DINAMIKA GURU DAN PROBLEMATIKANYA: TUNTUTAN PROFESIONALISMENYA DARI ORDE BARU HINGGA ERA REFORMASI

Nurbaity Nurbaity(1*), Rina Kurnia(2), Ahmad Bakhtiar(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai guru dan problematikanya dalam peningkatan profesionalismenya berdasarkan tuntutan kebijakan pemerintah dan tujuan pendidikan yang ingin dicapai. Selain itu didalamnya juga dibahas mengenai, lembaga pendidikan guru yang mencetak guru serta lika likunya LPTK dalam menangani pelaksanaan peningkatan kompetensi guru berdasarkan aturan atau kebijakan pemerintah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode sejarah. Pengumpulan sumber dilaksanakan dengan teknik pengumpulan sumber yang diambil dari berbagai sumber di Arsip Nasional, Perpustakaan Nasional, Perpustakaan Pusat UI, Perpustakaan Umum Daerah DKI Jakarta, dan Perpustakaan Universitas Indraprasta PGRI. Hasil dari penelitian ini bahwa peningkatan professionalisme guru dapat ditempuh melalui pendidikan guru yang dipercayakan kepada lembaga yang bernama Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Masalah profesionalisme dengan tuntutan kompetensi yang harus dimiliki guru ternyata masih menyisakan banyak persoalan hingga saat ini. Dengan keluarnya UU No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, maka guru dan dosen harus mengikuti pendidikan profesi. Kata Kunci: Guru, Profesional, Kompetensi, LPTK

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005

tentang Guru dan Dosen

Pikiran Rakyat, 1 Juni 2017

https://www.kompasiana.com, 7 Oktober

17:10 Diperbarui: 30 Oktober

15:06

Mei, 2020. Farida UNSRI, Forum P3SI

Said Hamid Hasan, 22 Mei 2020, Forum

P3SI

Burke, Peter (ed). (1991). New Perspective

On Historical Writing. Cambrigde:

Polity Press.

Djojonegoro, Wardiman. (1996). Lima

Puluh Tahun Perkembangan

Pendidikan Indonesia. Jakarta:

Departemen Pendidikan dan

Kebudayaan.

Hamalik, Oemar. (2002). Pendidikan Guru

Berdasarkan Pendekatan

Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.

Kunandar. (2011). Guru Profesional

Implementasi Kurikulum Tingkat

Satuan Pendidikan (KTSP) dan

Sukses dalam Sertifikasi Guru.

Jakarta: Rajawali Press.

Musfah, Jejen. (2011). Peningkatan

Kompetensi Guru Melalui Pelatihan

dan Sumber Belajar Teori dan

Praktik. Jakarta: Kencana Prenada

Media Group.

Navis, A.A. (1996). Filsafat dan Strategi

Pendidikan M. Sjafei Ruang

Pendidik INS Kayutanam. Jakarta:

IKAPI.

Ranuwihardjo, Sukadji. (1990).

Pendidikan Saat Ini Amerika Serikat,

Indonesia dan Jepang. Jakarta:

Departemen Pendidikan dan

Kebudayaan Republik Indonesia dan

Japan International Cooperation

Agency.

Sutjipto (peny). (2012). 10 Windu Prof.

Dr. H.A.R. Tilaar, M.SC.ED

Pendidikan Nasional: Arah Ke

mana?. Jakarta: Kompas.

Umasih. (2008). Disertasi. “Pelaksanaan

kebijakan jabatan guru IPS SMPSMA pada sembilan propinsi di

Indonesia era orde baru 1966-1998”

Yunus, M. Rusli (dkk). (2003). Perjalanan

PGRI (1945—2003) Menyongsong

Kongres XIX PGRI di Semarang 8—

Juli 2003. Jakarta: Pengurus

Besar PGRI dan Direktorat Tenaga

Kependidikan, Direktorat Jenderal

Pendidikan Dasar dan Menengah ,

Departemen Pendidikan Nasional.




Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760, Indonesia Contact Email : jurnal.estoria@unindra.ac.id Contact Phone : +62 878-8493-3275 Company : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Indraprasta PGRI