IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS SUMBER BELAJAR SEJARAH AL-KHAIRIYAH PADA MUATAN LOKAL (Studi di Madrasah Aliyah dan SMK-IT Al-Khairiyah Citangkil Cilegon)
(1) Pusat Kajian - Program Studi Pendidikan Sejarah Unindra
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Penelitian ini didasari kepedulian tentang transformasi pesantren yang berada di wilayah Cilegon, yang memiliki rentang waktu sejarah cukup panjang yaitu pesantren Al-Khairiyah yang didirikan oleh KH. Syam’un sebagai tokoh ulama sekaligus militer yang banyak sekali perjuangannya di wilayah Banten yang tahun 2018 mendapatkan anugrah gelar pahlawan nasional. Kajian yang begitu penting untuk diungkapkan melalui pendekatan sejarah lokal yang kaya dengan sumber dan informasi. Untuk itu perlunya pendekatan sumber-sumber yang relevan untuk dikaji lebih mendalam, guna mengungkapkan suatu peristiwa di masa lalu. Sejarah al-Khairiyah sebagai sumber materi sejarah lokal dalam pembelajaran muatan lokal yang sarat dengan nilai-nilai historis di pesantren Al-Khairiyah Citangkil Cilegon. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pembelajaran sejarah al-Khairiyah sebagai sumber materi pembelajaran pada muatan lokal.
Kata kunci; Pembelajaran Sejarah, al-Khairiyah, Muatan Lokal.
References
DAFTAR PUSTAKA
Abdullah, Taufik. (1985). Ilmu Sejarah dan Historigrafi. Jakarta: Gramedia.
--------- (1992). Sejarah Lokal di Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Ali, Mufti, dkk, Biografi KH. Syam’un (1893-1949), Banten: Dinas kebudayaan dan Lab. Bantenologi, 2015.
Asmani, Jamal Ma’mur. (2012). Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal. Jogyakarta: Diva Press.
Collingwood, R.G. (1985), The Idea of History. London: Oxford Univesity Press.
Departemen Pendidikan Nasional Indonesia. (2004). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. (2007). Panduan Pengembangan Mata Pelajaran Muatan Lokal. (Jakarta: Depdiknas)
Gredler, Margaret E. Bell. (1991). Learning and Instruction Theory Into Praktice. (terj. Munandir). Jakarta: Rajawali.
Hasan, Said Hamid. (2012). Pendidikan Sejarah Indonesia, Isu dalam Ide Pembelajaran. Bandung: Rizki Press.
Jarolimek, J. (1986). Social Studies in Elementary Education. Macmillan. Publishing Company and Colier Macmillan. Publishers: New York-London
Kamarga, Hansiswany. (2012). Pembelajaran Sejarah Berbasis Teknologi Informasi, Perlukah?. Dalam Pendidikan Sejarah Untuk Manusia dan Kemanusiaan: Refleksi Perjalanan Karir Akademik Prof. Dr. H. Said Hamid Hasan, MA. Jakarta: Bee Media Indonesia.
Kartodirdjo, Sartono, (1992). Pendekatan Ilmu Sosial Dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.
Kochhar, S.K. (2008). Teaching Of Histeri. (terj:Purwanta dan Yovita Hardiwati), Jakarta: Grasindo.
Kuntowijoyo (2003). Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Bentang.
Miles MB dan Huberman, AM. (1992). Analisis Data Kuantitatif, Metoda-Metoda Baru, (Terj. Tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta: UI Press.
Pengurus Besar Perguruan Islam Al-Khairiyah, Perguruan Islam Al-Khairiyah Dari Masa Ke Masa, Cilegon, Yayasan Al-Khairiyah Citangkil, Cilegon, 1984.
Permana, Rahayu. (2017). Sejarah Al-Khairiyah, Cilegon: PB Al-Khairiyah Citangkil.
Sjamsuddin, Helius. (2007). Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
Soedjatmoko. (1983). Dimensi Manusia dalam Pembangunan. Jakarta: LP3ES.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumaatmadja, N. (2009). Manusia dalam Konteks Sosial Budaya dan Lingkungan Hidup. Bandung: Alfabeta.
Yamin, Martinis. (2012). Desain Baru Pembelajaran Konstruktivistik. Jakarta. Referensi.
Wiriatmadja, Rochiati. (2002). Pendidikan Sejarah di Indonesia. Bandung: Historia Utama Press.
Woolever, R. & Scoot, K. (1988). Active Learning in Social Studies, London: Scoot Foresman and Company.
Zakso, Amrazi. (2012). “Internalisasi Nilai Kepahlawanan, Keperintisan, Kejuangan Dan Kesetiakawanan Sosial (K3KS) dalam Pembelajaran Sejarah di Sekolah”. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora Vol. 16 3. No. 1. April2012, Universitas Tanjungpura, Pontianak. (Online) Tersedia di alamat situs:
(http://jurnal.untan.ac.id/index.php/JPSH/article/download/2218/2163). [Diakses 22 Nopember 2013].
Zevin, Jack. (2007), Social Studies for the Twenty-First Cntury. New York: Routledge.
Wawancara
H. Ali Mujahidin, SH.I (Ketua Yayasan Al-Khairiyah)
Sayuti Zakaria, M.Pd.I ( Kepala Sekolah SMK-IT Al-Khairiyah)
Dra. Atikoh (Kepala Sekolah MA Al-Khairiyah) dan Guru Mulok Keal-Khairiyahan
Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760, Indonesia Contact Email : jurnal.estoria@unindra.ac.id Contact Phone : +62 878-8493-3275 Company : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Indraprasta PGRI