (Online) Tersedia di alamat Situs: file:///C:/Users/Hp/Downloads/12-Article%20Text-37-2-10-20141230.pdf (Diakses, 20 Desember 2020)

Yeni Wijayanti (2017), Peranan Penting Sejarah Lokal Dalam Kurikulum Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Artefak, History and Education, vol. 4 No 1, April 2017, (Online) Tersedia di alamat Situs : file:///C:/Users/Hp/Downloads/735-2852-1-PB.pdf (Diakses, 20 Desember 2020).

Wawancara

H. Ali Mujahidin (Ketua Yayasan Al-Khairiyah), di Cilegon 22 Nopemmber 2020.

Tati Haryati (Kepala Sekolah SMA Al-Khairiyah 3 Cilegon), di Cilegon 22 Nopember 2020.

Iceu Risnawati (Kurikulum SMA Al-Khairiyah), di Cilegon 22 Nopember 2020.

Atiqah (Guru Sejarah Al-Khairiyah), di Cilegon 18 Nopember 2021.




Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760, Indonesia Contact Email : jurnal.estoria@unindra.ac.id Contact Phone : +62 878-8493-3275 Company : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Indraprasta PGRI