ULAMA BANTEN PADA MASA PEMERINTAHAN HIDIA-BELANDA PERANNYA PADA BIDANG PENDIDIKAN (1800-1942)
(1) Pusat Kajian - Program Studi Pendidikan Sejarah Unindra
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Tulisan ini berupaya untuk melihat peran ulama banten pada bidang pendidikan pada masa pemerintahan Hindia-Belanda. Tugas ulama bersifat individual sama sekali bukan bersifat struktural. Inti susunan yang penting dari tradisi Islam bukanlah sekolah-sekolah ulama atau pesantren tetapi keluarga yang secara khusus terus menerus menghasilkan calon ulama dan memelihara umat sebagai pengayom. Peran keluarga secara tradisi untuk menghasilkan kader-kader ulama dan memberikan kesempatan serta fasilitas pendidikan bagi penduduk. Anak lelaki ulama diberikan latihan-latihan intensif ketika mereka masih kanak-kanak sebagai bekal mereka untuk mengganti pos keluarga dalam masyarakat, melanjutkan pesantren atau madrasah serta pengayom masyarakat.
Keyword : Ulama, Pendidikan, Masa Kolonial
Full Text:
ULAMA BANTEN (Indonesian)References
DAFTAR PUSTAKA
Al-Khoirot, KSI. 2011. Pondok Pesantren Cidahu Pandeglang Banten. http://www.alkhoirot.net/2011/09/Pondok-Pesantren-Cidahu-Pandeglang. html?m=1.
Dhofier, Zamakhsyari. 1982. Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3ES.
Hasbullah. 2001. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia: Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kartodirdjo, Sartono. 1984. Pemberontakan Petani Banten 1888. Jakarta: Pustaka Jaya.
Nasution, Harun. 1973. Filsafat dan Mistisisme dalam Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Pranoto, Suhartono W. 2010. Jawa Bandit-Bandit Pedesaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760, Indonesia Contact Email : jurnal.estoria@unindra.ac.id Contact Phone : +62 878-8493-3275 Company : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Indraprasta PGRI