K.H. ABDUL WAHAB CHASBULLAH : GAGASAN DAN PEMIKIRAN TENTANG NASIONALISME 1912?1918

Rani Noviyanti(1*)

(1) Universitas Indrapasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK 

Awal tahun 1900-an merupakan awal kembangkitan umat Islam dari keterbelakangan akibat adat-istiadat yang cenderung menolak perubahan. Akan tetapi, ada beberapa ulama yang memiliki pandangan visioner dan jauh ke depan. Salah satu ulama tersebut adalah  K.H. Abdul Wahab Chasbullah, seoarang ulama dengan pandangan ke depan dalam menatap sebuah negara. Jauh sebelum kelahiran ormas Nahdlatul Ulama, K.H. Abdul Wahab Chasbullah telah memberikan gagasan dan pemikiran tentang apa itu nasionalisme. Tulisan ini mencoba sedikit mengulik pemikiran Kiai Wahab tersebut dari sudut pandang sejarah. Adapun narasi dalam tulisan ini dibangun dan dikonstruksikan berdasarkan  sumber tertulis yang menjadi rujukan utama dalam penulisan sejarah. Kiai Abdul Wahab Chasbullah mengejawantahkan konsep nasiolismenya dengan amaliah, yakni dengan berpraktik langsung. Adapun beberapa amaliah yang didirikan Kiai Abdul Wahab Chasbullah antara lain dengan mendirikan Taswirul Afkar 1914; sekolah Nahdlatul Wathon 1916; Madrasah Mublifan 1918; Nahdlatul Tujjar 1918. Amaliah inilah yang menjadi pengejawantahan konsep Nasionalisme Kiai Abdul Wahab Chasbullah.

Kata Kunci: Kiai Wahab, Pemikiran, Nasionalisme.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


DAFTAR PUSTAKA

Anderson, Bennedict. (2002). Imagined Community: Komunitas-Komunitas Terbayang. Yogyakarta: INSIST dan Pustaka Pelajar.

Anam, Chairul. (2010). Pertumbuhan dan Perkembangan Nahdlatul Ulama. Surabaya: Duta Aksara Mulia Surabaya.

Anam, Chairul. (2015). K.H Abdul Wahab Chasbullah Hidup dan Perjuangannya. Surabaya: Duta Aksara Mulia Surabaya.

Fealy, Greg. (1997). Ijtihad Politik Ulama Sejarah NU 1952-1967. Jogyakarta: LKiS.

Ghofur, Abdul. (2010). Quo Vadis Nasionalisme? Rajut Kembali Nasionalisme Kita Yang Terkoyak. Jakarta: Bina Sumber Daya MIPA.

Mashyuri, Aziz. (2008). 99 Kiai Kharismatik Indonesia. Yogyakarta: Kutub.

Moesa, Ali Maschan. (2007). Nasionalisme Kiai Konstruksi Sosial Berbasis Agama. Jakarta: LKiS Pelangi Aksara.

Rasyid, Hamdan. Ali Zawawi dan Mubtadi Faisal. (1999). K.H. Abdul Wahab Chasbullah Perintis, Pendiri dan Penggerak NU. Jakarta: Panitia Penulisan Buku Sejarah Perjuangan K.H. Abdul Wahab Chasbullah.

Rifai, Muhammad. (2012). K.H. Wahab Hasbullah: Biografi Singkat 1888-1971. Yogyakarta: Garasi House Of Book.

Ubaid, Abdullah dan Mohammad Bakir (Ed.). (2015). Nasionalisme dan Islam Nusantara. Jakarta: Kompas Media Nusantara.




Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760, Indonesia Contact Email : jurnal.estoria@unindra.ac.id Contact Phone : +62 878-8493-3275 Company : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Indraprasta PGRI