PERJUANGAN PGRI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN GURU DI ERA REFORMASI (1999-2003) (STUDI KASUS PGRI DKI JAKARTA DAN DEPOK)
(1) Universitas Sanata Dharma
(*) Corresponding Author
Abstract
Terbentuknya organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia adalah hasil dari perjuangan guru-guru Indonesia. Dilihat dari perjalan sejarahnya, perjuangan kaum Guru telah dimulai dari masa Hindia Belanda. PGRI merupakan suatu wadah tempat berhimpunnya para guru- guru dan tenaga kependidikan sebagai organisasi profesi, perjuangan dan ketenaga kerjaan yang selalu memperjuangkan kesejahteraan guru, memberikan perlindungan terhadap guru, dan meningkatkan sumber daya manusia guru. Sebagai wadah persatuan guru, PGRI diharapkan salah satu tujuannya sebagai alat perjuangan dalam menuntut kesejahteraan guru yang masih menjadi PR besar dari PGRI di seluruh cabang di Indonesia. Dengan adanya undang - undang sistem pendidikan nasional dan undang – undang guru dan dosen setidaknya semakin menguatkan peran organisasi ini dari mulai tingkat nasional, propinsi, kabupaten, dan kecamatan. Dengan jaringannya yang begitu luas dan banyak, menjadikan organisasi PGRI mengakar di Indonesia. Perjuangan PGRI dalam meningkatkan kesejahteraan guru akan diteliti lebih lanjut khususnya studi kasus PGRI DKI Jakarta dan Depok.
References
Bauer, J. C. 2003. Role Ambiguity and Role Clarity: A Comparison Of Attitudes in Germany and The United States. Dissertasions. University Of Cincinnati. Clermont.
Cohen, Bruce J. 1992. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Gede Agung, Dewa Agung. 2014. Prosiding: Seminar Nasional Pembelajaran Sejarah Di Tengah Perubahan. Fakultas Ilmu Sosial: Universitas Negeri Malang. Malang.
Gottschalk, Louis. 2006. Mengerti Sejarah diterjemahkan oleh Nugrogo Notosusanto. Jakarta: UI Press.
Hadiatmadja, R.A. Soepardi., dkk., 2000. Pedidikan Sejarah Perjuangan PGRI
(PSPPGRI), Jilid II, III, IV, V. Semarang: IKIP PGRI.
Kunandar. 2011. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Kuntowijoyo. 1995 . Pengantar Ilmu Sosial. Cetakan 1. Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya.
Kuntowijoyo. 1995 . Pengantar Ilmu Sosial. Cetakan 1. Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya.
. 2006. Budaya dan Masyarakat. Yogyakarta: Tiara Wacana.
. 2013. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Kompas. 2002. Indonesia Dalam Krisis 1997-2002. Jakarta: Penerbit Buku Kompas
Lioyd, Christopher. 1986. Explanation in Social History. Thomes J Bata Library Trent University
Navis, A.A. 1996. Filsafat dan Strategi Pendidikan M. Sjafei Ruang Pendidik INS Kayutanam. Jakarta: IKAPI.
PGRI. t.t. PGRI Dari Masa Ke Masa. Jakarta: YPLP PGRI Pusat
PB PGRI. 2008. Seratus Tahun Perjuangan Guru Indonesia. Jakarta: PB PGRI.
. 2019. Keputusan Kongres XXII Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Nomor V/KONGRES/XXII/PGRI/2019 Tentang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. Bab. IV pasal 4.
. 2020. Sejarah Singkat Persatuan Guru Republik Indonesia.
Prawiro, Radius .1998. Pergulatan Indonesia Membangun Ekonomi: Pragmatisme Dalam Aksi. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.
Ricklefs, M.C. 2005. Sejarah Indonesia Modern 1200–2004. Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta.
Riyadi. 2002. Perencanaan Pembangunan Daerah Strategi Mengendalikan Potensi Dalam Mewujudkan Otonomi Daerah. Jakarta. Gramedia.
Subagia, dkk. 2008. Seratus Tahun Perjuangan Guru Indonesia. Jakarta: PB PGRI dan Departemen Pendidikan Nasional.
Sedyawati, Edi, dkk. 1991. Sejarah Pendidikan di Indonesia Seblum Kedatangan bangsa-bangsa Barat. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Dirktorat Sejarah dan Nilai Tradisional Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Sejarah Nasional
Setijadi. 1999. Cakrawala Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka. Soekanto. 2001. Teori Peranan. Jakarta. Bumi Aksara.
