KURIKULUM PENDIDIKAN INDONESIA ERA PEMERINTAHAN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO 2004-2014

Arief Hidayat(1), Febta Pratama(2*)

(1) Program Studi Pendidikan Sejarah Unindra
(2) Program Studi Pendidikan Sejarah UNINDRA
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

 

          Penelitian ini mencoba untuk melihat bagaimana kualitas pendidikan indonesia, khususnya pada aspek kurikulum. Penelitian berfokus pada kajian sejarah kurikulum di era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono mulai dari tahun  2004-2014. Tulisan ini mencoba mengetengahkan perkembangan kurikulum, implementasi kurikulum, serta mencoba melihat dari kacamata sejarah bagaimana posisi mata pelajaran sejarah di dalam kurikulum. 

          Penelitian menggunakan metode penelitian sejarah kritis, yakni mengungkap sebuah masalah, gejalah, atau kejadian berdasarkan metode ilmiah sejarah. Adapun tahap yang digunakan dalam penelitian ialah dimulai dari tahap penentuan topik, kemudian dilanjutkan dengan pencarian sumber atau Heuristik, kemudian kritik sumber, tahap selanjutnya adalah intepretasi, kemudian langkah terakhir adalah historiografi atau penulisan sumber.

          Temuan penelitian dilapangan menunjukkan bahwa, selama dari tahun 2004-2014 yakni era presiden Susilo Bambang Yudhoyono kurikulum pendidikan indonesia terus mengalami perkembangan dan penguatan. Perkembang itudilihat dari bergantinya kurikulum. Implementasi kedua kurikulum dalam masa pemerintahan SBY-JK ataupun SBY Boediono terimplemntasi dengan baik, walaupun ada beberapa kendala terutama di kesiapan sekolah dan kesiapan guru.  Kemudian mata pelajaran sejarah dalam kurikulum tahun 2004-2014 mengalami perubahan dan pergeresan niai kearah yang positif. Mata pelajaran sejarah ditempatkan pada posisi yang cukup strategis yakni dengan jadikan dua mapel sekaligus, sejarah indonesia wajib dan sejarah peminatan.

 

 

Kata kunci. Kurikulum, Pendidikan, Indonesia.


References


Apriliana Rusly Haniah. 2017. “Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Dengan Kurikulum 2013 Di SMA Negeri 2 Wates DIY”. E-Jurnal Hal. 634-641

BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidkan Dasar Dan Menengah. Jakarta : BSNP.

E. Mulyasa.2007. Kurikulum Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Hamid Hasan. 2001. Arah Perkembangan Kurikulum lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK). Bandung : IKIP Bandung, Dinas Pendidikan Provinisi Jawa Barat, Kopertis Wilayah Bandung.

Hamid Hasan. 2010. Perkembangan Kurikulum SMP (Dari msa Hindia Belanda, Pendudukan Jepang dan Zaman kemerdekaan. Jakarta : Balitbang.

Hermana Soemantri. 2010. Perkembangan Kurikulum Sekolah Menengah Atas di Indonesia (suatu Perspektif Historis dari masa ke masa). Jakarta : Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum

Kartodirdjo, Sartono. 1992. Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Gramedia. Jakarta.

Kemendikbud. 2012. Dokumen Kurikulum 2013 (Draf). Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Kemendikbud. 2013. Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum 2013. Jakarta : Kemendikbud.

Kemdikbud. 2016. Materi Pelatihan Imple- Mentasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud.

Khaeruddin, Dkk.2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Konsep Dan Implementasinya Di Madrasah. Jogjakarta: Nuansa Aksara.

Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Leo, Agung. 2015. Sejarah Kurikulum Pendidikan Menengah Indonesia: Sejak Dari Masa Kemerdekaan Sampai Dengan Reformasi. Yogyakarta: Ombak.

Loeloek Endah Poerwati, Sofan Amri. 2013. Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

M. Romdanur, M. Fakhrudin.2018. “Persepsi Guru Sejarah Terhadap Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Sejarah : Survei Guru Sejarah Di SMAN Se-Jakarta Barat”. Jurnal Pendidikan Sejarah. Vol 7. No 1. Hal 51-65.

Mansur Muslich.2007. KTSP Dasar Pemahaman Dan Pengembangan Pedoman Bagi Pengelola Lembaga Pendidikan, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, Komite Sekolah, Dewan Sekolah, Dan Guru. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Muhaimin, Dkk. 2008. Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pada Sekolah Dan Madrasah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muslich, Masnur. 2007. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi Dan Kontekstual Panduan Bagi Guru, Kepala Sekolah, Dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nur Afia. 2008. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di SMAN I Kandangan Kediri. Skripsi. Malang: Uin Maliki Malang.

Sufairoh. 2016. “Pendekatan Saintifik & Model Pembelajaran K-13”. Jurnal Jurnal Pendidikan Profesional, Volume 5, No. 3, Desember 2016. Hal 122-124

Susanto.2007. Pengembangan KTSP Dengan Prespektif Manajemen Visi. Jakarta: Matapena.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdikbud

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan

Peraturan Pemerintah No 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.




Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760, Indonesia Contact Email : jurnal.estoria@unindra.ac.id Contact Phone : +62 878-8493-3275 Company : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Indraprasta PGRI