K.H AHMAD DAHLAN PERANNYA DALAM MEMBANGUN SISTEM PENDIDIKAN

hendi irawan(1*), Januar Barkah(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract: This paper reveals that KH Ahmad Dahlan's Thought which unites the science, intellectual, moral and religious dichotomy can be seen in the aspects of KH Ahmad Dahlan's thoughts which include: 1) the purpose of Islamic education he argued that the goal of perfect Islamic education is to give birth to a whole person, can master religion and general, material and spiritual sciences; 2) Islamic education material or curriculum; he carried out two acts at once, namely giving religious lessons in secular Dutch schools and establishing his own schools where religion and general knowledge were continuously taught. K. H Ahmad Dahlan's thoughts about the concept of Islamic education related to ideas relating to the effort to instill personality, ethics and moral values in students. Although the thoughts of KH. Ahmad Dahlan has been around since the colonial period, but did not reduce his generation to develop and continue the spirit of renewal KH. Ahmad Dahlan.

 

Keyword: Ahmad Dahlan, Education

 

Abstrak: Tulisan ini mengungkap tentang Pemikiran K. H. Ahmad Dahlan yang menyatukan dikotomi ilmu pengetahuan, bercorak intelektual, moral dan religius dapat terlihat pada aspek pemikiran K. H. Ahmad Dahlan yang meliputi: 1) tujuan pendidikan Islam beliau berpendapat bahwa tujuan pendidikan Islam yang sempurna adalah melahirkan individu yang utuh, dapat menguasai ilmu agama dan ilmu umum, material dan spiritual; 2) materi atau kurikulum pendidikan Islam; beliau melakukan dua tindakan sekaligus, yaitu memberi pelajaran agama di sekolah-sekolah Belanda yang sekuler  dan mendirikan sekolah-sekolah sendiri di mana agama dan pengetahuan umum secara berkesinambungan  diajarkan. Pemikiran K. H Ahmad Dahlan tentang konsep pendidikan Islam yang berhubungan dengan ide-ide yang berkenaan dengan upaya menanamkan nilai-nilai kepribadian, etika, dan moral dalam diri anak didik. Walaupun pemikiran KH. Ahmad Dahlan telah ada sejak masa penjajahan, namun tak mengurangi para generasinya untuk mengembangkan dan melanjutkan semangat pembaharuan KH. Ahmad Dahlan.

 

 

Kata kunci: Ahmad Dahlan, Pendidikan

References


Daftar Pustaka

Darban, Ahmad Adaby. (2000). Sejarah Kauman: Menguak Identitas Kampung Muhammadiyah. Yogyakarta: Tarawang

Farihen. (2013). Akar Pembaharuan Dalam Islam Dan Studi KeMuhammadiyahan. Ciputat/ Banten: Ceria Ilmu Publishing.

Kutojo, Sutrisno, Mardanas Safwan. (1991). K. H. Ahmad Dahlan: riwayat hidup dan perjuangannya. Bandung: Angkasa.

Pasya, Muhammad Kamal. (2009). Muhammadiyah Sebagai Gerakan Isam. Yogyakarta: Pustaka SM.

Salam, Yunus. (1986). Riwayat Hidup KHA. Dahlan. Amal dan perjuangannya. Jakarta: Depot Pengadjaran Muhammadijah.

Sutarmo. (2005). Muhammadiyah Gerakan Sosial Keagamaan Modernis. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.

Suyoto. (1998) K.H. Ahmad Dahlan Amal dan Perjuangannya. Tangerang: al-Wasat Publishing House

Tanjung, M. Azrul. (2001). Muhammmadiyah Ahmad Dahlan “menemuka Kembali Otentitsitas Gerakan Muhammadiyah. Yogyakarta: STIE. Press Ahmad Dahlan.

Syuja, Muhammad. (2009). Islam Berkemajuan. Tangerang: Al-Wasath.




Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760, Indonesia Contact Email : jurnal.alur@unindra.ac.id Contact Phone : +6281213563171 Company : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Indraprasta PGRI