Suparlan. 2005. Menjadi Guru Efektif, Yogyakarta, Hikayat, cetakan I.
Supriadi, Dedi. 2003. Guru di Indonesia: Penidikan, Pelatihan, dan Perjuangannya sejak Zaman Kolonial hingga Era Reformasi. Jakarta: Depdikbud.
Sutarto. 2009. Dasar-Dasar Organisasi. Yogyakarta: UGM Press.
Winters, A Jeffrey. 1999. Dosa-dosa Politik Orde Baru. Jakarta: Djambatan. Yunus, M Rusli, dkk. 2003. Perjalanan PGRI (1945—2003) Menyongsong
Kongres XIX PGRI di Semarang 8—12 Juli 2003. Jakarta: Pengurus Besar PGRI dan Direktorat Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah , Departemen Pendidikan Nasional.
YPLP-PGRI Pusat. (1984). Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dari Masa ke Masa. Jakarta: PGRI Pusat.
Fitriani. t.t. “Peranan PGRI Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Di Kecamatan Manggala Kota Makassar”. Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM
Hastantyo, Gusseno., FX Wartoyo dan Yudi Prasetyo. t.t. Pasang Surut Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Pasca Reformasi Tahun 1998 – 2005 Di Jawa Timur. Program Studi Pendidikan Sejarah Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Sidoarjo.
Kosasih, Ahmad. 2016. “Perjuangan Organisasi Guru Di Masa Revolusi Sejarah PGRI Di Awal Pendiriannya”. Jurnal Sosio-E-Kons. Vol. 8. No. 2.
Murwaningsih, Tri. “Peranan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru”. Jurnal llmiah Guru COPE, No. 0l/Tahun VIII/Februari 2004.
Syahri, M. Alfi. 2018. Peran Dan Wewenang Majelis Tuha Peut Dalam Membuat Kebijakan Partai Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah. Vol. 3. Pp. 7.
Tedjasukmana, Iskandar. 2008. Watak Politik Gerakan Serikat Buruh Indonesia terjemahan Oey Hay Djoen). Ithaca: Seri Modern Indonesia Project Southeast Asia Pogram Department of Far Eastern Studies Cornell University.
Budiarto. 2009. “Peranan PGRI Sebagai Kelompok Kepentingan (Interest Groups) Dalam Memperjuangkan Kesejahteraan Guru (Studi Kasus Pengurus PGRI Provinsi Jawa Tengah masa bakti 2004 s/d 2009)”. Universitas Diponegoro.
BSNP. 2010. Paradigm aPendidikan Nasional Abad XXI. [Online]. Tersedia: http://www.bsnpindonesia.org/id/wpcontent/uploads /2012/04/Laporan-
BSNP-2010.pdf diakses pada tanggal 5 Juli 2021 Pukul 16.59
https://core.ac.uk/download/pdf/34212134.pdf diakses pada 5 Juli 2021 pukul 10.09
http://kbbi.web.id/sejahtera diakses pada 5 Juli 2021 pukul 02.27
http://kspi.or.id/pgri-dan-pemilu. Diakses pada tanggal 12 Juli 2021 pukul 01.55
Muchariman, Randi. 2019. “The Power of Languages in Indonesia Reformation”. Politik Indonesia: Indonesian Political Science Review. 4(1). Diakses melalui https://doi.org/10.15294/ipsr.v4i1.13698 pada 05 Juli 2021 pukul 15.43
https://anggaran.kemenkeu.go.id/api/Medias/c585f6b3-4b0a-412b-a0ab- 7ad264a6c4aa diakses pada 2 Agustus 2021 pukul 16.00.
https://setagu.net/tabel-perubahan-tkd-dki-jakarta/ diakses pada 2 Agustus 2021 pukul 17.00.
https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/4892/pp-no-74-tahun-2008 diakses pada 2 Agustus 2021 pukul 17.00.
Wawancara dengan ibu Tini Suhartini seorang guru di SMAN 58 Jakarta Timur, tanggal 1 Agustus pukul 19.00
Wawancara dengan Bapak Edi Sukmadi seorang guru di SMAN 81 Jakarta Timur, tanggal 1 Agustus pukul 20.00
Wawancara dengan Bapak Santoso, S.E., M.Pd dari Sekolah Tadika Pertiwi Depok
Wawancara dengan Bapak Supandi, S.Ag dari Sekolah Bunda Kandung Jakarta
Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760, Indonesia Contact Email : jurnal.alur@unindra.ac.id Contact Phone : +6281213563171 Company : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Indraprasta PGRI