DARI MARTABAT PROFESI HINGGA SERTIFIKASI : SEJARAH GURU DI JAKARTA (1965-2014)

Taufik - Taufik(1*), Ahmad - Kosasih(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Peran dan fungsi guru dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar disekolah memiliki peran yang cukup sentral. Tidak hanya menjadi seorang operator dalam kegiatan belajar menajagar, guru juga menjadi agensi pemerintah dalam menerapkan arah dan kebijakan politik dari pendidikan nasional. Tercatat sejak masa pemerintahan Orde Lama hingga berakhirnya pemerintahan Orde Baru, guru lebih banyak terjebak dalam kemelut politik hingga persoalan teknokratis. Sehingga pada perkembangannya peran guru yang seharusnya dapat maksimal dalam kegiatan belajar mengajar, harus menghadapi berbagai macam persoalan yang berangkat dari luar sektor pendidikan. Selain berbagam persoalan yang dihadapi dalam menjalankan kewajiban mengajar, selama perkembangannya kaum guru belum mendapatkan banyak perhatian, dalam hal tingkat kesejahteraanya.

 

Keyword : Sejarah Guru, di Jakarta, 1965-2014

References


Daftar Pustaka

Arsip Nasional

Instruksi Menteri Muda PP dan K, No. 1/1959 Tentang Sapta Usaha Tama

Tap MPRS No. XXVII/MPRS/1966

TAP MPR No. IV/MPR/1973 Tentang Garis-Garis Besar Haluan Negara

Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1976 Nomor. 10 Tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil.

SKB No. 433/P/1994 Tentang Pelaksanaan Angka Kredit Bagi Jabatan Guru

SK. Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara No. 26/ 1989 tentang angka kredit bagi jabatan guru

Artikel

PB-PGRI. Sejarah Singkat Persatuan Guru Republik Indonesia., 2011.

Butir-Butir Hasil Kongres PGRI ke-13, 21-25 November 1973.

Darmawan, Wawan. Guru Tiga Zaman, Tanpa Tahun.

Nazir. “Beberapa Masalah Dalam Proyeksi Kuantitatif dan Kualitatif Kebutuhan Guru di Indonesia “, Suara Guru, 2 Mei XXVI Tahun 1975.

Buku

Abdullah, Taufik. 1970. Schools and Politics : The Kaum Muda Movement In West Sumatra (1927-1933). Disertasi Program Doktoral Universitas Cornell.

Van Niel, Robert. 2009. Munculnya Elite Modern. Pustaka Jaya. Jakarta.

Husain, B. Sarkawi. 2015. Sejarah Sekolah Makassar. Inninnawa. Makassar.

Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1989)

Nurdin, Muhammad. 2004. Kiat Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Primashopie.

PP No. 19 Th. 2005, Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Fokusmedia.

Syafruddin Nurdin dan Basyiruddin. 2003. Guru Profesional dan implementasi Kurikulum. Jakarta: Ciputat Press.

Tafsir, Ahmad. 2001. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tilaar, H.A.R. 1995. 50 Tahun Pembangunan Pendidikan Nasional 1945-1995: Suatu Analisis Kebijakan. Jakarta : Grasindo.

Penelitian

Umasih, 2008. Pelaksanaan Kebijakan Jabatan Guru IPS SMP-SMAPada Sembilan Provinsi di Indonesia Era Orde Baru 1966-1998. Disertasi Program Doktoral Universitas Indonesia.

Wawancara

Drs. H. Harun (Praktisi dan Mantan Pengurus PGRI Cabang Jawa Barat), 12 September 2017

Publikasi Elektronik

https://dediagussetiawan.wordpress.com/ diakses pada tanggal 28 September 2017; 14.00 WIB




Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760, Indonesia Contact Email : jurnal.estoria@unindra.ac.id Contact Phone : +62 878-8493-3275 Company : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Indraprasta PGRI