ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM SERIAL KOMIK DIGITAL “PUPUS PUTUS SEKOLAH” KARYA KURNIA HARTA WINATA

Ahmad Hariandi(1), Lina Oktaviani(2*), Sintia Putri Rahmadhani(3), Elisa Dwi Ningrum(4), Rahma Rahayu Ningrum(5)

(1) Universitas Jambi
(2) Universitas Jambi
(3) Universitas Jambi
(4) Universitas Jambi
(5) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author

Abstract


Nilai pendidikan, bukan hanya didapat dari sekolah saja, melainkan juga dapat diperoleh dari berbagai sumber seperti buku, komik dan sebagainya. Komik dapat menjadi salah satu sumber untuk memperoleh pendidikan. Memasuki era digital, penggunaan teknologi digital telah menjadi makanan sehari-hari. Termasuk dalam hal komik digital, banyak aplikasi-aplikasi yang menyajikan berbagai genre komik, tak terkecuali pada aplikasi Webtoon yang menyajikan banyak sekali genre komik yang kaya akan nilai-nilai pendidikan. Adapun tujuan dari jurnal ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam serial komik digital “Pupus Putus Sekolah” Karya Kurnia Harta Winata. Sumber data dalam penelitian ini adalah komik webtoon “Pupus Putus Sekolah” karya Kurnia Harta Winata. Data berupa kalimat dan dialog yang menggambarkan nilai-nilai pendidikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) membaca secara keseluruhan teks cerita komik “Pupus Putus Sekolah” karya Kurnia Harta Winata, 2) mengidentifikasi data yang mencerminkan nilai-nilai pendidikan dan 3) mencatat data yang telah diperoleh. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) mengklasifikasi data, 2) menganalisis data, 3) menginterpretasikan data dan 4) menarik kesimpulan. Hasil yang diperoleh setelah menganalisis nilai-nilai pendidikan dalam serial komik digital “Pupus Putus Sekolah” Karya Kurnia Harta Winata adalah sebagai berikut: 1) Nilai pendidikan Agama, 2) Nilai pendidikan sosial yaitu berupa saling memaafkan dan menghargai orang lain, 3) Nilai pendidikan karakter yaitu berupa keberanian sebagai bentuk kejujuran dan pantang menyerah dan 4) Nilai pendidikan moral


Keywords


Nilai; Nilai Pendidikan; Komik Digital

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Budi, Munawar Rahmat, & Kosasih, Aceng. (2015). Efektifitas CD Interaktif dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 13(2), 191–200.

Fajriyah, Nuniek Nizmah, & Fitriyanto, M. Laelatul Huda. (2016). Gambaran tingkat pengetahuan tentang anemia pada remaja putri. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 9(1).

Inawati, Asti. (2017). Strategi pengembangan moral dan nilai agama untuk anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 51–64.

Lilawati, Agustin. (2020). Peran orang tua dalam mendukung kegiatan pembelajaran di rumah pada masa pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549–558.

Lonto, Apeles Lexi. (2015). Pengembangan model pendidikan karakter berbasis nilai sosio-kultural pada siswa SMA di Minahasa. Mimbar: Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 31(2), 319–327.

Mulyani, S. R. I. (2018). Peranan Aparatur Desa Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Mengikuti Wajib Belajar 12 Tahun. FKIP UNPAS.

Nuhamara, Daniel. (2018). Pengutamaan Dimensi Karakter Dalam Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Jaffray, 16(1), 93–114.

Pratiwi, Tutut Budiarti E. K. A. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Keagamaan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Sikap Dan Perilaku Peserta Didik Di Sekolah Menengah Kejuruan Islam 1 Durenan Trenggalek.

Purnamasari, Dewi. (2017). Pendidikan karakter berbasis al-quran. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 1(1), 1–24.

Rosnawati, Rosnawati, Syukri, Ahmad Syukri Ahmad, Badarussyamsi, Badarussyamsi, & Rizki, Ahmad Fadhil Rizki Ahmad Fadhil. (2021). Aksiologi Ilmu Pengetahuan dan Manfaatnya bagi Manusia. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(2), 186–194.

Safrudin, S. K. M., Mulyati, Sri, Rosni Lubis, S. S. T., & Keb, M. (2019). Pengembangan Kepribadian Dan Profesionalisme Bidan. WINEKA MEDIA.

Shabrina, Elfi, Hasnawati, Hasnawati, & Fadhilah, Fadhilah. (2019). Gambaran perilaku pemaafan dalam konflik persahabatan. Al-Qalb: Jurnal Psikologi Islam, 10(2).

Sudarsi, Elim Trika, Taula’bi, Nilma, & Allo, Markus Deli Girik. (2022). Representation of character education values in the tradition of" sikarume" Toraja. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 8(1).

Sukitman, Tri. (2016). Internalisasi Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran (Upaya menciptakan sumber daya manusia yang berkarakter). Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 2(2), 85–96.

Suprayitno, Adi, & Wahyudi, Wahid. (2020). Pendidikan karakter di era milenial. Deepublish.

Suryadi, Ahmad. (2020). Pemikiran Pendidikan Islam Fazlur Rahman. CV Jejak (Jejak Publisher).

Utami, Septi Wahyu. (2019). Penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan kedisiplinan siswa. Jurnal Pendidikan, 4(1), 63–66.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.14687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).