TUMBUH DAN BERKEMBANGNYA HUMANISME PADA MASA RENAISANS ABAD KE 14 SAMPAI 17
(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(5) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Ardanareswari, I. (2019). Jalan Terjal
Desiderius Erasmus Mereformasi
Gereja di Eropa. Retrieved from tirto.id
website: https://tirto.id/jalan-terjaldesiderius-erasmus-mereformasigereja-di-eropa-edvN
Ashidqi, F. (2014). Problem Doktrin
Sekulerisme. Kalimah, 12(2), 213.
https://doi.org/10.21111/klm.v12i2.237
Azmi, A. (2013). Individualisme Dan
Liberalisme Dalam Sekularisme Media
Amerika. Humanus, 12(1), 33.
https://doi.org/10.24036/jh.v12i1.3102
Garrison, J. (2012). Shakespeare and
Friendship: An Intersection of Interest.
Literature Compass, 9(5), 371–379.
https://doi.org/10.1111/j.1741-
2012.00886.x
Grudin, R. (2020). Humanism. Retrieved
from britannica.com website:
https://www.britannica.com/topic/huma
nism
Haikal, H. (1989). Renaissance dan
Reformasi. Jakarta: Depdikbud Ditjen
Pendidikan Tinggi Proyek
Pengembangan Lembaga Pendidikan
Tenaga Kependidikan.
Hale, J. R. (1984). Abad Besar Manusia,
Sejarah Kebudayaan Dunia: Zaman
Renaissance. Jakarta: Tira Pustaka.
History.com. (2020). Renaissance. Retrieved
from history.com website:
https://www.history.com/topics/renaissa
nce/renaissance
Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat
Bahasa: Edisi Keempat. (2008).
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kuntowijoyo. (2003). Metodologi Sejarah.
Yogyakarta: Tiara Wacana.
Manzini, F., Manzini, C., Cesana, G., &
Riva, M. A. (2017). The contribution of
intellectuals to the history of
traumatology during the Renaissance:
treatment of femoral fracture through
François Rabelais’ glossocomion.
International Orthopaedics, 41(2), 429–
https://doi.org/10.1007/s00264-
-3323-z
Muzairi. (2016). Pokok-Pokok Pikiran dalam
Manifesto Humanisme Religius (Kajian
dari Perspektif Sosiologi Agama).
Sosiologi Agama: Jurnal Ilmiah
Sosiologi Agama Dan Perubahan
Sosial, 10(1), 125–146.
Oktaviani, J., & Pramadya, T. P. (2019).
Model Negara Kekuasaan: Orde Baru
dalam Tinjauan Pemikiran Hobbes dan
Niccolo Machiavelli. Indonesian
Perspective, 4(2), 175–190.
https://doi.org/10.14710/ip.v4i2.26701
Perry, M. (2014). Peradaban Barat: Dari
Zaman Kuno Sampai Zaman
Pencerahan. Yogyakarta: Kreasi
Wacana.
Pranoto, M. M. (2006). Kehendak Bebas di
Dalam Teologi Martin Luther. Veritas:
Jurnal Teologi Dan Pelayanan, 2(7),
–224.
https://doi.org/10.1017/CBO978110741
004
Riyadi, A., & Sukma, H. V. (2019). Konsep
Rasionalisme Rene Descartes Dan
Relevasinya Dalam Pengembangan
Ilmu Dakwah. Jurnal An-Nida, 11(2).
Saifullah, S. (2014). Renaissance dan
Humanisme Sebagai Jembatan Lahirnya
Filsafat Modern. Jurnal Ushuluddin,
(2), 133–144.
https://doi.org/10.24014/JUSH.V22I2.7
Steelwater, E. (2012). Humanism. In
Encyclopedia of Applied Ethics (pp.
–682).
https://doi.org/10.1016/B978-0-12-
-2.00208-8
Sulasman. (2014). Metodologi Penelitian
Sejarah: Teori, Metode, dan Contoh
Aplikasi. Bandung: Pustaka Setia.
Wijaya, D. N., Mashuri, M., & Nafi’ah, U.
(2017). Humanisme Menurut Niccolo
Machiavelli. Jurnal Teori Dan Praksis
Pembelajaran IPS, 2(2), 53–60.
https://doi.org/10.17977/um022v2i2201
p053
Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760, Indonesia Contact Email : jurnal.alur@unindra.ac.id Contact Phone : +6281213563171 Company : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Indraprasta PGRI